Rabu, 30 Oktober 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Februari 2011 (Bgn 3)


Jika pernah melakukan kesalahan, janganlah takut, hendaknya tahu bertobat dan kembali ke jalan yang benar. Ketika saya masih menjadi praktisi pemula, Master Zhangjia mengajarkan padaku, bertobat itu bukanlah menekankan pada ritual, tetapi pertobatan yang sesungguhnya adalah tidak mengulangi melakukannya lagi.  

Saya menyadari kesalahanku, maka itu memperbaiki diri dan kembali ke jalan yang benar, inilah yang dimaksud dengan pertobatan yang sesungguhnya.

Saya tidak berbakti pada Ayahbunda, kini saya menyadari kesalahanku, walaupun Ayahbunda telah tiada, namun dalam hati takkan melupakan mereka, saya akan tekun melatih diri lalu melimpahkan jasa kebajikan ini kepada Ayahbunda.

Demi menyelamatkan Ayahbunda, saya mesti melafal Amituofo dengan kesungguhan hati, membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati. Setelah saya berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, maka saya memiliki kemampuan untuk mengetahui Ayahbunda berada di alam mana, saya dapat melihat dan mengetahui keadaan mereka, juga memiliki kemampuan untuk menolong mereka, inilah bakti pada Ayahbunda.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Februari 2011


做錯事情不怕,要知道懺悔,要知道回頭。懺悔,我初學佛的時候,章嘉大師教我,懺悔不是形式,真正的懺悔是後不再造。我知道我做錯了,我把我的錯誤改正過來,這叫真懺悔。我不孝父母,我改過來,真的孝順父母。父母不在了,心裡頭真有,念念不捨,自己修行的功德迴向給父母。為了度父母,我要認真念佛,求生淨土。我生到淨土之後,父母在任何一道,我都能看到,我都能收到信息,我有能力去幫助他,這是孝養父母。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二九九集)  2011/2/23  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0299




 
 
Banyak orang yang salah paham, mengira bahwa dunia sedang berada dalam ancaman krisis, makanya beramai-ramai menyelenggarakan upacara ritual, membaca sutra dan bernamaskara memohon perlindungan dari Buddha dan Bodhisattva, Ajaran Buddha telah berubah jadi kepercayaan takhayul.

Buddha Sakyamuni telah mengungkapkan dengan jelas bahwa “Segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran”, Sang Buddha juga tidak pernah bilang kalau melihat ada ancaman bencana, maka kalian beramai-ramailah melakukan namaskara dan bakar dupa memohon keselamatan, usai itu Buddha dan Bodhisattva akan melindungi kalian dari bencana. Buddha tidak pernah bilang begini.

Lantas, bagaimana cara yang digunakan Buddha dan Bodhisattva untuk melindungimu? Dengan cara menyampaikan ajaran, menjelaskan kebenaran padamu, dari mana bencana bersumber, bagaimana cara untuk mengurainya.

Hal ini serupa dengan apa yang disampaikan oleh penulis yang bernama Gregg Braden, yang menasehati manusia supaya menghapus kejahatan dan memupuk kebajikan, menjauhi kesesatan dan kembali pada kebenaran, meluruskan niat pikiran, apa alasannya? Kondisi berubah menuruti perubahan niat pikiran.

Apabila hati manusia telah menjadi baik, maka bencana alam takkan ada lagi, lingkungan alam akan ikut berubah jadi baik. Demikian pula dengan tubuh jasmani manusia, juga berubah menuruti perubahan niat pikiran, asalkan niat pikiran jadi baik maka fisik pun ikut jadi baik.

Seseorang yang setiap harinya mengingat dan melafal Amituofo, mengingat “Sutra Usia Tanpa Batas”, bagaimana mungkin tubuh fisiknya berubah jadi rusak? Mana ada aturan begini!

Apabila orang ini tiap hari memikirkan membunuh, mencuri, asusila, berdusta, mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, merugikan orang lain demi menguntungkan diri sendiri, orang begini pasti jatuh sakit. Ketika diperiksa ke dokter, pasti ada penyakitnya. Mengapa demikian?

Wajah merupakan cerminan hati, kondisi berubah menuruti perubahan hati dan pikiran, cara ini sesuai dengan cara yang dikemukakan para ilmuwan masa kini, jadi bukan takhayul.

Yang dimaksud dengan takhayul adalah doa ritual, adakah manfaatnya? Tentu saja ada, tetapi tidak menyelesaikan hingga ke akar permasalahan, sehingga kapan saja bencana atau penyakit masih bisa muncul kembali, oleh karena akarnya masih ada.

Dengan doa ritual hanya dapat meredakan gejala untuk sesaat saja, beberapa hari kemudian penyakit kambuh lagi, oleh karena tidak mengobati akar permasalahannya, yakni niat pikiran yang mesti diluruskan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Februari 2011


後人有很多誤會,認為什麼?國家有災難,我們來做法會,誦經拜佛求佛菩薩保佑,這變成迷信了,真的是迷信。佛講得很清楚,「一切法從心想生」,佛沒有說災難來的時候,你們大家都要拜佛燒香磕頭,佛菩薩保佑你化解災難,沒有說過。佛菩薩用什麼方法保佑你?用教學,把道理講清楚,災難怎麼發生的,如何化解災難,跟科學家布萊登講的意思是一樣的,教你斷惡修善,教你改邪歸正,教你端正心態,為什麼?境隨心轉。我們人心變好了,山河大地災難就沒有了,它就跟著變好。人身體,心好了,身體就好。為什麼?身是境界,身是隨著念頭轉,你念頭善,你身體沒有一樣不善。一個人天天想阿彌陀佛,天天想《無量壽經》,他身體怎麼可能會變壞?哪有這種道理!如果這個人天天想的是殺盜淫妄、是自私自利、是損人利己,這個人肯定有病。你去檢查,他身體一定有病。為什麼?相由心生,境隨心轉,他用這個方法來幫助你解決。這個方法現在大家承認這是科學,符合科學精神,他不是用迷信。迷信這種祈禱祈福,有沒有效?有效,我講過了,治標不治本,臨時可以舒緩一下,不能治本。這個災難輕一點,時間短一點,過幾天你的毛病又發了,沒治本,你的念頭沒轉過來。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二九九集)  2011/2/23  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0299