Selasa, 03 Desember 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2011 (Bgn 11)


Alam Sukhavati tidak memiliki pencemaran, maka itu disebut sebagai suci menakjubkan, di dalam sutra Mahayana kita dapat menemukan istilah Dharmakaya (Jiwa KeBuddhaan) dan Tanah Dharmata (Dharmata = yang sejati).

Jadi kandungan tanah di Alam Sukhavati jelas berbeda dengan kandungan tanah di dunia saha ini. Boleh dikatakan sesungguhnya Planet Bumi ini juga dihuni oleh Dharmakaya, permukaan tanah tempat berpijak juga merupakan Tanah Dharmata.

Buddha Sakyamuni menyampaikan bahwa “Tetapi oleh karena khayalan, perbedaan dan kemelekatan, makanya tidak bisa memperoleh apa yang sejati tersebut”.

Inilah penyakit batin kita, dikarenakan diri kita memiliki khayalan, perbedaan dan kemelekatan, sehingga kandungan tanah Dharmata berubah kadarnya, menjadi bebatuan dan pasir seperti yang kita lihat sekarang ini.

Hal ini muncul dari hati dan pikiran kita yang tidak bajik. Apabila kita dapat memulihkan kesucian hati, maka lingkungan ini segera berubah, akan menyerupai Alam Sukhavati, di mana-mana terdapat beragam jenis batu permata.

Hal ini tidaklah sulit dipahami, kita dapat merenungkan dengan seksama, orang zaman dulu masih murni hatinya, beragam jenis batu permata masih berlimpah ruah.

Di dalam catatan sejarah kita dapat melihat, pada zaman dulu kaisar menganugerahkan penghargaan kepada para pejabat yang berjasa dengan emas seratus Kati, seribu Kati (1 Kati sekitar 500 gram).

Bayangkan betapa banyak persediaan emas pada zaman dulu, sekarang persediaan emas dan perak kian langka, tidak seperti waktu dulu begitu berlimpah ruah.

Kita jadi teringat pada penduduk Alam Sukhavati, “Tempat berkumpulnya para insan berkebajikan tertinggi”, makanya permukaan alamnya dipenuhi oleh batu permata.

Permukaan tanahnya terbentuk dari lazuardi, atau sejenis batu giok yang berwarna hijau kebiruan, transparan, permukaan tanah (lantai)-nya adalah transparan.

Emas digunakan untuk mengaspal jalanan; tidak seperti di dunia saha ini, jalanan diaspal dengan bitumen, dan dianggap sudah cukup superior; sedangkan di Alam Sukhavati bahan aspalnya adalah emas.  

Para ilmuwan menciptakan moda transportasi seperti kendaraan, pesawat terbang, sesungguhnya masih merepotkan; penduduk Alam Sukhavati tidak butuh moda transportasi, mereka memiliki kemampuan terbang di angkasa, kecepatannya bahkan melampaui kecepatan cahaya.

Oleh karena di sana tidak ada konsep ruang, ketika ingin bepergian ke sebuah tempat, tinggal berpikir saja, dalam waktu sebersit niat pikiran langsung tiba di tujuan.

“Amitayurdhyana Sutra” menyebutkan bahwa penduduk Alam Sukhavati dapat membawa serta istana-nya ke mana-mana, lalu terbang tanpa beban, begini barulah disebut sebagai pembebasan agung.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2011

Catatan :

Para Buddha memiliki 3 jenis tubuh (Trikaya Buddha) yakni :

1. Sambhogakaya
“Sambhoga-kaya”, para Buddha menimbun berbagai jasa kebajikan sehingga mewujudkan Sambhogakaya, yang juga merupakan tubuh berkah kebajikan, kebijaksanaan dan kewibawaan. 

Contohnya : Ketika Buddha Amitabha mengikrarkan tekadNya lalu mewujudkan Tanah Suci Sukhavati, Dia akan membabarkan Dharma kepada penduduk Alam Sukhavati dengan menggunakan Sambhogakaya, para Bodhisattva dapat melihat dan berinteraksi dengan Sambhogakaya Buddha Amitabha.

2. Dharmakaya
Dharma-kaya dimiliki oleh Benih KeBuddhaan yang sejak semula ada pada diri setiap makhluk. Dharmakaya memenuhi seluruh semesta alam.

3. Nirmanakaya (Tubuh Jelmaan)
Nirmanakaya merupakan tubuh jelmaan, contohnya ketika Buddha Sakyamuni sedang membabarkan Dharma di dunia ini, Beliau menggunakan Nirmana-kaya supaya dapat dilihat oleh manusia.


  「具淨妙五塵」,五塵是個比喻,因為只有識才有塵的意思,染污。極樂世界沒有染污,叫淨妙,所以大乘經上給我們講法性身、法性土;跟我們世間土不一樣,本質不相同。我們這個地方,原本實在講也是法性身、法性土,佛說「但以妄想執著而不能證得」,這把我們的毛病說穿,我們因為有妄想、有分別、有執著,把法性土變質了,變成這種現象,看起來好像是冥頑不靈的這些泥沙,是我們不善的心變現出來的。如果我們恢復清淨心,這個環境馬上就改變,也都像極樂世界一樣的,無量珍寶莊嚴。這樁事情,我們能夠細心去思惟、觀察,能夠得一點消息,古代人心淳厚,七寶豐足,我們在歷史上看到,古時候帝王賞賜大臣為國家立功,黃金幾百斤、幾千斤這樣贈送的。我們在書上看到,他的黃金不是論兩算的,論斤算的,幾百斤、千斤,你看那麼多。現在很少,這些金銀很少,沒有從前那麼豐富。讓我們想到西方極樂世界的居民,「皆是上善之人俱會一處」,所以這個大地全是寶。它那個地面像我們泥沙找不到,我們泥沙要拿到極樂世界那非常名貴,為什麼?稀有,它那邊沒有。他們的地是琉璃,琉璃就是我們今天講的翡翠,綠色的玉,顏色是綠色的,透明的,它地是透明的。黃金鋪地,它是鋪馬路的;我們今天的地是泥沙,柏油鋪路,這就很高級了;西方極樂是黃金鋪路。科學造的這些東西,汽車、飛機,多麻煩;西方世界人不需要這些東西,身體能飛行,速度比光還快。因為他沒有空間,所以一念他就到了。《觀經》上告訴我們,宮殿隨身,他可以把他居住的宮殿帶著走,都能夠飛起來,真正叫大自在。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一四集)  2011/3/3  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0314