Mengapa
melafal Amituofo bisa sampai jatuh ke Neraka Avici? Oleh karena dia melafal
Amituofo bercampur dengan niat pikiran jahat, ucapan jahat dan tindakan jahat. Sudah
begitu, masih berharap Buddha Amitabha melindungi dirinya, mana ada hal
segampang begini?
Melanggar
ajaran yang disampaikan oleh Buddha Sakyamuni, menyamar jadi siswa Buddha, dosa
begini amatlah berat, makanya dia melafal Amituofo sampai jatuh ke Neraka
Avici.
Tujuan
dia melafal Amituofo adalah demi mengejar kenikmatan Lima Nafsu Keinginan (harta,
rupa, ketenaran, makanan, tidur) dan Enam Objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan,
bentuk-bentuk pikiran), berharap semoga Buddha dan Bodhisattva mau melindunginya
supaya bisa memperoleh segala kenikmatan duniawi tersebut.
Tak
peduli dia berhasil atau tidak berhasil mendapatkannya, buah akibatnya adalah
Neraka Avici, betapa mengerikannya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 12 Februari 2011
念佛怎麼會念到阿鼻地獄?念佛裡頭夾雜著不善的妄念,念頭不善,言行不善,還求阿彌陀佛來保佑你,哪有這種好事?違背佛陀的教誨,冒充佛的弟子,這個罪過太重,所以他念佛得阿鼻地獄的果報。灌頂大師這篇開示不是很長,很值得我們警惕。他這個墮地獄的業因,他的原文是說,你的目的,念佛的目的,是為五欲六塵,貪戀五欲六塵,五欲是財色名食睡,六塵是色聲香味觸法,為貪戀五欲六塵而念佛,希望佛菩薩保佑他得到。不管他得到不得到,果報是阿鼻地獄,你說多可怕。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二七八集) 2011/2/12
Dia
melafal Amituofo tujuannya supaya dapat terlahir ke Alam Sukhavati menikmati
segala fasilitas dan kesenangan, demi kebahagiaan buat dirinya sendiri, apakah
dia bisa berhasil terlahir di sana? Mustahil.
Alam
Sukhavati memang sempurna akan segala keistimewaan, seperti yang diungkapkan di
dalam sutra, para makhluk setara mencapai
KeBuddhaan, maka itu disebut “tunggal menakjubkan”, jadi tujuannya bukan buat menikmati kesenangan.
Setibanya di Alam Sukhavati, oleh karena di sana
sempurna akan segala keistimewaan, makanya saya merasa betah dan tidak mau
beranjak pergi dari sana, saya mau jadi mahasiswa abadi di Alam Sukhavati.
Orang yang punya pemikiran begini tidak bisa
terlahir ke Alam Sukhavati, oleh karena punya pemikiran yang keliru. Lantas
orang yang bagaimana barulah dapat terlahir di Negeri Buddha Amitabha?
Saya bertekad terlahir ke Alam Sukhavati tujuannya
untuk menuntut ilmu, untuk mencapai KeBuddhaan, setelah meraih gelar Buddha,
menuju ke sepuluh penjuru alam guna menyelamatkan semua makhluk.
Inilah salah satu syarat yang dibutuhkan untuk
terlahir ke Alam Sukhavati, yakni Maha Bodhicitta. Maha Bodhicitta, butir
pertama adalah “Bertekad menyelamatkan para makhluk yang tanpa batas”.
Apabila anda tidak memiliki cita-cita untuk menyelamatkan
para makhluk, maka takkan berpeluang terlahir ke Alam Sukhavati, hal ini mesti
dipahami.
Buddha Amitabha menjemput para praktisi ke Alam
Sukhavati, tujuannya supaya mereka menjadi Buddha, setelah menjadi Buddha pergi
menyelamatkan semua makhluk.
Tidak ada satupun Buddha yang tidak menekuni karir
menyelamatkan para makhluk, juga tidak ada satupun Bodhisattva yang tidak
menggeluti karir menyelamatkan semua makhluk, bahkan atas inisiatif sendiri.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 12 Februari 2011
念佛為自己求生西方世界,生到西方世界離苦得樂,這能往生嗎?不能往生。西方極樂世界真的好,經上講的一點都沒錯,超勝獨妙是讓你去享受去嗎?極樂世界太好了,我去了,再不離開了,錯了,完全搞錯了,這種人不能往生。什麼樣的人能往生?我到極樂世界是去學習的,是去成佛的,成佛之後像佛一樣普度眾生。佛所需要的條件是這個,這叫大菩提心。大菩提心,第一個「眾生無邊誓願度」,你要沒有度眾生這個願,西方極樂世界就沒分,這是大家不能不知道的。阿彌陀佛接引這些眾生到極樂世界去作佛,作佛幹什麼?作佛就是度眾生,沒有一尊佛不度眾生,沒有一尊菩薩不度眾生,而且主動的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二七八集) 2011/2/12