Rabu, 20 November 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Maret 2011 (Bgn 11)


Kuncinya adalah “Hati suci alam pun jadi suci”, kita harus menggenggam erat kalimat ini, maka kita pasti terlahir ke Alam Sukhavati. Mengapa ada praktisi pelafal Amituofo saat menjelang ajalnya gagal terlahir ke Alam Sukhavati? Hatinya tidak suci, makanya tidak terjalin dengan Tanah Suci.

Mengapa tidak suci? Tidak sanggup melepaskan kemelekatan, masih banyak hal yang dikhawatirkannya. Satu hal saja tidak sanggup dilepaskan, maka hal ini akan merintangi upayamu terlahir ke Alam Sukhavati.

Praktisi yang ingin dalam satu masa kehidupan ini terlahir ke Alam Sukhavati, praktisi sekalian mesti ingat baik-baik, hendaknya melepaskan segala kemelekatan.

Jalinan kasih mesti dilepaskan, demikian pula ikatan permusuhan juga harus dilepaskan, apalagi harta benda duniawi tidak perlu dibahas lagi, anda patut mengetahui bahwa tidak ada satupun yang bisa dibawa pergi.

Apa yang anda sukai telah tersedia di Alam Sukhavati, tidak usah anda risaukan. Asalkan di hati cuma ada sepatah Amituofo, satu judul sutra “Sutra Usia Tanpa Batas”, segala hal lainnya dilepaskan, jangan lagi melekat padanya.

Kalau masih tertarik pada metode lainnya, sampai di Alam Sukhavati nanti barulah dipelajari. Setibanya di Alam Sukhavati, semuanya memiliki usia tanpa batas, punya banyak waktu buat belajar.

Lagi pula jika anda bersikeras belajar di dunia fana ini, sulit bertemu dengan seorang guru yang dapat membimbing dirimu, lain halnya bila anda terlahir ke Alam Sukhavati, setiap hari anda berguru dengan semua Buddha Tathagata di sepuluh penjuru, seluruh pintu Dharma dapat anda kuasai dengan sendirinya.

Maka itu belajar dan melatih metode apapun di Alam Sukhavati terjamin keamanannya (takkan ada fenomena menyimpang), sedangkan di dunia fana ini, hanya akan menghabiskan waktu secara sia-sia, memboroskan tenaga dan waktu tanpa arah dan tujuan yang jelas, sehingga menunda kesempatan terlahir ke Alam Sukhavati.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Maret 2011


關鍵就是「隨其心淨則佛土淨」,我們把這句話要抓到,我們就決定得生。念佛臨終為什麼不能往生?心不清淨,與淨土不相應。為什麼不清淨?沒放下,還有牽腸掛肚的事情沒放下。一樁事情放不下,就障礙你往生。真正想在這一生往生的人,同學們,你要記住,徹底放下。恩愛要放下,怨恨要放下,其他身外之物那就不必講了,你要知道,沒有一樣東西你能帶得去的。你所喜歡的東西極樂世界全有,用不著帶去,實在講你也帶不去。真想去的,心地很單純,就是一句阿彌陀佛、一部《無量壽經》,其他的統統放下,不要再搞了。如果想學其他法門,到極樂世界再學不遲。到極樂世界大家是無量壽,有的是時間。而且你在此地學,你找不到一個好的老師教導你,你到極樂世界去,你有能力每一天親近十方一切諸佛如來,這些諸佛如來在因地他所修學的法門不一樣,你可以找你喜歡的佛菩薩教導你喜歡的那些法門。所以到極樂世界去學習穩穩當當,在這個地方學習浪費時間、浪費精神,而且學不好,把往生耽誤掉了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一0集)  2011/3/1  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0310