Minggu, 12 Januari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Maret 2011 (Bgn 2)


Manusia kalau sudah diajari jadi jahat, maka hal ini serupa dengan apa yang anda lihat selama beberapa hari ini dari kejadian bencana (gempa tahun 2011) di Jepang, saya dengar minimal ada dua pejabat tinggi Jepang yang mengungkapkan kesimpulan yang sama yakni bencana diundang oleh karma buruk.

Ucapan ini benar adanya, Sang Buddha juga menyampaikannya di dalam sutra. Apabila di lingkungan hunianmu, masyarakat sekitar berbuat baik, maka wilayah tersebut akan bebas dari bencana.

Saya pernah menghadiri konferensi perdamaian dunia yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jepang, sungguh sulit diperoleh, dua kali diselenggarakan di Okayama, saya menjalin jodoh mendalam dengan Walikota, Bupati dan masyarakat setempat. Saya sangat bersukacita dan menghormati kota kecil ini.

Warga di kota kecil ini tidak melakukan perbuatan yang bertentangan dengan kebenaran, tidak ada nafsu keserakahan, merasa cukup dan selalu bersukacita, menjalani kehidupan yang sangat sederhana, jujur dan lugu.

Hubungan antar manusia masih dilandasi etika dan tata krama, mereka bukan berpura-pura, namun perasaan hormat itu benar-benar mengalir dari dasar hati.

Penduduk kota kecil ini telah mewujudkan “Barang yang tercecer di jalanan takkan diambil orang”, “Malam hari tidur tidak perlu mengunci pintu”, kita pernah mendengar hal ini cuma ada pada zaman dulu di Tiongkok (era pemerintahan Kaisar Tang Taizong), tak terduga ternyata sekarang di Prefektur Okayama, Jepang, juga ada hal sedemikian rupa.

Warga setempat mengatakan padaku bahwa selama 4 abad Okayama tidak pernah dilanda bencana. Saya menelepon pada seorang sahabat di Okayama, bencana (gempa dan tsunami) yang melanda Jepang kali ini, tidak berdampak apapun bagi Okayama.

Penduduk kota kecil ini, hati mereka bajik, ucapan juga bajik, bencana yang terjadi di sekitarnya takkan berdampak bagi mereka, bukankah bukti nyata ini telah terpampang di hadapan kita? Kalau masih juga tidak percaya, lantas apa lagi yang bisa anda percayai? Mereka telah memperlihatkan bukti nyata padamu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Maret 2011


人教壞了,那就像這幾天你看日本的災難,我聽到至少有日本兩位官員,都是高級官員,兩個人說的意思完全相同,不善業所感。災難是不善業感,這個話講得對,佛在經上是這麼說的。你這個小區,人造善業,這小區裡頭就沒有災難。我在日本參加過兩次聯合國主導的世界和平會議,很難得,兩次都在岡山,我跟岡山縣長、當地小鎮的市長結了很深的緣。岡山這個小鎮我很喜歡,我對他們很尊重。這個小鎮的人很本分,沒有貪欲,知足常樂,生活非常節儉,非常樸實。人與人間真有禮貌,他不是假的,不是敷衍的,是出自於內心對別人的尊敬。這個小鎮居然能做到路不拾遺,夜不閉戶,我們只聽說古時候有這種情形,沒有想到現在在日本岡山也看到。當地人告訴我,他們這個小鎮四百多年來沒有災難。我打電話問岡山的朋友,這次日本災難他們沒有。小地區的人,人心善、言行善,周邊災難他沒有,這不是很明顯的擺在那裡嗎?這個不信你還信什麼?他做出來給你看了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三一集)  2011/3/18  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0331





 
 
Dalam beberapa tahun terakhir, kami melakukan percobaan di kota kecil Tangchi (Kabupaten Lujiang, Provinsi Anhui) untuk mempelajari "Di Zi Gui". Selama dua atau tiga tahun, walaupun ada kejadian bencana di sekitar Tangchi, tetapi dampak bencana tidak sampai merambah ke daerah ini. Apa yang disampaikan oleh Buddha kepada kita semuanya terbukti nyata adanya. 

Yang paling jelas adalah saat kejadian gempa Wenchuan, pusat gempa ada di Sichuan. Getaran gempa terasa sampai di Shandong dan Jiangsu, harusnya kota kecil Tangchi juga ikut terasa getarannya, namun ketika diukur kekuatan gempa, hasilnya nihil. Hal ini sungguh mengherankan.

Oleh karena dari Sichuan ke Shandong, pejabat pengukur gempa berkata, pasti harus melewati Anhui. Tetapi tidak ada gempa yang terdeteksi di daerah Anhui.

Hal ini yang dikatakan pejabat setempat kepada saya. Mereka melakukan pengukuran dan hasilnya nihil. Tetapi ketika mereka melakukan pengukuran di wilayah selatan Jiangxi, berhasil mendeteksi adanya kekuatan gempa.

Insan yang meyakini ucapan Buddha merupakan insan berberkah, namun untuk meyakininya tentunya sangat sukar, seperti yang tercantum di  dalam “Amitabha Sutra” bahwa “Tidak boleh kekurangan akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh, barulah dapat terlahir ke Negeri Buddha Amitabha”.

Tanpa memiliki akar kebajikan dan berkah kebajikan yang mendalam dan tebal, anda tidak mungkin sanggup menerimanya, anda tidak mungkin sanggup meyakininya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Maret 2011

Catatan :
Akar kebajikan : dapat meyakini dan dapat memahami
Berkah kebajikan : dapat bertekad dan dapat mengamalkan
Jalinan jodoh : dapat bersua dengan Ajaran Sukhavati


前些年我們在湯池小鎮做學習《弟子規》的實驗,那二、三年當中,這個縣周圍有災難,這個地區沒災難。佛給我們說的話是真的。最明顯的就是汶川地震,這非常明顯,震源在四川,山東感到、測到地震,江蘇測到地震,我們這個小縣應當測出來,我們這個小縣測量地震的人說這兒沒有,這個很奇怪。因為從四川到山東,他講一定要通過安徽,安徽這個縣沒有測出地震。這是當地官員告訴我的,他們沒測到,南面江西測都測到。佛說的話相信的人有福了,不過相信非常之難,正像《彌陀經》上所說的,「不可以少善根福德因緣,得生彼國」,你沒有深厚的善根福德,你不可能接受,你不可能相信。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三一集)  2011/3/18  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0331