Sepatah
“Namo Amituofo” ini, bagaimana cara melafalnya supaya efektif? Bodhisattva
Mahasthamaprapta memberitahukan pada kita, “Mengendalikan enam landasan indria,
dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan”, barulah bisa efektif.
Apa
hasilnya? Anda dapat menggugah para Buddha Tathagata, bukan hanya menggugah
Buddha Amitabha, bahkan semua Buddha di sepuluh penjuru juga ikut tergugah,
serupa dengan sinyal yang kita kirimkan dari sini, Mereka langsung menerimanya.
Syaratnya
tak lain adalah mengendalikan enam landasan indria, mengendalikan enam landasan
indria adalah melepaskan segala kemelekatan, minimal saat melafal Amituofo anda
sanggup melepaskan segala kemelekatan, hatimu suci, sehingga mampu mewujudkan
dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan.
Dengan
pikiran suci, yakni tidak ragu, tidak terpencar. Mengendalikan enam landasan
indria adalah bertujuan supaya pikiran tidak terpencar. Melafal
berkesinambungan adalah melafal sambung menyambung tidak terputus, contohnya
melafal setengah jam, 1 jam atau 2 jam lamanya, disesuaikan dengan waktu luang
masing-masing individu.
Minimal
juga harus melafal sepuluh lafalan, Namo Amituofo, Namo Amituofo, Namo
Amituofo, sambung menyambung tak terputus, sepuluh lafalan, dapat menimbulkan
hasil yang tak terbayangkan.
Tetapi
jika dibenakmu mengandung keraguan, setengah percaya setengah tidak, tetapi
anda melafalnya, sambil melafal sambil muncul keraguan, sambil melafal sambil
memikirkan urusan lainnya, maka mustahil lafalanmu bisa efektif, keterampilan rusak
secara keseluruhan.
Ucapan
Bodhisattva Mahasthamaprapta sangatlah bagus, bila keterampilanmu dalam melafal
Amituofo ternyata tidak efektif, maka gunakanlah ucapan beliau sebagai kaca
buat bercermin, barulah anda menyadari di mana letak kesalahanmu.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 Februari 2011
這一句「南無阿彌陀佛」,怎麼念才有效?大勢至菩薩告訴我們,「都攝六根,淨念相繼」,就有效。效果是什麼?你能感動諸佛如來,不但感動阿彌陀佛,十方一切諸佛都能感動,好像我們這個地方信息發過去,他收到了。條件是都攝六根,都攝六根就是放下萬緣,至少在念佛的時候你萬緣放下,你心清淨了,淨念相繼。淨是清淨,用清淨心去念,不懷疑、不夾雜,都攝六根就不會夾雜。相繼,念不能斷,譬如念一個小時、念半個小時、念兩個小時,隨自己定。最少的是十句,十念,南無阿彌陀佛、南無阿彌陀佛、南無阿彌陀佛,接著不中斷,十句,能產生不思議的效果。如果你懷疑,不相信它,半信半疑,你跟著念,念的時候又有雜念進去,又還想別的,這就不行,你念佛的功夫全破壞掉了。大勢至菩薩這個開導非常重要,念佛功夫不得力,你用他的話對照一下,肯定你錯了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二八五集) 2011/2/16
Bentuk-bentuk
pikiran yang begitu banyak, apa yang harus dilakukan? Saya ingin
menghentikannya tetapi tidak bisa, beginilah fenomena umum yang melanda
praktisi pelafal Amituofo.
Lantas
bagaimana caranya meredakan bentuk-bentuk pikiran? Membaca sutra adalah cara
yang bagus, saat membaca sutra, anda harus memusatkan perhatian, begitu anda
sempat berkhayal atau memikirkan hal lainnya, anda pasti akan silap membacanya,
anda akan ketinggalan satu aksara.
Maka itu,
saat membaca sutra, pikiran mesti terfokus, satu aksara demi satu aksara dibaca
dengan jelas dan disadari, satu aksara pun takkan salah dibaca, satu aksara pun
takkan ketinggalan.
Membaca
satu judul sutra dari awal sampai akhir, yang isinya paling pendek, juga butuh
waktu sekitar setengah jam lamanya, sedangkan yang isinya panjang, butuh waktu
sekitar satu atau dua jam lamanya, sangat bagus, dengan demikian anda telah
menfokuskan pikiran selama 1-2 jam.
Cara ini
membantumu mencapai samadhi, sungguh efektif. Masih ada satu cara lainnya, yang
juga membantu para praktisi pemula, dengan cara melafal Amituofo sambil
berhitung.
Saat
menghitung juga jelas dan disadari, tetapi jangan salah paham, bukanlah dengan
melafal Namo Amituofo 1x, lalu Namo Amituofo 2x, lalu Namo Amituofo 3x, ini
sudah salah, lafalan-mu sudah bercampur dengan angka 1,2,3, merusak
keterampilanmu.
Hitungan
itu anda sadari, hitungannya takkan silap, tapi takkan timbul niat pikiran pada
angka-angka tersebut, inilah yang disebut keterampilan, makanya menghitung itu
tidak boleh kepanjangan.
Guru Sesepuh mengajarkan pada kita menghitung angka 1 sampai 10 saja, diingat
dengan jelas, takkan silap menghitung angka 1 sampai 10, lalu ulangi lagi menghitung
angka 1 sampai 10.
Cara ini
sangat menyita perhatian, begitu perhatianmu lari sedikit saja maka anda akan
melakukan kesilapan, sehingga harus menghitung ulang lagi. Minimal juga butuh
1-2 tahun, barulah bentuk-bentuk pikiran akan berkurang.
Hal
begini tidak bisa terburu-buru dan terlampau memaksakan diri untuk
mewujudkannya, insan zaman dulu berkata, “Ingin cepat-cepat berhasil malah
tidak dapat mencapainya”, dengan tergesa-gesa ingin berhasil pasti takkan
terwujud, apa sebabnya?
Suasana
hati yang labil dan mudah tersinggung. Mesti menggunakan hati yang tenang, hati
yang seksama, menghapus tabiat yang labil dan mudah tersinggung.
Untuk menghapus
tabiat yang labil dan mudah tersinggung, maka tak terpisahkan dari hati yang
tulus dan perasaan hormat, baik dalam menangani urusan, memperlakukan orang
lain, makhluk hidup dan benda mati.
Setelah
hati yang tulus dan perasaan hormat muncul ke permukaan, maka tak peduli
keterampilan apapun yang anda gunakan akan sangat mudah efektif, tanpa disertai
ketulusan hati dan perasaan hormat, keterampilan apapun yang digunakan juga
takkan efektif, ini merupakan fakta yang tak terbantahkan. Saya percaya setiap
praktisi juga memiliki pengalaman sedemikian rupa, tak berdaya melampauinya,
ingin sekali berhasil namun apa daya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 Februari 2011
妄念太多怎麼辦?我想把它止,止不住,在現前社會這樣的人是大有人在。什麼方法能把這個念頭止住?讀經是個好辦法,讀經你要專注,你一有妄想、有妄心,你就會念錯,你就會念漏掉。所以,念經的時候心要定,一個字一個字念,清清楚楚,一個字沒有念錯,一個字沒有念漏。念一部經,短的大概半個小時,長的一、二個小時,很好,這就是你收心收了一、二個小時。這種方法是幫助你得定的,很有效。還有一種,也是幫助初學的,用念佛,念佛計數。計數的時候是清清楚楚,但是不是南無阿彌陀佛一,南無阿彌陀佛二,這不行,這就夾雜了,你把一二三四夾雜在裡面,功夫破壞了。那個數清清楚楚,一點沒錯,但是沒有起這個數目字的念頭,這是功夫,當然長了就不行。
所以祖師教我們從一到十,記得清清楚楚,確實沒有錯誤,一到十,然後再從一到十。這個很攝心,你心稍微有一點點亂的時候,馬上就錯掉,錯了從頭再來,用這個方法。總得要一、二年,妄念少了。這樁事情急不得,古人說得好,「欲速則不達」,急著想成就是決定不能成功的,為什麼?心浮氣躁。一定要很冷靜、很細心,把浮躁的習氣統統把它化解掉。這個化解離不開誠敬,真誠恭敬處事待人接物。誠敬心現出來了,無論用什麼樣的功夫都很容易得力,沒有誠敬,怎麼樣修功夫都不得力,這是事實真相。我相信每個同學都遭遇到這種境界,無法突破,很想成就,不能成就。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二八五集) 2011/2/16