Rabu, 26 Februari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Maret 2011 (Bgn 2)


Apa yang dimaksud dengan ketulusan dan rasa hormat? Terhadap Pintu Dharma Tanah Suci, terhadap sepatah Amituofo ini, meyakini secara mendalam tanpa keraguan sama sekali.

Saat melafal Amituofo, singkirkan segala kekhawatiran di hati, menghapus khayalan, perbedaan dan kemelekatan, di dalam hati cuma ada Amituofo saja, selain lafalan Amituofo, takkan ada hal lainnya lagi, inilah yang dimaksud dengan ketulusan dan rasa hormat.

Dengan hati begini melafal Amituofo, inilah yang disebutkan di dalam Sutra, praktisi senior zaman dulu juga sering mengucapkannya, yakni “Setiap lafalan Amituofo terjalin dengan Buddha Amitabha, lafalan demi lafalan juga terjalin dengan Buddha Amitabha”.

Maka itu Sutra menyebutkan bahwa melafal sepatah Amituofo dapat mengeliminasi  8 miliar kalpa dosa berat samsara, yakni melafal Amituofo dengan cara sedemikian rupa.

Dengan hati begini melafal sehari hingga tujuh hari, rintangan karma selama kalpa yang tak terhingga lenyap semuanya, bersih hingga tuntas. Tetapi jika saat melafal Amituofo masih bercampur dengan bentuk-bentuk pikiran, masih bercampur dengan khayalan, maka sudah merusak jasa kebajikan.

Bukanlah lafalan Amituofo tidak efektif, tetapi bentuk-bentuk pikiran telah merusaknya. Keraguan juga telah merusaknya, sambil melafal sambil timbul keraguan, benarkah Alam Sukhavati itu nyata adanya?

Tidak ragu, tidak terpencar, tidak terputus, kekuatan ini sungguh dahsyat! Tiga perkataan ini tampaknya mudah tetapi sulit mengamalkannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Maret 2011


真誠恭敬是什麼?我對這個法門、我對這個名號深信不疑,我真的相信它。我真念佛,把心裡面一切憂慮牽掛、妄想分別執著統統放下,心裡面只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼都沒有,這叫至誠恭敬。用這個心來念佛,就是經上所說的,古大德也常講的,「一念相應一念佛」,你聲聲字字都跟阿彌陀佛感應道交。所以經上講,念一聲阿彌陀佛,消八十億劫生死重罪,是用這樣的心念一聲;念一天到七天,無量劫的罪都消光、都消盡了。如果念佛心裡頭還有雜念、還有妄想,就把你的功夫破壞掉了。不是不得力,是妄念在裡頭把它破壞了。疑惑在裡面破壞了,念著念著懷疑了,真的是假的?不懷疑、不夾雜、不間斷,這個力量太大了!這三句話說起來很容易,做起來真難。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三四七集)  2011/3/28  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0347

 


 

Tidak ragu, tidak terpencar, tidak terputus, kekuatan ini sungguh dahsyat! Tiga perkataan ini tampaknya mudah tetapi sulit mengamalkannya, dimana letak kesulitannya?

Terhadap Alam Sukhavati, anda merasa begitu asing, anda tidak akrab dengannya. Praktisi senior zaman dulu mengajari praktisi pemula, ada sebuah cara yang sangat bagus yakni menukar apa yang selama ini terasa asing menjadi akrab, sebaliknya menukar apa yang selama ini akrab menjadi asing.

Apa yang selama ini akrab dengan kita? Membunuh, mencuri, asusila, berbohong; mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, mengejar ketenaran dan keuntungan, lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur) dan enam objek (rupa, suara, wangi-wangian, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), tiap niat pikiran yang timbul tidak melupakan hal-hal begini. Sebaliknya terhadap Alam Sukhavati, terhadap Buddha Amitabha justru sangat asing, selalu kelupaan melafal Amituofo.

Guru Sesepuh dan praktisi senior mengajarkan kita untuk menukarnya, menempatkan lafalan Amituofo dan Alam Sukhavati yang selama ini terasa asing menjadi akrab, sebaliknya menjauhi apa yang selama ini akrab dengan kita, lama kelamaan menjadi asing, ini merupakan cara yang bagus.

Inilah yang sering saya katakan bahwa menaruh Buddha Amitabha di dalam hati, hatiku adalah Buddha Amitabha, Buddha Amitabha adalah hatiku. Di dalam hati cuma boleh ditaruh Buddha Amitabha, selain lafalan Amituofo, takkan ada hal lainnya lagi, bahkan niat pikiran untuk menyebarluaskan Buddha Dharma memberi manfaat bagi semua makhluk juga tidak ada, satu-satunya cuma memfokuskan pikiran melafal Amituofo, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Menyebarluaskan Buddha Dharma memberi manfaat bagi semua makhluk, hanyalah usaha sampingan saja, kalau berjodoh yah bolehlah dilakukan, sebaliknya kalau tidak berjodoh, tidak usah dilakukan, jangan memaksakan kehendak, kebenaran ini mesti dipahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Maret 2011

不懷疑、不夾雜、不間斷,這個力量太大了!這三句話說起來很容易,做起來真難,難在什麼地方?你對於極樂世界太陌生了,你不熟悉。古大德教初學,有一個很好的辦法,叫你把生處轉熟,把熟處轉生,來個交換。我們現在什麼東西熟?殺盜淫妄很熟,自私自利很熟,名聞利養很熟,五欲六塵很熟,念念沒有忘掉這個;對極樂世界、對阿彌陀佛很生疏,常常忘掉記不得。祖師大德叫我們來個轉變,把生的阿彌陀佛、極樂世界把它變熟,現在熟的疏遠它,慢慢的生疏了,這是個好辦法。也就是我講的把阿彌陀佛放在心上,我心就是阿彌陀佛,阿彌陀佛就是我心。心裡除阿彌陀佛之外什麼都沒有,連弘法利生的念頭都沒有,真的轉了。弘法利生是附帶的,遇到緣就做,沒緣不要做,不攀緣。這個道理不能不知道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三四七集)  2011/3/28  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0347