Seorang
praktisi tidak makan sehari bukanlah masalah, tidak tidur juga bukan masalah,
tetapi bagaimana kalau sehari saja tidak mendengar ajaran sutra? Sungguh tidak
berbakti! Sungguh tidak hormat!
Ayahbunda-ku,
guru-ku berharap agar saya dapat selekasnya mencapai KeBuddhaan dan
menyelamatkan mereka. Sehari saja saya menunda pencapaian KeBuddhaan, maka
mereka akan menderita sehari lagi di dalam enam alam tumimbal lahir. Ini
merupakan hal utama dalam kehidupan manusia, berapa orang yang mengetahuinya?
Manusia
hidup di dunia ini selalu kebingungan, tidak punya arah dan tujuan yang jelas.
Andaikata dia tahu bahwa bersua dengan Buddha dan mendengar pembabaran Dharma merupakan
hal yang paling utama dalam hidupnya, maka selamanya dia takkan pernah
terpisahkan lagi dengan Buddha, takkan terpisahkan lagi dengan Dharma.
Tak
peduli berada di manapun juga, begitu bangun dari tidur, hal pertama yang
dilakukannya adalah melihat rupang Buddha. Tak peduli kapan saja dan di mana
saja, hatinya tak terpisahkan dari lafalan Amituofo, tak terpisahkan dari bait
sutra, ajaran penting dari Buddha dan Bodhisattva senantiasa terukir dalam
sanubarinya, senantiasa mengulangi dan mengingatnya.
Insan
yang memiliki bakti sempurna adalah para Buddha Tathagata, tiada lagi yang
sebanding denganNya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Maret 2011
一個人一天不吃飯無所謂,不睡覺無所謂,一天不聞經那怎麼得了?不聞經是什麼?大不孝!大不敬!我父母、老師知道這樁事情,那他唯一的希望是什麼?希望我們趕快成佛,成佛好度他。我遲一天成佛,他們在惡道裡頭、在六道裡面就多受一天苦。這個事是大事,是人生在世頭等大事,幾個人知道?人活在世間,懵懵懂懂,糊裡糊塗。他要真正曉得見佛聞法是頭等大事,他就永遠不會離開佛、不會離開法。無論在什麼地方,他睜開眼睛一定看到佛像,見佛了。無論在什麼時候,無論在什麼處所,他心裡不離佛號、不離開經文,佛菩薩重要的教誨都記在心上,常常重複,這就是聞法。世出世間第一大孝是諸佛如來,沒有人能比得上。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三三三集) 2011/3/20 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0333
Setelah
Buddha Sakyamuni memasuki Parinirvana, Buddha di urutan berikutnya adalah
Bodhisattva Maitreya. Bodhisattva Maitreya akan lahir ke dunia ini guna
mencapai KeBuddhaan, kapankah waktunya? Menurut perhitungan waktu di dunia ini
adalah 5,67 miliar tahun lagi.
Kelak 5,67
miliar tahun yang akan datang, Bodhisattva Maitreya barulah lahir ke dunia ini
guna mencapai KeBuddhaan. Yang juga berarti jarak waktu antara Buddha Sakyamuni
dan Bodhisattva Maitreya adalah sangat panjang.
Selama
kurun waktu yang sangat panjang ini, tidak ada Buddha yang datang membabarkan
Dharma kepada para makhluk, lantas bagaimana? Buddha Sakyamuni sangat ber-Maitri
Karuna, lihatlah di dalam “Ksitigarbha Sutra”, Buddha Sakyamuni berpesan pada
Bodhisattva Ksitigarbha, setelah Buddha Sakyamuni memasuki Parinirvana, sebelum
Bodhisattva Maitreya lahir ke dunia, selama kurun waktu ini, Bodhisattva
Ksitigarbha mewakili Buddha Sakyamuni membimbing para makhluk”.
Maka
itu Bodhisattva Ksitigarbha sekarang merupakan wakil Buddha Sakyamuni dalam
membimbing para makhluk di alam saha. Makna di balik hal ini sangatlah
mendalam, mesti memahaminya.
Mengapa
Buddha Sakyamuni memilih Bodhisattva Ksitigarbha jadi wakilNya, mengapa tidak menyerahkan
posisi wakil Buddha ini kepada Bodhisattva Avalokitesvara saja, atau kepada
Bodhisattva Manjusri atau Bodhisattva Samantabhadra?
Coba
renungkan, di dalam Buddha Dharma Mahayana, Bodhisattva Ksitigarbha
melambangkan Dharma apa? Kita jadi mengerti, Bodhisattva Ksitigarbha
melambangkan “bakti pada Ayahbunda dan menghormati guru”.
Jadi
meskipun Buddha Sakyamuni tidak berada di dunia ini lagi, tetapi apabila setiap
orang tahu berbakti pada Ayahbunda, menghormati guru dan senior, maka
masyarakat ini takkan mengalami kekacauan, masyarakat akan aman sentosa, rakyat
hidup dengan sejahtera.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Maret 2011
釋迦牟尼佛滅度之後,下一尊佛是彌勒菩薩,彌勒菩薩到這個世間來成佛,什麼時候來?我們這個世間的時間五十六億七千萬年之後,五十六億七千萬年之後彌勒菩薩到這個世間來成佛。也就是說,這個世間的佛一個接著一個,當中時間太長。這麼長的時間裡面沒有佛教化眾生,怎麼辦?佛實在是很慈悲,你看看《地藏經》,釋迦牟尼佛囑咐地藏菩薩,世尊滅度之後,彌勒還沒有出世之前,這一段時間,求地藏菩薩大慈大悲代理佛教化眾生。所以地藏菩薩之尊,在一切菩薩之上,現在他是代理佛。這裡頭用意很深,必須要能體會得到。為什麼釋迦牟尼佛不把代理佛這個事情交給觀音菩薩、交給文殊菩薩、普賢菩薩?為什麼都不交,要交給地藏菩薩?地藏菩薩在大乘法裡面他代表什麼法?我們就明白了,地藏代表是孝親尊師。佛不住世,不在這個世間,沒有佛,人人懂得孝順父母、尊敬師長,這社會不會亂,社會會安定,人民生活很幸福。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三三三集) 2011/3/20 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0333
Berbakti
pada Ayahbunda dan menghormati guru adalah akar dari Buddha Dharma Mahayana. Ibarat
sebatang pohon, ketika musim dingin tiba, daunnya akan berguguran, bunga dan
buah juga takkan menampakkan diri, musim dingin akan berlangsung lama, namun
akar pohon tetap akan bertahan dan takkan rusak, sampai ketika musim semi tiba,
dia akan bersemi lagi, menumbuhkan ranting baru dan daun baru.
Bodhisattva
Ksitigarbha mewakili akar ini (bakti dan hormat), akar yang tertanam kokoh di
bawah permukaan tanah, akar ini adalah bakti dan hormat, segala asas kebenaran
adalah tumbuh dari akar bakti dan hormat ini.
Sekarang
kesulitan yang dialami Buddha Dharma adalah diabaikannya akar ini. Akar ini
nyata adanya, siapapun takkan berdaya menghancurkannya, bahkan hewan saja tahu
mengamalkannya.
Andaikata
manusia bersedia menerima ajaran insan suci dan bijak, maka akar ini dengan
mudah akan bertunas kembali dan tumbuh dengan kokoh, pastinya akan berbunga dan
membuahkan hasil.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Maret 2011
孝親尊師是大乘佛法的根。好像現在這棵樹,樹到冬天了,葉落掉,花果都不見了,冬天漫長,它根沒有壞,到春天又會發芽,又會長出新枝新葉花果。地藏代表的是根,大地底下埋藏著的根,這個根就是孝敬,世出世間法都從孝敬這個根生長的。現在佛法難,難在哪裡?根被摧毀了。實際上我們不把它看成摧毀,把它看成嚴重的傷害。為什麼?這個根是真的,任何人也沒有辦法把它滅掉,連畜生都能做到。人如果接受到聖賢教育,這個根很容易甦醒過來,很容易又發芽、又成長,肯定開花結果。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三三三集) 2011/3/20 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0333