Sabtu, 18 Januari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Maret 2011 (Bgn 5)


Tanpa keserakahan, kebencian dan kedunguan, manusia takkan saling bersaing. Oleh karena memiliki tiga racun ini, barulah ada konflik antar manusia.

Orang masa kini sungguh kasihan, diantara suami istri ada konflik, diantara Ayah anak juga ada konflik, tidak ada satupun hal yang tidak ada konflik. Niat pikiran pertama yang muncul adalah keuntungan, mesti memperebutkan keuntungan, memperebutkan ketenaran dan keuntungan, inilah yang dilakukan.

Tidak mengetahui bahwa ketenaran dan keuntungan itu sejak semula telah ditetapkan di dalam garis hidup, jika tidak ada di dalam garis hidup, bagaimana pun anda memperebutkannya, juga mustahil.

Meskipun dengan cara curang, akhirnya anda berhasil merebutnya, maka petaka pun segera menyusul. Mengapa demikian? Oleh karena tidak ada di dalam garis hidupmu.

Jadi meskipun anda berhasil merebutnya juga tidak memiliki kesempatan menikmatinya, yang ada cuma menderita sakit berat, sehingga kekayaan yang berhasil direbut tersebut kini ludes menjadi biaya pengobatanmu, anda tidak bisa menikmatinya. Kalau bukan jatuh sakit maka ditimpa bencana alam, bahkan nyawa pun bisa melayang.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Maret 2011


人沒有貪瞋痴不會跟人競爭。個個人都貪瞋痴,個個人就對立了。現在人很可憐,夫妻對立,父子對立,沒有一樣不對立的。第一個念頭起來就是利,必須要爭利,爭名奪利,幹這個。不知道你一生名利是你命裡注定的,你命裡沒有,爭都爭不到;爭到了,不是得病就是災難。為什麼?你命裡沒有。你爭得來的你不能享受,你只有得重病,讓這爭來的錢從醫藥費裡開銷掉,你不能正常享受。再不然就是自然災害遇到了,可能連命都丟掉了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三六集)  2011/3/21  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0336




 
 
Ajaran insan suci dan bijak Tiongkok zaman dulu mengajarkan manusia supaya mengalah, ketenaran dan keuntungan diberikan pada orang lain, diri sendiri tidak menghendakinya.

Semua orang saling mengalah, masyarakat pun jadi harmonis, barulah hubungan antar manusia menumbuhkan kasih sayang dan ketulusan.

Setelah memahami fakta ini, maka kita mengembangkan pikiran yang benar, baik ucapan maupun tindakan takkan bertentangan dengan kebajikan, memberi manfaat bagi masyarakat, negara dan dunia, menurutmu, apakah hal ini tidak menguntungkan diri sendiri?

Justru memberi manfaat bagi orang banyak merupakan tindakan yang paling menguntungkan diri sendiri. Sebaliknya merugikan orang lain merupakan tindakan yang paling menyakiti diri sendiri. Inilah kebenaran yang diwariskan oleh insan suci dan bijak zaman dulu kepada kita!

Mencelakai orang lain adalah mencelakai diri sendiri, membunuh orang mesti melunasi utang nyawa, Hukum Karma takkan mengampuni-mu, utang uang dibayar uang, Hukum Sebab Akibat mencakup tiga masa kehidupan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Maret 2011

中國古聖先賢教人讓,名利讓給別人,自己不要。大家都謙讓,這個社會多麼和諧,人與人之間才生出親愛精誠。所以事實真相了解了,我們思想純正,我們的言行如理如法,起心動念、言語造作純淨純善,利益社會、利益國家,利益天下,你想能不自利嗎?這真正的自利。利人是真正利益自己,損害別人是真正傷害自己。古聖先賢傳給我們的真理!害人是害自己,所謂殺人要償命,因果不饒你,欠債要還錢,因果通三世。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三六集)  2011/3/21  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0336


 

 

Mencelakai orang lain adalah mencelakai diri sendiri, membunuh orang mesti melunasi utang nyawa, Hukum Karma takkan mengampuni-mu, utang uang dibayar uang, Hukum Sebab Akibat mencakup tiga masa kehidupan.

Setelah memahami kebenaran ini, diri sendiri mengalami kesusahan apapun, difitnah, diperlakukan tidak adil, menerimanya dengan penuh sukacita. Apa alasannya? Oleh karena saya sudah tahu asal muasalnya, memahami Hukum Sebab Akibat, saya ikhlas menerimanya.

Kerugian sudah saya terima, penderitaan pun sudah saya cicipi, takkan berkeluh kesah juga takkan menyalahkan orang lain, mengeliminasi rintangan karma, mengembangkan berkah dan kebijaksanaan diri sendiri. Pada masa kehidupan yang akan datang, pahala jadi besar.

Sebaliknya si licik yang hobi mengakali orang lain, mengambil keuntungan dari orang lain, menjebak dan mencelakai orang lain, tampaknya sekarang dia memperoleh secuil kenikmatan akan ketenaran dan keuntungan, tetapi saat menjelang ajal jatuh ke tiga alam rendah.

Di tiga alam rendah adalah mengeliminasi rintangan karma-mu, usai menjalani masa hukuman, setelah keluar dari tiga alam rendah, anda masih harus melunasi utang, utang nyawa dibayar nyawa, utang uang dibayar uang, barulah tahu bahwa secuil keuntungan pun tidak bisa diperoleh (dengan cara mengakali orang lain). Inilah kedunguan!

Insan bijak dan cerdas mana boleh melakukan hal bodoh sedemikian rupa, ini namanya kedunguan, gegabah. Insan bijak berdiri di satu sisi mengamati hal ini dengan jelas dan dimengerti.

Sedangkan orang yang begitu melihat secuil keuntungan langsung melupakan kebenaran, dia tidak dapat melihat dengan jelas.

Walaupun dia sudah membaca banyak buku ajaran insan suci dan bijak, tetapi begitu ketenaran dan keuntungan terpampang di depan matanya, dia tidak sanggup menahan godaan.

Oleh karena sesat sesaat sehingga melakukan kesalahan, saat balasan karma tiba, menyesal pun sudah terlambat. 

Terutama dalam masyarakat sekarang ini, orang lain mungkin tak berdaya membalas keburukanmu, tetapi anda takkan bisa lolos dari jeratan Hukum Karma.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Maret 2011


害人是害自己,所謂殺人要償命,因果不饒你,欠債要還錢,因果通三世。真搞清楚,真搞明白,自己受什麼樣的苦難,受什麼樣的冤枉,還是歡歡喜喜。為什麼?我知道來龍去脈,知道因緣果報互相酬償的理論與事實,我接受了。虧我吃了,苦我受了,不怨天不尤人,消自己的業障,長自己的福慧。來生後世那福報可大了。在現前處處想佔人便宜,處處想陷害別人,自己好像眼前得到一點名利上的享受,來生三途去了。三途是消你業障,業障消盡,你從三途出來之後要還債,欠命的得還命債,欠財的要還錢債,才知道一絲毫的便宜都沒佔到。這叫什麼?愚痴!真有智慧聰明人怎麼會幹這種傻事,這叫愚痴、糊塗。明眼人在旁邊看得清清楚楚。而見利忘義者,他看不出來。聖賢書裡頭的教誨他念了,高名厚利在眼前,他忍不過。所以一時糊塗做錯了,這一錯後悔莫及。特別是在現在的社會,現在社會不會報復你,可是因果的報復你逃不過。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三六集)  2011/3/21  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0336