Sabtu, 18 Januari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Maret 2011 (Bgn 4)


Saya selalu menyampaikan supaya praktisi sekalian menaruh Buddha Amitabha di dalam hati, cobalah ditukar, segala sampah batin dipindahkan keluar, lalu Buddha Amitabha dipindahkan ke dalam hati. Beginilah yang disebut sebagai Bodhicitta yang sesungguhnya, melafal Amituofo dengan cara sedemikian rupa, maka tidak ada seorang pun yang takkan terlahir ke Alam Sukhavati.

Lantas apakah kita sekarang juga menaruh Buddha Amitabha di dalam hati? Tidak ada. Bagaimana bisa mengetahuinya? Dari niat pikiranmu yang timbul, dari ucapanmu, sudah bisa diketahui, di hatimu tidak ada Buddha Amitabha, justru sampah batin terlampau banyak.

Kalau begini, sampai kapan keterampilan melafal Amituofo baru bisa efektif? Sulit! Sekarang di dunia ini bencana begitu banyak, masyarakat dunia diliputi kekacauan, anda tidak berniat melafal Amituofo membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, mau ke mana lagi?

Terus terang saja, kita hanya mempunyai dua jalan, yang satunya adalah Alam Sukhavati, yang satunya lagi adalah Neraka Avici. Mungkin anda berkata, “Saya kan tidak melakukan karma buruk, mana mungkin bisa jatuh ke Neraka Avici?”. Belum lagi, anda tidak tahu.

Praktisi non awam tidak menjalankan karirnya yakni berceramah memberi manfaat bagi para makhluk. Meskipun tidak memberi ceramah namun minimal juga harus menjadi pendukung Dharma, masalahnya kedua hal ini juga tidak dipenuhi.

Hal ini menimbulkan kesan buruk bagi khalayak ramai, sehingga meremehkan Buddha Dharma, tidak mempunyai perasaan hormat pada Buddha Dharma. Kewajiban kita namun tidak kita jalani dengan baik.

Andaikata setiap siswa Buddha (Bhiksu, Bhiksuni, Upasaka, Upasika) dapat melakukan hingga serupa dengan mentalitas praktisi zaman dulu, mengamalkan sila dan melatih samadhi (konsentrasi), memberi teladan kepada masyarakat dengan pengamalan nyata, maka masyarakat akan menghormati dan memuji Buddha Dharma, kondisi masyarakat akan stabil, dunia diliputi perdamaian, Buddha Dharma berjaya, barulah tidak bersalah pada Sang Buddha.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Maret 2011


這我常常教人把阿彌陀佛放在心上,換一換,這心裡面拉拉雜雜東西都搬出去,只把阿彌陀佛搬進來。給諸位說,這就是真正的菩提心,那你念佛沒有一個不往生的。

  我們現在心上有沒有阿彌陀佛?沒有。怎麼知道?從你起心動念,你開口說話就知道,你心裡沒有阿彌陀佛,拉雜的東西太多了。這樣念佛功夫得力要到什麼時候?難!現在這個世界災難這麼多,社會這麼亂,你不發心念佛求生淨土,你到哪裡去?要給你說真話,今天我們只有兩條路,一個是極樂世界,一個就是阿鼻地獄。我沒造罪業,我怎麼會墮阿鼻地獄?沒,你不知道。出家人沒有做出家的事業,出家的事業是什麼?弘法利生。不是誠心誠意弘法也要誠心誠意護法,兩個都沒做到,弘護都沒做到,這就是造地獄業了。為什麼?招來社會大眾毀謗佛法,輕視佛法,不尊重佛法。是我們幹出來的,我們做得不好。諸位想想這是不是業?如果佛門弟子做得都像古時候那種的心態、心行,都能夠持戒修定,都能夠給社會大眾做最好的榜樣,社會大眾對佛法恭敬讚歎,社會安定,世界祥和,佛法興旺,這對得起佛陀。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三六集)  2011/3/21  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0336
 



 

Niat pikiran kita baik, maka materi benda akan jadi baik; sebaliknya bila niat pikiran kita jelek, maka materi benda akan jadi buruk. Materi benda yang paling dekat dengan kita adalah tubuh fisik kita.

Apabila niat pikiran kita baik, maka jiwa raga akan sehat, penyakit apapun takkan ada. Sebaliknya niat pikiran buruk maka sel-sel tubuh dan organ dalam tubuh perlahan-lahan akan berubah jadi rusak; gejala penyakit mulai muncul.

Apa penyebab penyakit? Yakni ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, kecurigaan, di dalam Buddha Dharma disebut sebagai Lima Racun, niat pikiran sedemikian rupa menyebabkan fisik yang mulanya sehat, Ayahbunda melahirkan dan memberikan pada kita tubuh yang sehat dan tanpa penyakit, oleh karena semasa kecil, lima racun kita masih sangat minim, jiwa raga masih sehat.

Tetapi seiring pertambahan usia, 30 tahun, 40 tahun, 50 tahun, niat pikiran ini (lima racun) kian lama kian parah saja, sehingga organ dalam tubuh, sel-sel tubuh perlahan-lahan mengalami dampaknya, menjadi mengandung racun. Inilah akar penyakit, sumber dari segala macam penyakit.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Maret 2011


我們念頭善,所有物質現象就善;念頭不善,物質現象就變壞了。我們最親近的物質現象是身體,我們的念頭善,你身心健康,你沒有毛病。如果念頭不善的話,這裡面的細胞器官慢慢它就變質了,變壞了;我們現在講的是他有病,病態出現了。病態的原因是什麼?貪瞋痴慢疑,在佛法裡面這是五毒,這樣的這種心、這種念頭,讓你本來是很健康的身體,父母生下來很健康,一點毛病都沒有,小的時候貪瞋痴慢疑很少,身心健康,長大之後,三十、四十、五十,這個念頭愈來愈嚴重,所以你身體的器官、細胞逐漸就受影響了,變成什麼?變成帶著毒素的。這就是什麼?這就是病根,一切疾病的根源。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三六集)  2011/3/21  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0336



 
 

Buddha Sakyamuni menyebut ketamakan, kebencian dan kedunguan sebagai Tiga Racun. Andaikata terhadap tujuh perasaan emosional (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan) dan lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur), kita dapat bersikap hambar, maka dampak kerusakan yang ditimbulkan virus penyakit pada tubuhmu takkan besar, memang masih ada tapi tidak parah.

Sebaliknya jika terhadap tujuh perasaan emosional dan lima nafsu keinginan, kita begitu memandang berat, yang juga berarti hati serakah itu berat, hati kebencian itu juga berat, maka masalah pun jadi sangat besar. Keangkuhan, mendengki merupakan penyebab penyakit kanker.
`
Niat pikiran terbaik di seluruh alam semesta adalah Amituofo, anda mesti menaruh lafalan Amituofo di dalam hati, maka baik fisik maupun mentalmu takkan ada penyakit apapun, tidak perlu obat, tidak perlu suplemen, tidak perlu! Dengan sendirinya jasmani dan rohani akan sehat, apa alasannya?

Sejak semula anda memang memiliki fisik dan mental yang sehat. Tiga racun ini sejak semula juga tidak ada, jadi bukan bawaan lahir, tetapi kelak di kemudian hari, oleh karena pengaruh lingkungan, sehingga mencemarkan batinmu.

Makanya pendidikan zaman dulu menekankan pada pendidikan kesusilaan dan pendidikan etika moral, terhadap lima racun (ketamakan, kebencian, kedunguan, kesombongan, kecurigaan), perkembangannya akan lebih lamban.

Namun sayangnya pendidikan kesusilaan malah diabaikan dan sekarang diganti dengan pendidikan ala barat yang menekankan pada persaingan. Apa akar sumber dari persaingan? Tak lain adalah keserakahan, kebencian dan kedunguan bukan?

Tanpa keserakahan, kebencian dan kedunguan, manusia takkan saling bersaing. Oleh karena memiliki tiga racun ini, barulah ada konflik antar manusia.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Maret 2011


佛把貪瞋痴稱為三毒。如果對於七情五欲看得淡,這個病毒對你傷害不大,還是有,不大。如果對於七情五欲看得重,也就是貪心重,瞋恚心重,那個麻煩就很大了。傲慢、嫉妒都是你得癌症的原因,因素。阿彌陀佛,我們在這部經裡學了六百多個小時,我們漸漸明白、覺悟了,宇宙之間第一善就是阿彌陀佛,你把阿彌陀佛放在心裡面,你身心什麼毛病都沒有了,不需要醫療、不需要滋補,沒有必要!身心自然健康,為什麼?你本來是健康的。這些三毒煩惱本來沒有,不是你生下來帶來的,不是,本來沒有,是後天被環境、被習俗染污變成的。所以古時候的教育著重倫理道德,對於這些病毒,貪瞋痴慢疑的病毒,成長比較緩慢。以前這個好的教育丟掉了,現在的教育都學習西方,西方人崇尚競爭。競爭的根源是什麼?還不就是貪瞋痴嗎?人沒有貪瞋痴不會跟人競爭。個個人都貪瞋痴,個個人就對立了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三六集)  2011/3/21  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0336