Senin, 28 Oktober 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Februari 2011 (Bgn 1)


Ajaran para Buddha adalah sama. Mengapa Buddha Sakyamuni mengungkapkan bahwa selama kurun waktu 49 tahun membabarkan Dharma, sesungguhnya Beliau tidak mengucapkan sepatah kata Dharma apapun?

Oleh karena apa yang disampaikan oleh Buddha Sakyamuni adalah sama dengan apa yang disampaikan oleh para Buddha terdahulu. Baik ajaran yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni maupun ajaran yang dibabarkan oleh para Buddha masa lampau, juga mengalir keluar dari jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan).

Maka itu ajaran yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni adalah sama dengan ajaran para Buddha masa lampau, tidak bertambah juga tidak berkurang.

Demikian pula kelak ketika kita menemukan kembali jiwa sejati, maka apa yang kita sampaikan juga takkan berbeda dengan apa yang telah disampaikan oleh Buddha Sakyamuni dan para Buddha terdahulu.

Maka itu terhadap metode atau cara yang disampaikan oleh Guru Sesepuh kepada kita, kita dapat meyakini, menerima dan mengamalkannya, inilah yang disebut sebagai insan berpahala besar, yang tidak memiliki keraguan sama sekali.

Orang yang diliputi keraguan akan timbul banyak pertanyaan, orang begini kalau belajar pasti akan sulit sekali dikasih penjelasan. Mengapa demikian? Dia sulit berkonsentrasi, makanya tidak dapat mencapai samadhi.

Oleh karena seorang praktisi mesti mencapai samadhi barulah terbuka kebijaksanaannya, mencapai pencerahan agung.

Kebalikan dari samadhi (pikiran terfokus) adalah suasana hati yang labil dan mudah tersinggung, khayalan atau bentuk-bentuk pikirannya banyak sekali, opini-nya juga banyak, merasa diri sendiri lebih pintar, di sinilah letak permasalahannya.

Bertahun-tahun sudah kita melatih diri namun masih tidak tampak hasilnya, sumber penyakit batin kita terletak di sini, namun diri sendiri masih juga tidak menyadarinya, sehingga kesalahan yang dilakukan kian mendalam, sepanjang hayat tidak dapat mencapai kemajuan batin.

Sepanjang hidup berdaya upaya, namun apa yang diperoleh cuma pengetahuan semata, bukannya kebijaksanaan, oleh karena kekotoran batin dan tabiat masih awet seperti dulu.

Prajna (kebijaksanaan) adalah diperoleh dari samadhi (konsentrasi), tanpa melatih samadhi maka mustahil dapat mengembangkan kebijaksanaan. Oleh karena taat sila makanya mencapai samadhi dan terbukanya kebijaksanaan.

Kebijaksanaan itu berasal dari samadhi, jadi bukan berasal dari belajar beraneka ragam, apabila anda bersedia menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma, maka kebijaksanaan pun terbuka.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Februari 2011


佛佛道同,為什麼釋迦牟尼佛說了四十九年沒說過一個字?他所說的全是古佛所說的,古佛是什麼?自性流露出來的。古佛也是自性流露出來的,他也是自性流露出來的,他跟古佛無二無別、不增不減。如果我們見性了,我們跟他也是無二無別,我們也可以說我們一生一個字都沒說,全是釋迦牟尼佛說的,跟他一樣,沒有兩樣。這才叫真正到家,沒到家不知道,到家才曉得事實真相。

  所以佛、祖師教我們這些方法,我們能夠信、能夠依教奉行,這個人叫大福報的人,他沒有懷疑。要是懷疑,對他提出問題來質問,這種人學道非常非常困難。為什麼?三昧常寂他得不到,必須通過三昧常寂才能大徹大悟。三昧常寂的反面就是心浮氣躁,妄想多、意見多,自以為聰明,麻煩出在這裡。我們修學多年不能成就,毛病出在這個地方自己不知道,所以那就一錯到底,一生不會有成就。一生再勤苦,你所得到、所成就的是什麼?知識,不是智慧,因為你煩惱習氣在。智慧從三昧當中得來,沒有三昧,智慧不會現前,這是佛菩薩告訴我們的,因戒得定,因定開慧。智慧是從定開的,不是學很多東西開的,你能放下,什麼都不學,智慧也開了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二九七集)  2011/2/22  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0297

 


 

Dharma yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni selama 49 tahun adalah mengalir keluar dari jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan), yakni Prajna (kebijaksanaan) yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati.

Asalkan anda berhasil menemukan kembali jiwa sejati, maka bukan saja dapat memahami sutra yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni, bahkan juga sutra yang dibabarkan oleh semua Buddha di sepuluh penjuru dari tiga masa, tidak ada satupun yang tidak mampu anda pahami, tidak ada yang tidak dapat anda kuasai, meskipun sebelumnya tidak pernah dipelajari.

Di dalam Ajaran Buddha terdapat 84 ribu pintu Dharma, namun tujuannya cuma satu yakni menemukan kembali jiwa sejati. Tak terkecuali Pintu Dharma Tanah Suci, juga menetapkan tujuannya untuk menemukan kembali jiwa sejati yakni terlahir ke Alam Sukhavati.

Ada dua tahapan yang dilewati oleh praktisi Aliran Sukhavati guna menemukan kembali jiwa sejati yakni yang pertama adalah terlahir ke Alam Sukhavati bersua dengan Buddha Amitabha. Yang kedua adalah Buddha Amitabha akan membimbingmu melatih diri guna menemukan kembali jiwa sejati.

Tanpa menemukan kembali jiwa sejati maka sia-sia saja anda belajar Ajaran Buddha, anda masih saja merupakan orang awam, tidak dapat melampaui Dasa Dharmadhatu (Sepuluh Alam Dharma).

Dengan menemukan kembali jiwa sejati barulah dapat melampaui Dasa Dharmadhatu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Februari 2011

Dasa Dharmadhatu :


釋迦佛四十九年所說的是自性流出來的,就是自性裡面的般若智慧。只要你見性,不但是釋迦牟尼佛,十方三世一切諸佛所說的經論,你沒有一樣不明瞭、沒有一樣不通達,這個東西不必學。所以佛家的教學,八萬四千法門,許多宗派,都是以明心見性為修學的目標。淨土宗不例外,淨土宗明心見性是到極樂世界,它把它分成兩段,第一段叫你到極樂世界去見阿彌陀佛,第二段是阿彌陀佛幫助你明心見性。沒有明心見性,你白學了,你是凡夫,充其量出不了十法界,明心見性才能出十法界。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二九七集)  2011/2/22  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0297

 


 

Mengapa kita belajar sulit meraih keberhasilan? Oleh karena kita hobi mempelajari nama dan istilah, membeda-bedakan dan melekat pada nama dan istilah, tidak sanggup melepaskan kemelekatan padanya.

Setelah berhasil melepaskan kemelekatan pada nama dan istilah, barulah anda dapat menguasainya, barulah anda mampu menguraikan dengan jelas makna dari nama dan istilah tersebut.

Sebelum mencapai pencerahan, hendaknya mengamati bagaimana penjelasan yang ditulis oleh para Guru Sesepuh dan praktisi senior zaman dulu, menuruti penjelasan yang ditulis mereka, untuk memberi ceramah. Hal ini mesti ditanggapi dengan penuh hati-hati, mengapa demikian? Takutnya menyampaikan ceramah dengan keliru, jika salah menjelaskannya, maka harus menanggung beban karma.

Belajar itu harus dimulai dari sebutir hati hormat, maka itu sebelum belajar Buddha Dharma hendaknya “Menghormati Tri Ratna, menghormati guru, tidak memiliki hati munafik”, inilah syarat dasar bagi kita untuk memulai belajar Dharma.

Landasan untuk menghormati Tri Ratna adalah berbakti pada Ayahbunda, andaikata Ayahbunda saja tidak dihormati, lantas dari mana bisa muncul perasaan hormat pada Tri Ratna?

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Februari 2011


「絕名相於常寂之津」,我們的學習難就難在這個地方,天天在學名相,在分別執著名相,沒有把名相放下;放下你就真通達,名相裡的真實義你才能講得清楚、講得明白。沒有開悟,那要看看古人怎麼講的,照著人家註解來講。這個要小心謹慎,為什麼?怕講錯,講錯了自己要負因果責任。

學習要從恭敬當中學,所以在這個之前,「恭敬三寶,奉事師長,無有虛偽諂曲之心」,那是我們學法基本的條件。恭敬三寶的基礎是孝養父母,如果不孝父母,恭敬心從哪裡來?

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二九七集)  2011/2/22  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0297