Ketika
bencana besar melanda, sepatah Amituofo dapat menyelamatkan kita dari bencana
tersebut, namun sayangnya tidak ada yang mau percaya. Andaikata hari ini semua
manusia di dunia ini juga mengetahuinya, juga ikut melafal Amituofo, maka
bencana pun terurai.
Anda
pasti bertanya, bagaimana bisa terurai? Ada alasannya, tetapi terlebih dulu
anda butuh waktu minimal satu dekade untuk mempelajari Ajaran Sukhavati,
barulah bisa memahaminya dengan jelas dan dimengerti. Dengan demikian sepatah
Amituofo yang anda lafal, barulah bisa efektif. Tetapi kalau anda tidak
memulainya dari sekarang, takutnya juga tidak sempat.
Kebenaran
ini saya pahami, tiap hari saya memberi ceramah, bukanlah untuk tujuan lainnya.
Lihatlah “Sutra Usia Tanpa Batas” dari awal sampai akhir, bukankah juga sedang
membahas sepatah Amituofo ini? Jika anda telah memahami kebenaran ini, maka
anda juga dapat menyadari bahwa Avatamsaka Sutra juga serupa.
Ibaratnya
anda sedang jatuh sakit, anda tidak tahu kandungan obat, dokter menyuruhmu
makan obat apa, anda turuti saja, maka penyakit pun sembuh, masalah pun
selesai.
Tetapi
kalau anda penasaran, ingin meneliti kandungan apa yang terdapat di dalam obat
sehingga dibilang bisa menyembuhkan penyakit, anda mengharuskan dokter
menjelaskan satu persatu zat yang terdapat di dalam obat tersebut, sampai anda mengerti
dan memahaminya, barulah anda bersedia mengonsumsi obat tersebut, maka sudah
tidak sempat lagi.
Karena
itu memberi ceramah memang penting, kalau tidak ceramah, orang lain mana bisa
percaya? Dalam keadaan yang tidak mendesak, bolehlah berceramah, tetapi kalau
dalam kondisi yang mendesak, tidak perlu ceramah lagi, pengamalan (melafal
Amituofo) adalah lebih penting.
Insan
yang memiliki akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh, setelah
mendengar ceramah, meskipun tidak terlalu memahaminya, tetapi dia bersedia
menerima dan mengamalkannya, dia dapat memetik manfaatnya.
Sedangkan
mereka yang diliputi keraguan, masalah pun jadi berat, dia masih harus merana.
Maka
itu membina calon penceramah berbakat merupakan jasa kebajikan terunggul. Diri
sendiri membangkitkan niat guna melatih diri sesuai dengan Dharma, lalu
menyebarluaskan Buddha Dharma memberi manfaat bagi para makhluk, jasa kebajikan
ini lebih besar, dalam menimbun berkah dan kebijaksanaan di dunia ini, tiada
lagi yang sebanding dengannya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 Maret 2011
大災難來臨的時候,這一句佛號能拯救災難,就是沒人相信。如果今天全世界人都知道,都來念阿彌陀佛,災難能化解。你要問它為什麼能化解?有理由,但是這個理由至少要十年你才能搞清楚。十年時間太長了,你念就有效,你不念來不及了。這個道理我懂,我天天在講經就天天講這樁事情,沒別的事。你看《無量壽經》徹頭徹尾是不是講這一句名號?這個你搞懂了,那你就曉得,《大方廣佛華嚴經》全經要講完,我過去那個方法要講完,兩萬個小時。講什麼?也是講這個問題。不識貨沒有關係,就好像個藥一樣,它能治你的病,你不懂得它的藥性,醫生叫你吃你就吃,吃了病就好了,問題就解決了。你要先把這個藥是怎麼樣會治我的病,要講清楚、講明白,可能你已經完了,來不及了。所以經要講,不講人怎麼能相信?平常要講,救急就不能講了,就得真幹。所以有善根福德因緣的,他聽了他雖然不懂,他能接受,他真照幹,他的利益就得到;有懷疑的,那問題就嚴重,他還要受苦受難。所以,培養弘法人才功德第一,沒有比這個更殊勝。自己發心出來做這個真正依教奉行弘法利生,那功德更大,世出世間修福修慧沒有人能跟他相比。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二七集) 2011/3/16 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0327
Setiap
praktisi yang terlahir di Alam Sukhavati, pencapaian mereka kelak adalah serupa
dengan Buddha Amitabha. Merupakan jelmaan dari Buddha Amitabha, satu Buddha
Amitabha menjelma menjadi Buddha Amitabha sebanyak tak terhingga, tanpa batas,
tak terhitung, tiada habis-habisnya, barulah dapat menyebarluaskan Pintu Dharma
yang terunggul tiada taranya ini, kepada semua makhluk di seluruh alam semesta.
Seorang
guru yang baik, harapan utamanya adalah semoga prestasi muridnya dapat
melampaui dirinya, dengan demikian misi pendidikan barulah berhasil.
Apabila
pencapaian murid sama dengan gurunya, maka misi pendidikan tidak terhitung
gagal, juga tidak termasuk berhasil. Apabila ternyata prestasi muridmu kalah
dibandingkan dengan dirimu, berarti anda telah gagal.
Sebagai
Ayahbunda juga berharap putra-putrinya dapat melampaui prestasinya, barulah
keturunannya dapat berjaya. Apabila generasi selanjutnya ternyata tak sebanding
dengan diri sendiri, berarti keturunannya akan terpuruk, dia bersalah pada
Leluhur.
Misi
pendidikan itu, apabila generasi berikutnya ternyata tidak dapat melampaui
generasi kita sekarang ini, maka kita bersalah pada Buddha dan Bodhisattva,
bersalah pada Guru Sesepuh dan Praktisi Senior.
Mengapa
dia dapat melampaui prestasiku? Saya adalah landasan tempat berpijaknya,
merupakan fondasinya, dia berdiri di atas kedua pundakku, pasti tingginya akan
melampaui diriku, hal ini sudah pasti.
Masalahnya
adalah si murid mesti belajar dengan serius, mengamalkan dengan
bersungguh-sungguh barulah bisa, jika dia tidak punya kemauan untuk belajar, maka
juga tak berdaya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 Maret 2011
在西方極樂世界,每一個往生的人,他們將來的成就都跟阿彌陀佛一樣。都是阿彌陀佛的化身,一個阿彌陀佛變成無量無邊無數無盡的阿彌陀佛,才能夠把這個無比殊勝的法門傳遍虛空法界。
真正好老師,他第一個願望是希望學生的成就超過他,所謂青出於藍而勝於藍,教育成功了。這個學生成就跟我平平,你的教育不算失敗,也不算成功;如果你教的學生不如你,你的教育失敗。傳家亦如是,做父母的總希望子女的成就超過自己,這個家才興旺。如果下一代不如自己,這個家道就衰了,衰了怎麼樣?對不起祖宗。教學,在佛法裡面教學,如果我們是底下一代不能超過我們,我們對不起佛菩薩,對不起祖師大德。為什麼他能超過我?我是他的踏腳石,是他的基礎,他從我肩膀上站著一定比我高,這是肯定的。問題就是學生他真學、真肯幹才行,他自己不肯學,一點辦法都沒有。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二七集) 2011/3/16 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0327
Zaman
dulu guru masih boleh menerapkan aturan kedisiplinan, sekarang sudah tidak
boleh lagi, masa kini manusia memiliki hak asasi, jadi bila anda disiplin
sedikit pada murid, dia akan melaporkan dirimu dan anda harus berurusan dengan
pihak berwajib, jadi buat apa?
Murid
zaman now mesti tahu memotivasi diri sendiri ulet belajar, guru tidak berani
menegur dirimu. Anak-anak sekarang juga harus tahu memotivasi diri sendiri,
Ayahbunda juga tidak berani menegurmu.
Maka
itu mengapa ajaran bisa jadi terpuruk, mengapa Dharma bisa menghilang?
Kebenarannya terletak di sini. Orang zaman sekarang tidak berbakti, tidak
menghormati guru dan senior, mana mungkin bisa berhasil!
Master
Yin Guang berseru: “Dengan membangkitkan satu bagian ketulusan dan rasa hormat
memperoleh satu bagian manfaat; dengan membangkitkan sepuluh bagian ketulusan
dan rasa hormat memperoleh sepuluh bagian manfaat”.
Maka
itu tidak berbakti pada Ayahbunda, tidak menghormati guru, mustahil bisa meraih
keberhasilan. Ucapan ini merupakan kebenaran, segala kesuksesan diperoleh dari
sebutir hati yang tahu menghormati, kita mesti memahaminya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 Maret 2011
過去老師可以督促學生,現在不行了,現在講人權,對他稍微嚴格一點,他會到警察局去告狀,警察來找麻煩,那何苦?所以現在的學生必須自己要懂得發憤,老師不敢督促你。現在的兒女也要自己發憤,父母不敢管你。所以,道為什麼會衰,法為什麼會滅?道理在此地。現在的人不孝父母、不敬師長,他怎麼會成就!印光大師大聲疾呼,喚醒大家,一分誠敬一分利益,十分誠敬十分利益,對父母師長沒有孝敬心,決定不會有成就。這句話是真理,世出世間一切法都是從恭敬當中求得的,我們必須要知道。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二七集) 2011/3/16 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0327