Selasa, 25 Februari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Maret 2011 (Bgn 3)


Seorang praktisi yang bertekad terlahir ke Alam Sukhavati mesti mempersiapkan persyaratan ini, yang merupakan masalah terbesar di depan mata kita, yang paling pokok adalah membangkitkan Bodhicitta memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan.

Jangan lagi memikirkan hal lainnya, pusatkan perhatian melafal Amituofo, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, mendekatkan diri pada Buddha Amitabha, inilah makna dari membangkitkan Bodhicitta memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan.

Dalam melatih diri, Master Lianchi memberitahukan pada kita, metode utama adalah melafal Amituofo, metode pembantu juga adalah melafal Amituofo.

Tak peduli pikiran anda sedang terfokus maupun sedang kalut, menurut Master Shandao, seluruhnya dituangkan saja ke dalam sepatah Amituofo, tujuan akhir kita adalah terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Apa yang kita andalkan guna terlahir ke Alam Sukhavati? Kita mengandalkan sepatah Amituofo ini, memfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan. Satu arah yakni Alam Sukhavati, satu tujuan yakni bersua dengan Buddha Amitabha.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Maret 2011


「其國眾生功德善力」,「其國指極樂世界。諸往生者,發菩提心一向專念,種種正行、助行、定善、散善,求生淨土。」往生的人必須具備的條件,這是我們眼前的大事,頭一個,發菩提心一向專念。不要再想東想西,專想阿彌陀佛,只求往生極樂世界,親近阿彌陀佛,就是這句話的意思,發菩提心一向專念。種種正行,蓮池大師告訴我們,正行就是念佛,助行還是念佛。定善、散善是善導大師在《觀無量壽佛經》裡面所說的,我們統統把它歸到一句佛號,終極的目標是求生淨土。「持萬德圓具之名,入一乘大願之海。」一乘大願之海是形容極樂世界。憑什麼進去?憑萬德圓具之名,就是南無阿彌陀佛一句名號,一心專念。經上講一向,一是一心,向是方向,一個方向,極樂世界,一個目標,見阿彌陀佛。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三四五集)  2011/3/27  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0345


 

 

Apabila bertemu dengan jodoh baik, bolehlah melakukan kebajikan, tetapi harus diperhatikan, jangan sampai perbuatan bajik ini merintangi kita melafal Amituofo, begini barulah betul.

Jika kebajikan tersebut menghalangi kita melafal Amituofo, lebih baik tidak dilakukan. Ingatlah, Guru Sesepuh mengajarkan kita, “Daripada melakukan kebajikan, lebih baik tidak melakukan apapun”.

Melakukan kebajikan jangan sampai menghalangi diri sendiri melafal Amituofo, kebajikan yang dimaksud adalah membantu orang lain supaya menyakini Ajaran Buddha, membantu orang lain belajar Ajaran Buddha, inilah yang disebut sebagai kebajikan.

Kita berupaya supaya lebih banyak orang ikut belajar Ajaran Sukhavati dan terlahir ke Alam Sukhavati, semakin banyak semakin bagus, menyelamatkan para makhluk.

Banyak upaya yang dapat dilakukan guna menyelamatkan para makhluk, sepanjang tidak menghambat kita melafal Amituofo, prinsip ini mesti dipahami, prinsip ini mesti ditaati, tidak boleh dilonggarkan, barulah kita dapat mencapai samadhi pelafalan Amituofo, barulah dapat mencapai pencerahan, barulah seperti yang disebutkan di dalam sutra sebagai memperoleh manfaat yang sesungguhnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Maret 2011



    「如是殊勝功德無量無邊,故其力用實難思議。」極樂世界佛的力用、菩薩的力用、國土的力用,我們都想像不到,不可思議。「修善所得之力用,稱為善力。《淨影疏》曰:依法正修,名為善力。極樂眾生之功德善力均不可思議。」這個地方我們要學,正行是念佛,遇到有緣,有這個善緣,可以多做一點善事,但是做善事不妨礙自己念佛,這就對了;做這善事的時候妨礙了念佛,寧可不做。記住,古來祖師教導我們,「好事不如無事」。做善事絲毫不妨礙念佛,這個善事是我們在幫助別人信佛、幫助別人學佛,這好事情。我們到西方極樂世界去,有這個緣分,多帶一些人去,帶得愈多愈好,普度眾生。接引眾生有無量的方便,一一方便都不妨害我們自己的正行,這個原則一定要懂,這個原則一定要堅持,不能放棄,我們念佛才能夠得念佛三昧,才能覺悟,一般人講開悟,才能像經上講的得真實利益。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三四五集)  2011/3/27  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0345