Jumat, 06 Desember 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Maret 2011 (Bgn 1)


“Tanah Suci Kediaman Orang Awam dan Insan Suci di Alam Sukhavati, kolamnya mengalir air delapan jasa kebajikan, pohonnya rindang dipenuhi tujuh mustika; Teratai mustika memancarkan cahaya Buddha, memenuhi Negeri Buddha Amitabha; air, burung dan pepohonan mengumandangkan Dharma menakjubkan; para insan berkebajikan tertinggi, memasuki samyaktva-niyatarasi (tidak mundur lagi dari pencapaian KeBuddhaan), selamanya jauh dari segala penderitaan, hanya merasakan kebahagiaan Dharma Mahayana. Beginilah keadaan di Tanah Suci Kediaman Orang Awam dan Insan Suci”.

Sebelumnya telah kita bahas bahwa di alam saha ini juga terdapat istilah tempat kediaman orang awam dan insan suci, terutama pada era sekarang ini, serupa dengan yang diungkapkan di dalam sutra, penuh dengan ketidaksucian, kekeruhan dan kejahatan-nya boleh dikatakan sudah pecah rekor.

Akibatnya masyarakat jadi kacau, Bumi dilanda bencana akibat cuaca ekstrem, para makhluk yang tinggal di permukaan Bumi tidak punya rasa aman, mana mungkin ada yang namanya kebahagiaan? Baik si kaya maupun si miskin, sama-sama merana, apa yang dirasakan hanyalah kesengsaraan, jika dibandingkan dengan para penduduk Alam Sukhavati yang berdiam di tanah suci tingkatan paling rendah yakni “Tanah Suci Kediaman Orang Awam dan Insan Suci”, sama sekali tidak serupa.

“Tanah Suci Kediaman Orang Awam dan Insan Suci” di Alam Sukhavati, “kolamnya mengalir air delapan jasa kebajikan”, ini membahas tentang air di Negeri Buddha Amitabha.

Tak peduli di mana saja, kolam mustika mengalir air delapan jasa kebajikan. Sedangkan air di Planet Bumi ini, persediaan air bersih kian langka, samudra telah tercemar, sungai juga telah tercemar, permukaan tanah sudah tercemar.

Maka itu air yang dipompa keluar sudah tidak jernih lagi, juga memiliki pencemaran yang sangat berat, membawa ancaman keracunan pada semua makhluk, ini sungguh disebut sebagai dunia yang sungguh memprihatinkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Maret 2011

Air Delapan Jasa Kebajikan :


「至於極樂同居,池流八德,樹盈七珍;寶蓮佛光,遍滿國土;水鳥樹林,演說妙法;諸上善人,入正定聚,永離眾苦,唯受大乘法樂。是為同居淨土。」前面我們看到娑婆世界的凡聖同居土,特別是在現前這個時代,確實像經上所講的,充滿不淨,濁惡可以說達到極處。造成社會動亂,地球災變異常,居住在地球上的眾生沒有安全感,哪裡來的樂?富貴貧賤都沒有樂受,所受到的是苦,跟極樂世界同居土對比,完全不相同。極樂世界的同居土,「池流八德」,這是講的水。無論在什麼地方,寶池都是八功德水,八功德前面學過。我們現在地球上的水,乾淨水愈來愈少,海洋被污染,江河被污染,大地被污染了。所以從大地裡面抽出來的水都不清淨,都有嚴重的污染,給一切眾生帶來的毒害,這真正叫悲慘世界。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一五集)  2011/3/4  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0315




 
 
Selanjutnya kita membahas tentang pepohonan di Alam Sukhavati, “Pepohonan rindang dipenuhi tujuh mustika”.

Sementara kita di Planet Bumi ini, bahkan pohon pun diberi pupuk kimia dan pestisida, makanya buah-buahnya tampak lebih gendut daripada tempo dulu, gendut dan cantik-cantik, tetapi ketika dimakan tidak ada rasa dan aromanya, tidak ada lagi rasa khas dan aroma segar seperti buah-buahan tempo dulu.

Sama halnya pula, kita tahu bahwa buah dan sayur zaman now tidak dapat menutrisi fisik manusia. Bahkan beras juga sama, oleh karena air dan kandungan tanah telah tercemar zat beracun, akibatnya tanaman pangan yang dihasilkan jadi bermasalah.

Kenapa penyakit orang sekarang begitu banyak? Orang zaman dulu berkata, penyakit berasal dari makanan yang masuk ke dalam mulut, makanan yang anda konsumsi tidak higienis, air yang anda minum tidak jernih, dari sinilah penyakit berasal.    

Sekarang para ilmuwan mengeluarkan peringatan keras. Seabad yang silam,  Dr.Arnold J. Toynbee (sejarawan Inggris) mengusulkan untuk kembali pada cara bercocok tanam ala tempo dulu, yang alamiah, tidak menggunakan pestisida, tidak memakai pupuk kimia, pernyataan beliau ini sungguh beralasan.

Tetapi orang zaman sekarang demi meraup keuntungan besar, menghalalkan segala cara, asalkan hasil panennya gendut dan sedap dipandang mata, tak peduli lagi apakah barang produksinya bisa mencelakai tubuh manusia atau tidak, yang penting dagangannya bisa laris manis, meraup untung besar, inilah yang lebih penting baginya.

Mengapa bisa demikian? Manusia telah kehilangan hati welas asih, mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, tidak tahu mengasihi orang lain.

Serupa dengan apa yang dikatakan orang Tiongkok zaman dulu sebagai tiap butir niat pikiran yang timbul adalah merugikan orang lain demi menguntungkan diri sendiri, lihatlah betapa mengerikannya pemikiran sedemikian rupa!

Tetapi pola pikir begini malah memenuhi seluruh pelosok Planet Bumi ini, jika tidak segera diperbaiki, penduduk Planet Bumi tidak bersedia kembali ke jalan yang benar, maka ramalan kiamat seperti yang diprediksi oleh orang barat, akan sulit dihindari.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Maret 2011


我們看到這裡,極樂世界的樹,「樹盈七珍」,盈是滿的,滿樹都是珍寶。我們現在因為樹它也用農藥、也用化肥,所以果實看起來好像比從前好看,又大又美,可是吃起來不是味道,沒有從前那種果實的鮮味。同樣一個道理,我們就曉得現在這些花果樹木不養人。乃至於稻米,由於水分、土壤染污了毒素,所以種植出來這些糧食、水果也都有問題。為什麼現在人病那麼多?古人所說病從口入,是你吃的東西不清淨,你飲的水不清淨,病從這兒來的。現在科學家常常提出嚴重的警告。上一個世紀英國湯恩比博士極力提倡恢復過去人工的種植,不用機械化,不用農藥、化肥,有道理,不是沒有道理。可是今天的人為了暴利,不擇手段,只要東西長得又大又好看,對人體有沒有傷害與他無關,他只要成品能夠銷售,賺來高度的利益,他就滿足了。這是什麼原因?人失去愛心,充滿自私自利,不知道愛別人。真是中國古人所謂,起心動念皆是損人利己,你說這個觀念多麼可怕!但是這個觀念充滿整個地球,如果不能加以改正,地球上的居民不能回頭,西方宗教裡面所講的世界末日很可能就不能夠避免。  

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一五集)  2011/3/4  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0315



 
 
“Teratai Mustika memancarkan cahaya Buddha”, Bunga Teratai ini tumbuh di dalam Kolam Mustika, para makhluk di sepuluh penjuru yang terlahir ke Alam Sukhavati akan menjelma melalui Bunga Teratai.

Bunga Teratai ini memperoleh pemberkatan dari tekad Buddha Amitabha, makanya memancarkan cahaya Buddha, “Memenuhi seluruh pelosok Negeri Buddha Amitabha”, Kolam Teratai Tujuh Mustika ini memenuhi Alam Sukhavati, cahaya Buddha juga memenuhi Alam Sukhavati.

“Air, burung dan pepohonan”, suara air mengalir juga sedang mengumandangkan Dharma, saat angin berhembus menyentuh pepohonan mustika, suaranya juga sedang mengumandangkan Dharma.

Pepohonan di Alam Sukhavati adalah pohon mustika, ada yang dibentuk oleh satu jenis mustika saja, ada yang dibentuk oleh dua jenis mustika, ada yang dibentuk oleh aneka mustika, beragam keindahan yang tak habis dipandang mata.

Ketika angin semilir berhembus meniup pepohonan mustika, daunnya saling bersentuhan dan mengeluarkan suara nan indah, bukan saja suaranya yang indah menakjubkan, namun juga sedang “Mengumandangkan Dharma menakjubkan”.

Demikian pula burung-burung di Alam Sukhavati juga sedang mengumandangkan Dharma. Maka itu setibanya di Alam Sukhavati, tak peduli anda berada di sudut manapun juga, apa yang dilihat dan didengar, seluruhnya merupakan Dharma Mahayana nan menakjubkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Maret 2011


「寶蓮佛光」,這是七寶池裡面的蓮花,蓮花是十方眾生往生極樂世界的住處,蓮花化生。蓮花有阿彌陀佛本願加持,所以它有佛光,「遍滿國土」,七寶蓮池遍滿極樂世界,佛光也遍滿極樂世界。「水鳥樹林」,水流的音聲它在說法,樹遇到風聲也在說法。極樂世界的樹都是寶樹,有一寶成就的,有兩寶成就的,有雜寶成就的,美不勝收。風吹著樹林,樹葉與樹葉相碰的時候就像風鈴一樣,不但音聲美妙,它在那裡「演說妙法」。鳥也會唱歌,你細心聽,牠唱的全是經論。所以到極樂世界,無論在什麼地方,你所見到的、所聽到的皆是大乘妙法。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一五集)  2011/3/4  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0315