Jumat, 17 Januari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Maret 2011 (Bgn 2)


Bencana akibat ulah manusia adalah gejolak sosial masyarakat dunia, di dalam sutra Buddha disebutkan tiga bencana kecil, maksudnya adalah meletusnya Perang Dunia Ketiga, perang nuklir.

Di dalam sutra diungkapkan dengan jelas tentang tiga bencana kecil, dimana perang akan berlangsung selama tujuh hari tujuh malam, yang disebut sebagai Kalpa Peperangan.

Usai Kalpa Peperangan diikuti oleh wabah penyakit, waktu berlangsungnya adalah tujuh bulan tujuh hari. Kemudian dilanjutkan dengan bencana kelaparan, manusia tidak bisa menemukan bahan makanan lagi, berapa lama berlangsungnya? Tujuh tahun, tujuh bulan dan tujuh hari. Tiga bencana!

Bencana yang pertama adalah peperangan, diikuti oleh bencana kedua adalah wabah penyakit dan menyusul bencana ketiga adalah kelaparan. Tiga bencana terjadi berturut-turut.

Ketika masih menjadi praktisi pemula, terhadap hal ini, kami masih merasa bingung, para praktisi senior terdahulu juga tidak menyampaikan hal ini secara jelas.

Ketika saya berusia 50 tahun, Master Dao An membentuk sebuah delegasi untuk mengunjungi Jepang, beliau mengundangku ikut serta, saya mendampinginya, menjadi Dayaka dadakan, mengikuti beliau berkunjung ke Jepang selama lebih dari 20 hari. Ketika saya menginjakkan kaki di Hiroshima dan Nagasaki, barulah saya tercerahkan, ternyata inilah yang dimaksud sebagai tiga bencana kecil.

Penduduk setempat memberitahukan padaku, mereka memiliki museum. Ketika bom atom meledak, itulah Kalpa Peperangan. Radiasi yang dipancarkan bom atom, sama seperti zat radioaktif yang dilepaskan oleh pembangkit listrik tenaga nuklir Jepang sekarang, penduduk yang terpapar radiasi akan jatuh sakit, merusak jaringan sel dalam tubuh.

Catatan :
Kebocoran reaktor nuklir Fukushima terjadi akibat gempa dan tsunami Jepang tahun 2011.

Berapa lama dampak radiasi debu radioaktif setelah bom atom ini meledak? Lebih dari enam bulan. Mereka yang terpapar radiasi radioaktif, jika mampu bertahan hidup hingga 7 bulan kemudian, maka memiliki peluang hidup yang besar.

Kebanyakan tidak sanggup bertahan hidup hingga 7 bulan, oleh karena wabah penyakit. Yang dimaksud dengan wabah di sini bukanlah penyakit menular. Setelah peristiwa pengeboman atom di Hiroshima dan Nagasaki, hingga tahun ke-8, saya berkunjung ke Jepang, di permukaan tanah baru tumbuh rerumputan.

Selama kurun waktu 8 tahun, permukaan tanah tidak dapat menumbuhkan tanaman apapun, bukankah ini namanya bencana kelaparan? Setelah melihat dampak dari ledakan bom atom, barulah kami menyadari apa yang disebut sebagai tiga bencana kecil.

Hari ini ada bencana di atas permukaan Bumi, di dalam bencana ini tercakup tiga bencana kecil, yaitu perang nuklir, perang biokimia, inilah yang dimaksudkan di dalam Buddha Dharma sebagai tiga bencana kecil.

Ditambah lagi bencana gempa, tsunami, banjir, kekeringan, suhu Bumi yang makin meningkat, lapisan es di seluruh pegunungan dunia, kutub utara dan kutub selatan, yang terus mencair, ini merupakan masalah besar!

Manusia tidak dapat bertahan hidup tanpa air, apabila sumber air di sungai telah terputus. Jika sumber air seperti Sungai Yangtze terputus, sumber airnya berasal dari lapisan es di atas pegunungan salju.

Setelah seluruh lapisan es di pegunungan salju mencair, maka sumber air akan terputus, seluruh daratan akan berubah jadi gurun pasir, bagaimana manusia bisa bertahan hidup!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Maret 2011

Keterangan foto :
Kota Hantu Okuma : Okuma sebagai kota yang berjarak sekitar lima kilometer dari reaktor nuklir Fukushima telah dikenal sebagai ‘kota hantu’ karena rumah-rumah dan bangunan yang ditinggal tak berpenghuni selama delapan tahun terakhir. (Sumber : internet, tahun 2019)


人為的災難是社會動亂,佛經裡面所講的小三災是第三次世界大戰,核武戰爭。小三災經上講得很清楚,戰爭七天七夜,叫刀兵劫。刀兵劫之後是瘟疫,瘟疫的時間七個月七天。再接著就是飢餓,人找不到吃的東西,時間多久?七年七個月零七天。三災!戰爭是第一個,瘟疫是第二個,飢餓是第三個,跟著來的,同時發生的。我們年輕的時候學佛,對於這樁事情很疑惑,前一輩這些大德也沒有把這個事情講清楚。我是五十歲那年,道安法師組織一個訪問團訪問日本,老和尚邀我一起去,我陪他,臨時充當侍者,跟老和尚一起在日本旅行二十多天,跟他老人家住一個房間。我到廣島、長崎去一看,恍然大悟,原來這就叫小三災。

  當地人告訴我,它還有搭著展覽廳,原子彈爆發那是刀兵劫,原子彈放出來的輻射,就像現在日本核能電廠放出來的這些物質,讓一些人感染到就得病,它把你細胞組織都破壞了。這一顆原子彈爆炸之後,這個輻射塵影響多久?半年多。被原子彈這個光所照到的,如果你能夠活上七個月以上,你可以活下去。多半都過不了七個月,就是瘟疫,瘟疫是講這個東西,不是什麼傳染病。爆炸的地點這個土地上,到第八年,我去的時候第八年,地上才長草。地上什麼都不能生長,那不就是飢餓嗎?所以,看到核子彈爆炸,我們才知道什麼叫小三災。今天地球上有災難,這個災難裡頭也包括小三災,那就是什麼?核武戰爭、生化戰爭,這是佛法講的小三災。再加上地震、海嘯、水災、旱災,地球的溫度上升,全世界、南北極高山上的冰雪融化,這個事情麻煩可大了!人類生存離不開水,如果像長江大河這些水源斷掉,它的水源是高山積雪,高山雪統統化掉之後,水源斷掉,那大陸全都變成沙漠,人怎麼活下去!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三五集)  2011/3/21  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0335