Aliran
Sukhavati berkembang di Tiongkok sudah seribu tahun lamanya, selama kurun waktu
seribu tahun, praktisi yang melatih metode Tanah Suci, membangkitkan ketulusan
melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, yang berhasil
meraih keberhasilan itu jumlahnya banyak!
Diperkirakan
minimal juga lebih dari seratus ribu orang, aliran manapun, pintu Dharma
manapun, juga tak sebanding dengan Aliran Sukhavati dalam hal jumlah praktisi yang
meraih keberhasilan, praktisi Aliran Sukhavati terlahir ke Alam Sukhavati
mencapai KeBuddhaan.
Tetapi
kalau sekarang mengajari orang untuk membangkitkan Bodhicitta, menfokuskan diri
melafal Amituofo berkesinambungan, berapa orang yang sanggup melakukannya? Dari
sepuluh ribu orang tidak dapat ditemukan seorang pun.
Orang
zaman dulu memiliki suasana hati labil yang bagaikan riak air, masih merupakan
ombak kecil, sedangkan suasana hati labil orang zaman now adalah bagaikan ombak
ganas, ombak besar, bagaimana dia mampu meredakan-nya?
Lantas
bagaimana? Satu-satunya cara adalah dengan cara menyampaikan ajaran padanya
secara jelas dan dimengerti, supaya dia dapat memahaminya dengan benar.
Menasehatinya
perbanyak mendengar ceramah Dharma, harus menggunakan cara kuno yang digunakan
oleh orang zaman dulu, “Mengulang membaca buku hingga ribuan kali, maknanya
dapat dipahami dengan sendirinya”.
Dengan
cara ini guna meredakan hati yang labil tersebut sehingga perlahan-lahan menjadi
stabil, maka masalah pun jadi gampang diselesaikan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 3 Maret 2011
淨宗在中國有一千年了,這一千年依照這個方法,老實念佛、求生淨土,成就的人不知道有多少!最保守的估計,十萬人以上,哪一個宗派、哪一個法門都比不上淨宗的多,他往生就成就了。可是現在教人發菩提心、一向專念,幾個人能做到?一萬人當中找不到一個。以前的人心浮氣躁,像浪花一樣是微波、小浪,現在人心浮氣躁是巨浪、大浪,他怎麼能夠平息下來?那怎麼辦?唯一的辦法就是把這個事情講清楚、講明白,讓他真正聽懂。要勸他多聽,要用古人這個老辦法,「讀書千遍,其義自見」,用這個方法把那個浮躁的心慢慢的化解,讓他回歸到平靜,問題就好解決了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一三集) 2011/3/3 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0313
Menasehatinya
perbanyak mendengar ceramah Dharma, harus menggunakan cara kuno yang digunakan
oleh orang zaman dulu, “Mengulang membaca buku hingga ribuan kali, maknanya
dapat dipahami dengan sendirinya”.
Dengan
cara ini guna meredakan hati yang labil tersebut sehingga perlahan-lahan menjadi
stabil, maka masalah pun jadi gampang diselesaikan.
Tiga
bekal menuju ke Alam Sukhavati yakni keyakinan, tekad dan pengamalan adalah dibangun
dari landasan ini.
Suasana
hati yang labil, bentuk-bentuk pikiran yang sangat banyak, maka keyakinan,
tekad dan pengamalan jadi sirna. Mengapa demikian? Oleh karena keyakinan, tekad
dan pengamalan merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.
Saya
sudah membangkitkan keyakinan, tetapi saya masih belum berminat terlahir ke
Alam Sukhavati, saya masih belum tertarik untuk melafal Amituofo, kalau begini
mustahil keyakinan itu ada.
Keyakinan,
tekad dan pengamalan adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan, satu adalah
tiga, tiga adalah satu, kurang satu butir saja tidak boleh, jadi harus
sekaligus diwujudkan ketiga-tiganya, barulah disebut sebagai keyakinan benar.
Tanpa
disertai tekad dan pengamalan, maka keyakinan tersebut adalah keyakinan palsu,
bukanlah keyakinan benar.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 3 Maret 2011
要勸他多聽,要用古人這個老辦法,「讀書千遍,其義自見」,用這個方法把那個浮躁的心慢慢的化解,讓他回歸到平靜,問題就好解決了。
信願行都是從這裡建立的。心浮氣躁,妄念很多,信願行全沒有。為什麼?因為信願行是一體的。我信了,我還不想到極樂世界去,我還不想念佛,那沒有信。信願行是一而三,三而一,有一個後頭一定都具足,那是真信。沒有願行是假信,不是真信。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一三集) 2011/3/3 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0313
Bhiksu
Dharmakara sejak membangkitkan niat awal melatih diri sampai mencapai
KeBuddhaan, cobalah direnungkan, bagaimana sikap mentalnya? Di dalam sutra
dikatakan cuma satu kalimat yakni “Semoga semua makhluk mencapai KeBuddhaan”.
Dengan
perkataan lain, telah melupakan diri sendiri, mengerahkan segenap tenaga dan
pikiran guna membantu semua makhluk mencapai KeBuddhaan, cuma untuk sebutir
niat ini saja.
Kita
belajar Ajaran Buddha, apakah juga cuma untuk sebutir niat ini saja? Apabila
cuma untuk sebutir niat ini saja, maka anda sehati dengan Buddha Amitabha.
Kalau
hati ini sudah menyatu, maka segala hal sudah mudah teratasi, pastinya juga
satu tekad, satu kebajikan, satu pengamalan. Jika anda tidak memiliki sebutir
niat tersebut, maka anda takkan satu hati dengan Buddha Amitabha.
Membantu
semua makhluk mencapai KeBuddhaan, di dalam segala Dharma adalah setara, tidak
ada yang lebih tinggi maupun lebih rendah, berapa orang yang sanggup
mewujudkannya?
Hari
ini total populasi dunia adalah 6,5 miliar jiwa, dari jumlah 6,5 miliar jiwa
apakah bisa ditemukan 6 orang? Dari satu miliar jiwa apakah bisa ditemukan satu
orang saja? Mungkin satu orang pun tidak bisa ditemukan.
Tempo
dulu masih ada, mengapa sekarang tidak ada? Tidak ada orang yang mempelajari
ajaran sutra lagi. Umat Buddha itu jumlahnya banyak, tetapi apa yang dimaksud
dengan “Buddha”, mereka tidak tahu.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 3 Maret 2011
法藏菩薩在發心,從發心到成佛,你想想,他是什麼心態?經上講的一句話,我們前面念過,「一切皆成佛」;換句話,沒有自己,全心全力幫助一切眾生皆成佛,就這一念。我們學佛是不是這一念?如果是這一念,你跟阿彌陀佛同心。心要是相同,事情好辦了,肯定同願、同德、同行。你要沒有這一念,跟阿彌陀佛不是一個心。一切皆成佛,在一切法裡是平等的,沒有高下,幾個人能做到?今天世界上人口有六十五億,六十五億人裡頭能不能找到六個人?十億人裡頭能不能找到一個?可能一個都找不到。從前有,現在為什麼沒有了?沒有人學教了。學佛的人很多,什麼是佛不知道。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一三集) 2011/3/3 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0313