Rabu, 19 Februari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Maret 2011 (Bgn 2)


Akibat dari tidak memiliki pengendalian diri dan kemalasan, tidak sanggup mempertahankan secuil niat baik diri sendiri, begitu gampangnya tergoda oleh lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur) dari luar diri, begitu digoda langsung kabur mengikutinya.

Orang zaman dulu bilang popularitas tinggi dan keuntungan berlimpah, barulah manusia bisa tergoda, tetapi zaman sekarang baru secuil saja ketenaran dan keuntungan sudah bisa menggoda dan membawamu kabur, apalah artinya dirimu ini?

Saat pertama kali melihat dirinya masih lumayan bagus, memujinya, namun siapa yang bakal menduga, baru secuil ketenaran dan keuntungan terpampang di hadapannya, hatinya langsung berubah, Buddha pun sudah tidak ada lagi di hatinya, menurutmu apakah boleh begini?

Godaan dalam masyarakat masa kini memiliki kekuatan yang dahsyat! Kapankah kita barulah takkan terpengaruh lagi oleh godaan luar? Hal ini mesti mengandalkan keterampilan samadhi-mu (pikiran terfokus), takkan tergoda oleh ketenaran dan keuntungan berarti anda telah memiliki kebijaksanaan.

Selama anda belum memperoleh keterampilan samadhi dan kebijaksanaan, maka anda mesti menjalankan sila secara disipin, dengan keterampilan ini dapat membentengi diri sejenak.

Sedangkan dengan keterampilan samadhi, benteng pertahananmu akan kokoh dan sulit dipatahkan; dengan kebijaksanaan maka segala godaan dapat diurai dan sirna, ini merupakan kondisi batin tertinggi.
 
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Maret 2011

這個就是放逸懈怠,自己那一點善念,那個好心保不住,很容易被外面財色名食睡誘惑,一引誘就跑了。

古人講高名厚利,那個誘惑人,現在小小一點名利就把你誘惑誘跑掉了,你算什麼?最初看他修得真不錯,讚歎他,誇獎他,小小名利放在面前心就變了,佛就沒有了,你說那怎麼行?這個社會誘惑力量多大!什麼時候我們才真正做到不被外面境界誘惑、不被外境干擾?不被外境干擾是你有定功,不被名利誘惑是你有智慧了。定功、智慧沒有得到,那你就是持戒的功夫,你嚴持戒律,能夠抵擋一下。定是很難攻破的,慧就化解了,那是最高的境界。
 

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三四一集)  2011/3/24  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0341





 

Saat kita melafal Amituofo, terutama ketika mengikuti kegiatan Foqi (kegiatan melafal Amituofo selama tujuh hari berturut-turut) lebih mudah menyadari penyakit batin ini.

Waktu melakukan pradaksina (berjalan mengitari ruang kebaktian sambil melafal Amituofo) masih sanggup berkonsentrasi, tetapi ketika kembali ke tempat semula, baru saja duduk sejenak, penyakit kantuk pun segera datang menemani, ini juga merupakan salah satu penyakit batin.

Selanjutnya pikiran pun mulai terbang melayang-layang, terutama ketika memasuki sesi samadhi (sekitar 3 menit lamanya, tujuannya agar umat dapat beristirahat  dan mengambil napas sejenak sambil melafal Amituofo dalam hati). Terutama bagi praktisi yang suasana hatinya labil, tidak sanggup menenangkan pikirannya.

Dua jenis penyakit batin ini umumnya diderita oleh praktisi. Ketika masih menjadi praktisi pemula, kami juga memiliki penyakit batin begini. Saya tidak mengantuk, tetapi pikiran beterbangan, sepertinya ketika sedang tidak melafal Amituofo atau duduk bersamadhi, tidak banyak bentuk-bentuk pikiran, tetapi begitu duduk bersamadhi, bentuk-bentuk pikiran jadi begitu banyak?

Guru memberitahukan pada kami, bentuk-bentuk pikiranmu memang begitu banyak, cuma selama ini kamu tidak menyadarinya, sekarang kamu disuruh duduk menenangkan pikiran, barulah menemukan ternyata bentuk-bentuk pikiran ada banyak sekali, jadi bukanlah berarti karena duduk menenangkan pikiran, barulah ada begitu banyak bentuk-bentuk pikiran, tetapi bentuk-bentuk pikiran itu memang ada begitu banyak, cuma selama ini tidak menyadarinya.

Fenomena begini tidak perlu ditakuti, hal ini adalah normal, yang penting anda jangan menghiraukannya, tetap fokuskan pikiran pada melafal Amituofo berkesinambungan.

Asalkan anda tidak menghiraukannya, maka bentuk-bentuk pikiran akan reda dengan sendirinya. Pusatkan perhatian pada lafalan Amituofo, maka pikiran pun akan semakin jernih, ini merupakan keterampilan dari samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan), jadi mesti menggunakan samadhi (pikiran terfokus) guna mengatasinya.

Dalam mengikuti kebaktian bersama, saat kantuk menyerang dan anda sulit duduk melafal Amituofo, maka anda boleh menuju ke bagian belakang ruang baktisala, lalu melakukan cavkramana (berjalan pelan sambil melafal Amituofo di dalam hati), guna mengusir rasa kantuk.

Cara lainnya adalah melakukan namaskara pada Buddha, boleh bernamaskara hingga 200-300 kali, rasa kantuk pasti akan kabur, semangat pun pulih kembali.  

Rintangan apapun yang muncul pasti ada solusinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Maret 2011


下面,「若浮掉馳騁,散亂不定,當用禪定而對治之。」這是在用功的時候,我們念佛如果是打佛七就很容易發現,念佛堂繞佛的時候還勉強,止靜的時候,坐下來沒幾分鐘,他打呼睡著了,這叫昏沉,這是一個毛病;另外一種毛病,在止靜的時候,一坐下妄念紛飛,這叫掉舉。浮就是講心浮氣躁,他心安不下來、定不下來。這兩種毛病常有。我們在初學的時候也曾經有過,我昏沉的現象沒有,掉舉的現象有,好像沒念佛、沒有止靜的時候,心很安靜,沒事,怎麼一坐下來妄念那麼多?老師告訴我們,你妄念本來就是那麼多,你沒有發現,你現在想定下來,才發現這麼多,不是說坐下來才會有這個,不是的,是原本就這麼多,沒發現。這種現象不要害怕,正常的,你不要理會就好,認真的這一句佛號繼續念下去,把精神集中在佛號上,不要理會這些妄念。妄念不理會它,自然就沒有了。佛號你特別注意它,集中在上面,佛號就愈來愈清淨,這是定慧的功夫,所以要用禪定來對治。

昏沉的時候精神提不起來,別人在止靜坐著,你可以起來在後面去經行,這不至於昏沉。另外一個方法,到佛前去拜佛,你拜上兩百拜、三百拜,昏沉把它拜走了,你的精神可以恢復。事上出的毛病,有事上的方法來解決,理上出來的毛病,那是用理來解決它。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三四一集)  2011/3/24  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0341


 

 

Saya belajarnya lebih banyak daripada dirinya, saya juga belajarnya lebih luas daripada dirinya, tetapi hal ini tidak ada gunanya, tidak bisa mengakhiri samsara, tidak dapat keluar dari Triloka (Kamaloka, Rupaloka, Arupaloka).

Melafal Amituofo barulah bisa mengakhiri samsara dan keluar dari Triloka, tetapi melafal Amituofo juga mesti melepaskan hal ini (kaya pengetahuan), kalau tidak melepaskannya maka hal ini akan menjadi rintangan pengetahuan, yang akan menghalangi upayamu terlahir ke Alam Sukhavati.

Syarat terlahir ke Alam Sukhavati adalah kesucian hati, bukanlah seberapa banyak pengetahuan yang anda kuasai, tidak ada kaitannya dengan hal begini.

Apabila ada kaitannya dan berguna, maka para ilmuwan sudah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati dan mencapai KeBuddhaan.

Pemahaman dan pengamalan adalah dua hal yang berbeda, dapat memahami tetapi tidak dapat mengamalkannya, maka takkan ada gunanya; sebaliknya dapat mengamalkan tetapi tidak dapat memahaminya, begini masih berguna!

Mengamalkan adalah melepaskan kemelekatan, benar-benar sanggup melepaskan barulah bisa efektif.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Maret 2011


我學得比他多,學得比他廣,但是這個東西不管用,不能了生死,不能出三界。念佛還行,但是念佛也要把這個東西放下,這個東西放不下的話叫所知障,它會干擾我往生。往生的條件是清淨心,不是說你知道的東西多少,與那個不相干。那個東西要相干、管用的話,科學家都可以往生、都可以成佛了,科學家他知道!聲聞、緣覺所知道的,不如科學家、不如哲學家。這個要懂得,解跟行兩樁事,能解不能行沒用處,能行不能解管用!行就是放下,真能放下,它就真管用。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三四一集)  2011/3/24  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0341