Untuk
apa kita melafal Amituofo? Untuk apa pula kita bertekad terlahir ke Alam
Sukhavati? Demi mencapai KeBuddhaan, bukan untuk tujuan lainnya. Untuk apa
mencapai KeBuddhaan? Demi menyelamatkan semua makhluk.
Hanya
dengan mencapai KeBuddhaan, barulah kita memiliki kebijaksanaan dan kemampuan
guna mengajarkan Dharma kepada semua makhluk.
Tekad
ini adalah serupa dengan tekad Buddha Amitabha, sama dengan tekad semua Buddha
Tathagata di sepuluh penjuru. Jadi bukanlah demi tujuan supaya diri sendiri
memperoleh kesenangan, atau supaya diri sendiri bisa naik pangkat dan kaya
raya, atau supaya diri sendiri bisa memperoleh pahala besar, kecerdasan tinggi,
bukan, selama tujuannya adalah demi diri sendiri, maka inilah yang dimaksud
sebagai rintangan.
“Membangkitkan
Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”. Apa yang
dimaksud dengan tercerahkan? Apa pula yang dimaksud dengan kesesatan? Demi
semua makhluk, disebut sebagai tercerahkan; demi diri sendiri, disebut sebagai
sesat. Kalau dijelaskan dengan cara begini, kalian pasti lebih mudah
memahaminya.
Umpamanya
anda memang mengabdi demi khalayak ramai, tetapi di dalamnya masih ada sebersit
niat terselubung demi kepentingan diri sendiri, meskipun anda tercerahkan,
tetapi di dalamnya masih mengandung sedikit egois.
Jangan
meremehkan secuil niat terselubung ini, gara-gara nila setitik rusak susu
sebelanga, gara-gara secuil egois-mu merusak seluruh hati tercerahkan.
Semasa
hidupnya, Upasaka Li Bing-nan dalam ceramahnya selalu mengambil perumpamaan
“Sarpir-manda” (minuman produk susu), yang merupakan minuman para Dewa, minuman
yang paling berkualitas dari segala minuman, minuman Dewata yang terbaik
dinamakan Sarpir-manda.
Bisa
dibayangkan betapa berharganya segelas minuman Sarpir-manda, tetapi apabila di
dalam segelas minuman tersebut mengandung setetes racun saja, maka segelas
minuman tersebut jadi beracun.
Maka
itu apabila di dalam Bodhicitta kita mengandung setetes saja perasaan egois,
maka hati ini telah mengandung racun, Bodhicitta diibaratkan sebagai
Sarpir-manda, begitu mengandung secuil egois, maka segelas minuman tersebut
telah jadi beracun. Praktisi yang melafal Amituofo dengan hati begini, takkan
dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 31 Maret 2011
我們念佛為什麼?為什麼念佛、為什麼求生極樂世界?這個要學惠能大師就沒錯,我為什麼念佛求生極樂世界?為成佛,我為這個,不為別的。為什麼要成佛?為普度眾生,只有成佛才有智慧、神通、能力來教化一切眾生。這個願跟阿彌陀佛的願、跟十方諸佛如來的願完全相同。不是為自己求安樂,不是為自己升官發財,不是為自己得大福報、大智慧,不是,你有個為自己就是障礙。
我們一切是為自己,往生到西方極樂世界凡聖同居土。但是要記住,經上講得很清楚,上輩往生、中輩往生、下輩往生,下輩是同居土,中輩是方便土,上輩是實報土,上中下三輩往生條件是相同的,「發菩提心,一向專念」,相同的。菩提心,菩提心是覺悟。什麼叫覺悟、什麼叫迷惑?為一切苦難眾生,覺悟了;為自己,迷了。我這個解釋大家很容易體會。我為眾生裡頭還有一念為自己,你雖然覺悟,裡頭還有一點迷情在裡頭。不要小看這一點迷情,這一點迷情會把你整個覺心破壞掉。李老師在世常年講經,他用醍醐做比喻,醍醐是天人的飲料,飲料當中最好的,天人最好的飲料叫醍醐。他說一杯,如果這一杯醍醐裡有一滴毒藥放在裡面,整個醍醐都變成毒藥。這個比喻用意很深,就是你菩提心裡頭還有一點點自私自利那個心,那個心就是毒藥,菩提心就是醍醐,那一點毒藥摻在裡頭,醍醐就不叫醍醐,統統叫毒藥,這個心念佛不能往生。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三五三集) 2011/3/31 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0353
Adakah
orang yang sanggup membangkitkan Bodhicitta tanpa niat egois sama sekali? Kalau
memang ada, maka orang ini sungguh hebat sekali, tanpa niat egois barulah dapat
terjalin dengan Buddha dan Bodhisattva, anda melafal sepatah Amituofo barulah
dapat terjalin dengan Buddha Amitabha, takkan ada rintangan lagi.
Sebaliknya
jika masih ada secuil niat mengutamakan kepentingan pribadi, maka ini merupakan
rintangan besar. Yang berarti bahwa di dalam segelas minuman “Sarpir-manda”
(minuman berkualitas tinggi), tidak boleh mengandung setetes
racun di dalamnya, maka itu harus melatih diri hingga mencapai hati tulus yang
murni suci dan murni bajik.
Bodhicitta adalah ketulusan hati, bukan hati khayal (pura-pura), asalkan
anda menggunakan Bodhicitta untuk melafal Amituofo, maka lama kelamaan hati
khayal akan sirna, tidak perlu harus sengaja melenyapkan hati khayal tersebut,
sampai tiba waktunya, dengan sendirinya hati khayal tidak ada lagi.
Praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati memperoleh pemberkatan dari
kewibawaan Buddha Amitabha, sehingga menjadi Bodhisattva Avaivartika, setiap
insan akan memiliki hati lapang yang sama dengan Buddha Amitabha, hati yang
selapang ruang angkasa mampu merangkul alam semesta beserta seluruh isinya.
Beginilah hati lapang yang dimiliki oleh penduduk Alam Sukhavati, tanpa
niat egois sama sekali, sementara kita di sini memiliki hati yang sedemikian
sempitnya, dengan hati sempit begini, bagaimana kita bisa menjadi penduduk Alam
Sukhavati?
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 31 Maret 2011
我們哪一個人發菩提心沒有一點自私在裡頭?你再反過來想想,那個菩提心發了之後沒有一點點自私自利的念頭在裡頭,真了不起,沒有私心,沒有私心的時候你才能與諸佛菩薩感應道交,你念這一句佛號才跟阿彌陀佛相應,通了,障礙沒有了。一絲毫的自私念頭都是障礙。老實告訴你,不是小障礙,是大障礙。意思就是說,醍醐裡一絲毫毒藥都不能摻雜,要修自己純淨純善的真心。菩提心是真心,不是妄心,用這個心來念阿彌陀佛,念久了,真的,會把阿賴耶念掉。阿賴耶是妄心,你久久不用它,它自然就淘汰了,不必刻意去斷它,到時候自然沒有了。所以《論註》裡面講這些人,這些會眾,都是從彌陀如來智慧清淨心中生的。還是比喻,這心量像大海一樣,無所不容。西方極樂世界的聖眾,凡聖同居土下下品往生的人,到極樂世界都被阿彌陀佛威神加持,作阿惟越致菩薩,每個人的心量跟阿彌陀佛一樣,心包太虛,量周沙界。那是西方聖眾,那一邊大眾,他們心量的樣子、心量的寫照,我們的小心量怎麼能進得去?個個都是那些大心量,個個沒有自己,這是我們不能不知道的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三五三集) 2011/3/31 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0353
“Penduduk Alam Sukhavati memiliki
kewibawaan kekuatan yang bebas tanpa rintangan, kewibawaan kemampuan gaib yang
juga bebas tanpa rintangan.”
Setelah membacanya, hati kita
jadi kecut, kita jadi minder, manalah berani lagi berangan-angan ke sana, di
sana penduduknya serba super, manalah mungkin diriku dapat sebanding dengan
mereka, mereka adalah manusia superior, sedangkan saya ini, apalah artinya.
Ini merupakan pemikiran yang
keliru, anda harus mengetahui bahwa kemampuan yang dimiliki penduduk Alam
Sukhavati karena telah memperoleh pemberkatan dari Buddha Amitabha.
Saat kita menjelang ajal,
Buddha Amitabha datang menjemput kita, sebelum itu, Sang Buddha akan
memancarkan cahaya menerangi diri kita, begitu cahaya Buddha ini menyinari,
rintangan karma kita telah tereliminasi, kebijaksanaan yang terdapat dalam jiwa
sejati muncul ke permukaan.
Untuk tiba di Alam Sukhavati
hanya butuh waktu sebersit niat pikiran, begitu cepatnya, sesampainya di Alam
Sukhavati, anda langsung memperoleh pemberkatan dari kewibawaan tekad Buddha
Amitabha secara sempurna.
Dengan perkataan lain, anda
telah menjadi Bodhisattva Avaivartika, yang sempurna akan kemampuan gaib dan
keterampilan melatih diri. Tidak perlu capek-capek melatih diri, dengan
sendirinya sudah berhasil memperolehnya.
Jika mengandalkan pelatihan
diri sendiri, entah sampai kapan baru bisa menjadi Bodhisattva Avaivartika?
Tetapi begitu tiba di Alam Sukhavati, anda sudah bisa menjadi Bodhisattva
Avaivartika. Barulah anda menyadari bahwa jasa kebajikan dari melafal Amituofo
sungguh tak terbayangkan.
Hasil dari melafal Amituofo
adalah aman terpecaya, cepat, bahkan sempurna, dari 84 ribu pintu Dharma, tidak
ada satupun yang dapat sebanding dengannya.
Di dalam “Sutra Usia Tanpa
Batas”, Buddha Sakyamuni mewakili seluruh Buddha di sepuluh penjuru, memberikan
pujian kepada Buddha Amitabha sebagai “CahayaNya yang paling terunggul, Rajanya
para Buddha”.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 31 Maret 2011
「威力自在者,威神之力,自在無礙也。」這個三句是說明西方會眾,我們到極樂世界去,這就是我們同參的道友,個個都是這樣的能力。我們這一看、一聽說都不敢去了,那些人都比我高,我怎麼比得上人家,嚇退心了,那才叫高人,這個俱樂部我們不敢進去。你要知道,這種能力,實報土是真的,但是凡聖同居土都像我們這樣帶業往生去的,為什麼也有這個能力?阿彌陀佛來接引我們,首先是佛光注照,這佛光一照我們的業障就消了,我們自性裡面智慧就透顯出來。到達極樂世界,那是一念之間,速度太快,到達極樂世界你就圓滿得到阿彌陀佛本願威神加持;換句話說,你就是阿惟越致菩薩,這裡面講的神通道力你統統具足了。不修就得到,要修,修到哪一年才能得到?現在不修就得到了。你才曉得念佛功德不可思議。念佛的成就非常穩當、快速,而且圓滿,八萬四千法門哪個法門都不能跟它相比。經典裡面,釋迦牟尼佛代表十方一切諸佛,你看對佛的讚歎、對彌陀的讚歎,對極樂世界的讚歎,對極樂世界大地的讚歎、環境的讚歎,對極樂世界每一個人的讚歎,無比殊勝,確實是諸佛剎土第一,阿彌陀佛「光中極尊,佛中之王」當之無愧。所以要知道,我們在此地不行,到極樂世界就行了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三五三集) 2011/3/31 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0353
Jika anda bertanya, setibanya
di Alam Sukhavati, harus menunggu sampai kapan barulah bisa kembali lagi untuk
menyelamatkan para makhluk? Setibanya di Alam Sukhavati, setelah bersua dengan
Buddha Amitabha, maka sudah boleh, saat itu anda telah memiliki kemampuan
kembali ke Alam Saha guna menyelamatkan para makhluk. Mengapa demikian?
Oleh karena anda telah
memperoleh pemberkatan dari Buddha Amitabha. Baik kemampuan gaib, kebijaksanaan
dan kesempurnaan lainnya telah anda miliki.
Anda menjelma ke dunia ini, para
makhluk dapat diselamatkan dengan wujud yang bagaimana, maka anda akan menjelma
ke dalam wujud tersebut. Makhluk yang dapat diselamatkan dengan wujud Buddha,
maka anda akan menjelma dalam wujud Buddha, contohnya : Buddha Sakyamuni.
Jika para makhluk dapat
diselamatkan dengan wujud seorang Bhiksu, maka anda akan menjelma ke dalam
wujud Bhiksu, contohnya Sesepuh ke-6 Aliran Zen, Master Huineng.
Jadi para makhluk dapat
diselamatkan dengan wujud yang bagaimana, maka anda akan menjelma ke dalam
wujud tersebut. Anda sendiri takkan memiliki niat pikiran, ingin tampil dalam
wujud yang bagaimana, bukan atas kehendak sendiri.
Ini merupakan respon alami,
para makhluk memohon anda merespon, tanpa ada unsur kehendak sendiri. Para
Buddha dan Bodhisattva Dharmakaya yang menjelma ke dunia ini juga sedemikian
rupanya, berbaur dan berpenampilan yang sama dengan manusia di dunia ini.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 31 Maret 2011
如果你要問,我到極樂世界,什麼時候才能倒駕慈航回來度眾生?到極樂世界跟阿彌陀佛見個面就可以了,你就有能力回到娑婆世界廣度眾生。為什麼?你已經得到阿彌陀佛加持。像此地講的,神通、神智、神明無極,究竟通徹,通達無礙,威神自在,你全都有了,統統具足。到這個世間,應以佛身教化眾生你就能現佛身,像釋迦牟尼佛一樣;應以比丘身教化眾生你就現比丘身,像六祖惠能大師一樣。應以什麼身得度自然就現什麼身,你沒有起心動念。這是什麼?這是自然現象反應的,眾生有感你自然就應,沒有加一點意思在裡頭。一切諸佛、法身菩薩到這個世界來示現都是這個樣子,跟這個世間人和光同塵。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三五三集) 2011/3/31 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0353