Bertemu dengan Buddha dan mendengar
pembabaran Dharma, kemudian melatih diri sesuai dengan ajaran sutra, maka
bencana apapun takkan timbul, baik bencana alam maupun bencana akibat ulah
manusia, juga takkan ada.
Dari sini dapat diketahui mengapa di Alam
Sukhavati tidak ada bencana? Buddha Amitabha tiap hari membabarkan Dharma,
seluruh penduduk Alam Sukhavati tiap hari belajar Buddha Dharma, tiap hari
bersua dengan Buddha dan tiap hari mendengar pembabaran Buddha Dharma, maka itu
disebut sebagai Alam Sukhavati, di sana tidak ada kesulitan apapun dalam
melatih diri.
Buddha Amitabha memiliki kemampuan gaib
sempurna, para penduduk Alam Sukhavati juga memiliki kemampuan gaib dan
keterampilan melatih diri yang serupa dengan Buddha Amitabha, mereka memiliki
kemampuan untuk setiap saat berada bersama Buddha Amitabha, bersamaan itu pula
menjelma sampai tak terhingga dan tanpa batas, bukan saja mendekatkan diri dan
berguru Buddha Amitabha, namun juga mendekatkan diri dan berguru pada semua
Buddha Tathagata yang tersebar di sepuluh penjuru alam. Bayangkan alangkah
bahagianya!
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 19 Maret 2011
見佛聞法如教修行,真的,什麼災難都沒有,天災人禍都沒有。由此可知,西方極樂世界為什麼沒有災難?阿彌陀佛天天講經教學,整個極樂世界的居民天天都在學習佛法,天天見佛是天天聞法,所以它叫極樂世界,它沒有難。阿彌陀佛神通廣大,極樂世界那些住眾,神通道力跟阿彌陀佛也不相上下,他們有能力天天跟阿彌陀佛見面。阿彌陀佛能現無量無邊身,他們每個人也能現無量無邊身。不但親近阿彌陀佛,同時可以親近十方世界一切諸佛如來。你說他有多樂!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三三二集) 2011/3/19 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0332
Hari
ini siapakah orang yang menimbun pahala terunggul? Orang yang belajar ceramah
dan mengajarkan Dharma, ini merupakan pahala terunggul di dunia ini, berkah dan
kebijaksanaan dilatih secara bersamaan.
Pada
satu masa kehidupan ini, anda bersedia melatih diri, maka pada masa kehidupan
mendatang, pahala ini akan muncul ke permukaan. Pahala yang besar juga
merupakan hal yang menakutkan, apa alasannya? Menikmati berkah sehingga lupa
diri.
Pahala
terbesar adalah menjadi kaisar, seorang kaisar pertama atau kaisar perintis dan
kaisar terakhir dari sebuah Dinasti, pasti tak terhindarkan dari pertumpahan
darah besar-besaran, menciptakan karma buruk. Pahala habis dinikmati, akibatnya
jatuh ke Neraka.
Karena
itu, menimbun berkah harus disertai mengembangkan kebijaksanaan, mesti
kebijaksanaan melampaui berkah, mengapa demikian? Takkan tersesat, takkan
menciptakan karma buruk, takkan jatuh ke tiga alam rendah, takkan bertemu dengan
Delapan kondisi yang tidak menguntungkan
untuk menjalani kehidupan suci.
Inilah
yang disebut mengembangkan kebijaksanaan lebih penting daripada menimbun
berkah. Bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci, mesti menggenggamnya erat-erat,
maka anda adalah insan yang berpahala.
Di
dunia ini tidak ada karir manapun yang dapat melampaui karir menyebarluaskan
Buddha Dharma, lihatlah para Buddha Tathagata, Bodhisattva dan Guru Sesepuh,
juga bergerak di bidang ini, setiap masa kehidupan demi kehidupan, tak kenal
lelah juga tak kenal jenuh.
Setelah
melihat, mendengar dan memahaminya, hendaknya meneladaniNya, tiap niat pikiran
yang timbul adalah demi semua makhluk, tiap niat pikiran yang timbul adalah
demi keberlangsungan Dharma Sejati, takkan ada niat terselubung, dan pastinya
juga takkan ada niat mengejar ketenaran dan keuntungan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 19 Maret 2011
Delapan
kondisi yang tidak menguntungkan untuk menjalani kehidupan suci :
今天修第一大福報的人是什麼人?學習講經教學,這是世間第一等的大福報,福慧雙修。你今生肯修,來生的福報就現前了。來生福報現前是個可怕的事情,為什麼?享福,往往就忘掉了。最大的福報是做帝王,如果是開國的帝王,是末代皇帝,就免不了造罪業。福報是享了,果報在地獄,那就大錯特錯。因此,修福就不能不修慧,一定要慧超過福,為什麼?不迷,不造罪業,不墮三惡道,不遭八難。這就是修慧比修福還要重要。遇到這個緣就要把它抓住,那你就是真有福報的人。這個世間任何一個行業都比不上教學,你看諸佛如來、祖師菩薩都幹這一行,生生世世樂此不疲。我們看到、聽到、體會到了,就應當要效法,念念為苦難眾生,念念為正法久住,沒有別的念頭,決定沒有個人的名聞利養。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三三二集) 2011/3/19 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0332
Sepanjang
hayatku memberi ceramah di berbagai belahan dunia, waktu itu saya belum
memiliki studio ceramah. Ketika ada orang yang mengundangku berceramah, usai
ceramah, dana yang dipersembahkan umat kepadaku, semuanya saya serahkan kepada
Sangha vihara tersebut, sepeser pun takkan saya ambil.
Maka
itu memiliki jodoh Dharma yang bagus, setiap vihara senang dan suka
mengundangku memberi ceramah, apa alasannya? Usai ceramah, vihara jadi punya
pemasukan, seluruh dana persembahan diperuntukkan buat mereka, mereka tahu saya
takkan membawanya pergi. Beginilah jodoh Dharma saya berasal.
Saya
takkan menarik umat dari vihara tersebut, saya juga tidak menghendaki
persembahan dari umat. Kalau saya menerima umatnya jadi murid, maka pemilik
vihara tersebut akan panik, waduh, umatku bisa kabur pergi mendukungnya, dana
persembahan umat juga dibawa pergi tanpa basa-basi, lain kali orang mana berani
mengundangmu lagi berceramah di viharanya, hal ini mesti dipahami.
Tetapi
masalahnya ketika saya memenuhi undanganmu, biaya perjalanan ke tempatmu, lalu
biaya perjalanan pulang, harusnya anda bersedia memberinya padaku bukan?
Makanya setelah saya serahkan seluruh dana persembahan kepada Sangha vihara tersebut,
mereka akan memberiku sebuah angpao, biaya perjalanan ini saya terima dari
Sangha vihara tersebut dan bukan langsung dari dana persembahan umat.
Ketika
saya diundang menyelenggarakan Upacara Visudhi Trisarana, saya mengingatkan
para murid Trisarana bahwa kalian adalah warga setempat, sudah sepantasnya
mendukung vihara ini, sedangkan kami berasal dari luar daerah.
Terutama
saya cuma hidup seorang diri, saya tidak memiliki vihara, jadi saya tidak butuh
uang untuk membiayai vihara. Hingga sekarang saya telah berusia lanjut, apakah
masih butuh sebuah vihara? Tidak perlu.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 19 Maret 2011
Bertempat di : Pure Land
Learning College Association Inc, Australia
我這一生,早年在各處講經,那時候沒有攝影棚,人家請我講經,講經圓滿的時候,大眾的供養,我全都送給常住,我一分錢不帶走。所以法緣好,每個道場都喜歡請我講經,為什麼?講完了,有收入,都是他的,他們知道我不帶去的,法緣好是這麼來的。不收皈依弟子,不要錢。收皈依弟子,那個道場的主人慌張了,我的信徒被你拉去了,我信徒口袋錢都被你拿走了,下一次再不請你了,這個我們要知道。那我們自己所需要的,我到你這裡來的時候,來應邀講經,往返路費你送給我,常住送我一個紅包,往返路費我接受,我接受常住的,不接受信徒的。信徒有皈依的,全部皈依常住的住持老和尚,他高興,我們也非常高興。你是這個地方人,應該護持地方這個道場,我們是外地的。尤其我一個人,我沒有道場,所以我不需要錢財來維護,沒道場。一直到老了,現在還需要道場嗎?不需要。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三三二集) 2011/3/19 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0332