Air
adalah zat mineral, dia tidak timbul niat pikiran, tidak membeda-bedakan dan
tidak melekat, tetapi dia bisa memahami niat pikiran manusia, terhadap kondisi
lingkungan luar, dia dapat mengetahui secara keseluruhan, apapun tidak bisa
ditutupi darinya.
Kita
memancarkan niat pikiran yang baik padanya, lihatlah di dalam eksperimen air,
bentuk kristalnya akan indah sekali. Sebaliknya bila kita memancarkan niat
pikiran buruk padanya, membencinya, tidak suka padanya, maka air akan merespon
dengan memperlihatkan bentuk kristal air yang jelek sekali.
Eksperimen
air ini telah dilakukan sebanyak beberapa ratus ribu kali, jawaban yang
diperoleh adalah serupa, tanpa pengecualian, membuktikan bahwa air dapat
melihat, dapat mendengar dan memahami maksud hati manusia.
Kita
hendaknya menyadari bahwa niat pikiran kita yang muncul, ucapan dan tindakan,
bila kita menganggap tidak mungkin ada orang lain yang tahu, maka ini cuma
mengelabui diri sendiri dan orang lain.
Buddha
dan Bodhisattva dapat mengetahuinya, malaikat dan setan juga bisa
mengetahuinya, bukan hanya malaikat dan setan saja, bahkan insan zaman dulu
berkata “Langit mengetahuinya Bumi juga mengetahuinya”, ucapan ini nyata
adanya.
Apa
maksudnya Langit? Fenomena alam. Lantas apa yang dimaksud dengan Bumi? Gunung,
sungai dan daratan; pepohonan, bunga dan rerumputan, semuanya bisa mengetahui
niat pikiranmu.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 7 Maret 2011
水是礦物,它不起心不動念、不分別不執著,可是它懂得人的意思,對於外面環境它完全知道,什麼事都瞞不了它。我們以善心、善的意念對它,你看在實驗當中,它顯出來的結晶非常之美。我們以不善的心對它,討厭它、怨恨它、不喜歡它,它的反應是很難看的圖案。這個實驗做了幾十萬次,得到答案是相同的,沒有例外的,證明水能看、能聽,懂得人的意思。我們就相信,就能相信性德,性德本來具有見聞覺知,見聞覺知是性德,不生不滅,清淨不染,本無動搖。迷了之後它就變質,見聞覺知迷了之後就變成受想行識,受想行識有染污,見聞覺知沒染污。所以,精神現象從哪裡來的?自性裡頭本有的。大乘經上常說,「法外無心,心外無法」,心就是見聞覺知,自性裡本有。我們應當要知道,我們起心動念、言語造作,如果是想別人不知道,那是自欺欺人。佛菩薩知道,鬼神知道,不但鬼神知道,古人有所謂「天知地知」,這個話是真的不是假的。天是什麼?大自然的現象,地是什麼?地是山河大地、樹木花草,它全知道。我們讀《華嚴》,我們讀賢首的《還源觀》,完全明白了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一九集) 2011/3/7 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0319
Selama
ini kita belajar bersama, lihatlah setiap harinya kita belajar ajaran sutra 4
jam lamanya (Master Chin Kung memberi ceramah sehari 4 jam yakni pukul
09.00-11.00 dan 14.00-16.00 yang disiarkan langsung melalui internet).
Selain
mendengar ceramah 4 jam lamanya, setiap hari pula kita memiliki waktu 8 jam
untuk melafal Amituofo, andaikata sehari dapat menggunakan waktu 16 jam lamanya
buat melatih diri, ini merupakan jadwal yang normal.
Jadwal
yang begitu padat, dalam hati menghapus khayalan dan bentuk-bentuk pikiran.
Sutra membantu kita menghapus keraguan menumbuhkan keyakinan, inilah maksudnya.
Hendaknya
menggunakan keyakinan hati yang tulus, hati yang bersyukur, hati yang berbakti,
hati yang bersukacita, hati yang hormat, untuk melafal Amituofo, inilah yang
disebut dengan “Sepatah Amituofo terjalin dengan Buddha Amitabha, lafalan demi
lafalan terjalin dengan Buddha Amitabha”.
Apabila
dalam sehari dapat mempergunakan waktu selama 12 jam guna melafal Amituofo, 4
jam untuk mendengar ceramah, apakah mungkin anda tidak bisa mencapai
KeBuddhaan? Apakah mungkin anda takkan merasakan kebahagiaan? Kami berniat
kelak membangun Perkampungan Amitabha, tujuannya tak lain adalah melakukan
kegiatan serupa ini.
Setelah
sutra ini usai dibahas, kita akan mengulangi lagi dari awal, pengulangan kedua,
makna tersirat yang akan dibahas takkan habis-habisnya, setiap kali
pengulangan, makna yang tersirat tersebut takkan serupa, makin diceramahkan, aroma
Dharma-nya kian kental, perlahan-lahan semakin dekat dengan Alam Sukhavati,
kemudian mencapainya.
Maka
itu praktisi zaman dulu berkata, aroma duniawi tidak sekental aroma Dharma,
perkataan ini nyata adanya. Kebahagiaan yang ada di Alam Dewa maupun Alam
Manusia, takkan sebanding dengan kebahagiaan yang dinikmati oleh praktisi yang
mendalami ajaran sutra dan praktisi yang melafal Amituofo.
Setiap
hari berada bersama Buddha Amitabha, tiap hari berada bersama semua Buddha
Tathagata di sepuluh penjuru, berada bersama dengan para Bodhisattvaya
Mahasattvaya, ini merupakan kebahagiaan terunggul yang tiada taranya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 7 Maret 2011
我們同學大家在一起學習,你看每天我們四個小時在一塊學習經教,我們一起分享。每天能夠有八個小時念佛,一天十六個小時正常功課。功課密集,心裡把妄想雜念都念掉了,經是幫助我們斷疑生信,它這個意思。要以真誠的信心、感恩的心、孝順心、歡喜心、恭敬心來執持這一句名號,那就是「一念相應一念佛,念念相應念念佛」。能一天有十二個小時念佛,四個小時聽經,你能不成佛嗎?你能不歡喜嗎?我們將來建彌陀村,沒有別的,就幹這樁事情。這部經講完了,從頭再講第二遍,意思講不盡,遍遍意思不一樣,愈講愈有味道,慢慢講就接近極樂世界,就進去了。所以古人講,世味哪有法味濃,這話是真的不是假的,天上人間什麼樣的快樂,沒有學習經教、念佛快樂,念出味道出來,欲罷不能。天天跟阿彌陀佛在一起,天天跟十方一切諸佛如來在一起、跟諸大菩薩在一起,世出世間第一樂事。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一九集) 2011/3/7 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0319
Pintu
Dharma tak terhingga adalah untuk menuntun para makhluk yang memiliki akar kebijaksanaan
yang berbeda-beda, tujuan akhirnya pasti adalah melafal Amituofo bertekad
terlahir ke Tanah Suci Sukhavati. Apa alasannya?
Dalam
satu masa kehidupan ini dijamin anda meraih keberhasilan, pintu Dharma lainnya
mewajibkan praktisi-nya melenyapkan kekotoran batin secara tuntas, andaikata
masih tersisa secuil saja kekotoran batin, maka anda tidak bisa berhasil.
Lain
halnya dengan Pintu Dharma Tanah Suci, tidak harus mencabut kekotoran batin
hingga ke akar-akarnya, hal ini tentunya lebih mudah, asalkan mampu menggunakan
sepatah Amituofo untuk meredam kekotoran batin, maka sudah bisa terlahir ke
Alam Sukhavati.
Maka
itu kita harus melafal Amituofo sampai menjadi sebuah kebiasaan yang melekat
pada diri sendiri, kalau sudah terbiasa melafal Amituofo, di dalam hati cuma
ada lafalan Amituofo, maka dengan sendirinya takkan memikirkan kekotoran batin
lagi, takkan menghiraukannya lagi, cuma peduli pada lafalan Amituofo saja,
takkan menghiraukan lagi bentuk pikiran lainnya.
Begitu
niat pikiran bermunculan, tidak masalah, biarkan saja, asalkan tidak
menghiraukannya maka dia akan lenyap dengan sendirinya; hanya peduli pada
lafalan Amituofo saja, setiap niat pikiran yang muncul semuanya adalah
Amituofo, anda telah berhasil.
Dengan
cara sedemikian rupa, setiap orang dapat meraih keberhasilan, tak peduli insan
yang memiliki akar kebijaksanaan tajam, sedang atau tumpul, tak peduli pria,
wanita, tua maupun muda, tak peduli menekuni bidang pekerjaan mana pun juga,
semuanya juga bisa meraih keberhasilan, Pintu Dharma ini sungguh menakjubkan!
Apalagi
“Begitu
melintasi indra pendengaran, selamanya tertanam menjadi benih di gudang
kesadaran”. Maka itu, hendaknya membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati,
mendekatkan diri pada Buddha Amitabha, mendengarkan Dharma yang dibabarkan
olehNya, menerima, meyakini dan mengamalkan sesuai dengan ajaranNya, maka dalam
waktu singkat anda telah mencapai tingkatan Bodhisattva Calon Buddha.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 7 Maret 2011
無量法門是接引無量不同的眾生,最後成就決定是念佛往生淨土。為什麼?在這一生當中,保證你成就,其他法門得斷煩惱,煩惱斷不掉,你就不能成就。淨土這個法門不需要斷煩惱,這就方便太多了,只要把這一句煩惱伏住就能往生。用什麼伏住?用阿彌陀佛。所以我們念阿彌陀佛,阿彌陀佛念熟了,心裡頭只有阿彌陀佛,煩惱自然就不去想它,就不要去理它了,只理會阿彌陀佛,絕不理會任何雜念。念頭起,沒關係,隨它起,不理它自然就沒有了;只照顧阿彌陀佛,念念皆是阿彌陀佛,你就成就了。這個方法,人人都能夠成功,無論賢愚智不肖,無論男女老少,無論哪個行業,全都能成就,這法門妙!又何況一歷耳根,永為道種。所以,應當發願往生,親近阿彌陀佛,聽他老人家講經教學,依教修行,那你很快就證得補處菩薩,補處是等覺菩薩。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一九集) 2011/3/7 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0319