Apabila anda tidak dapat
memutar kondisi, masih saja menggunakan keserakahan, kebencian, kedunguan,
keangkuhan dalam memperlakukan orang lain dan menangani urusan, maka berkah pun
berubah jadi petaka.
Apa itu berkah? Berkah
ditimbun dari masa kelahiran lampau. Oleh karena pada masa kelahiran sekarang
menikmati berkah, ketika sedang menikmati berkah, niat pikiranmu penuh dengan
keserakahan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, maka sambil menikmati berkah
sambil menciptakan segudang karma buruk.
Setelah berkah habis
dinikmati, maka balasan karma pun muncul ke permukaan, berkah pun berubah jadi
petaka, beginilah aturannya. Hal ini sangat sesuai dengan logika, takkan
keliru, kita tidak boleh tidak memahaminya.
Orang zaman dulu berkata,
menderita kerugian adalah berkah, sulit untuk pura-pura berlagak bodoh (lugu),
siapa yang hendak berlagak bodoh? Orang pintar.
Orang lugu itu
sesungguhnya merupakan orang pintar maksimal, dengan menggunakan keluguan untuk
menutupi diri sendiri, menyembunyikan bakat sendiri supaya tidak menonjol
keluar, sehingga terhindar dari petaka (dicelakai orang lain).
Insan bijak dan suci zaman
dulu, para Buddha dan Bodhisattva saat menjelma ke dunia, juga menampilkan
teladan terbaik untuk diperlihatkan pada kita semuanya, Maitri Karuna-Nya
hingga sedemikian mendalamnya, merupakan kebijaksanaan sejati, memberi manfaat
yang sesungguhnya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 4 Maret 2011
你要不能轉,還是用貪瞋痴慢的這種心態來待人處世,福也變成禍。福是什麼?過去生中修的福。因為現在享福,享福你的心態是貪瞋痴慢,你在享福裡面就造很多罪業;福享盡了,罪報就現前,福變成禍,就是這麼個道理。這是非常契合邏輯思惟,沒有錯誤,我們不能不懂。古人講的話,吃虧是福,難得糊塗,那個糊塗是什麼?最聰明的人。糊塗正是聰明,聰明到極處了,用糊塗來掩蓋自己,深藏不露,遠離災禍。古聖先賢、諸佛菩薩在示現的時候,都做出最好的榜樣給我們看,這是慈悲到極處,真實智慧、真實利益。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一五集) 2011/3/4 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0315
Keterampilan melatih diri
yang paling minimal, di dalam pintu Buddha sering dikatakan sebagai “Memperlakukan
musuh dan kerabat dengan setara”, ini merupakan keterampilan yang paling
minimal.
Melafal Amituofo, tetapi
masih ada perbedaan, terhadap orang yang menyakiti diriku, masih mendendam,
sebaliknya terhadap orang yang baik padaku, saya merasa berutang budi padanya,
praktisi yang masih memiliki hati perbedaan begini tidak dapat terlahir ke Alam
Sukhavati!
Anda selalu mengingat budi
orang lain, ini merupakan hal yang bagus, oleh karena melekat pada niat
membalas budi, maka anda masih harus bertumimbal lahir lagi, di dalam lingkaran
tumimbal lahir, mungkin akan lahir di Alam Dewa (Surga) atau Alam Manusia, anda
takkan jatuh ke tiga alam rendah, oleh karena niatmu untuk balas budi, anda
tidak sanggup melepaskan kemelekatan atas niat untuk balas budi.
Apakah budi harus dibalas?
Tentu saja. Apakah dendam juga harus dibalas? Tidak boleh. Budi harus dibalas,
tetapi budi harus dibalas dengan hati yang suci, jangan malah ada kemelekatan
pada perasaan, apabila melekat pada perasaan, maka tidak bisa terlahir ke Alam
Sukhavati.
Kalau masih ada kemelekatan
pada perasaan, maka umumnya anda akan bertumimbal lahir ke dalam keluarganya,
menjadi anak cucunya. Oleh karena anda datang untuk balas budi, maka dengan
sendirinya akan menjadi anak cucu yang berbakti, tidak perlu dididik, tetapi
menjadi anak yang sangat pengertian.
Sebaliknya anak yang
datang balas dendam, sejak kecil sudah durhaka, pembangkang, setelah dewasa
akan membuat keluargamu cerai berai. Ada pula yang datang tagih utang dan bayar
utang.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Maret 2011
最低的功夫,佛門常講「怨親平等」,這最起碼的功夫。念佛,得罪我的人還有怨恨,對我好的人還有親情,去不了!是好事,還得搞輪迴,在輪迴裡面大概就是天道、人道,你不會墮三惡道,因為你報恩、報怨的心沒放下。恩要不要報?要報。怨呢?怨不要報。報恩,要用清淨心去報恩,不要有情執,如果有情執,不能往生。有情執多半什麼?多半到他家,又變成他家的兒孫。來投胎,報恩來的,自自然然就是孝子賢孫,不要人教他的,這孩子太好了,他有恩,來報恩的。如果是報怨來的,這小孩是叛逆,不聽話,長大之後一定搞得你家破人亡,來的因不一樣。還有討債、還債的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一五集) 2011/3/4 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0315
“Tanah
Suci Tempat Kediaman Orang Awam dan Insan Suci di Alam Sukhavati, melampaui
sepuluh penjuru, maka itu dikatakan bahwa sisi menakjubkan dari Alam Sukhavati,
yang paling pokok terletak pada Tempat Kediaman Orang Awam dan Insan Suci-nya”.
Kalimat
ini sungguh nyata adanya, bahkan benar secara keseluruhan. Sejak zaman dulu
hingga sekarang, para praktisi senior memuji Alam Sukhavati, tidak ada yang
bukan memuji Tempat Kediaman Orang Awam dan Insan Suci-nya yang sungguh
menakjubkan.
Sungguh
menakjubkan tiada duanya, tidak ada lagi Tempat Kediaman Orang Awam dan Insan
Suci di alam para Buddha lainnya yang dapat menyamai Tempat Kediaman Orang Awam
dan Insan Suci di Alam Sukhavati.
Kita
mengetahui alasannya yakni para penduduk Alam Sukhavati berasal dari sepuluh
penjuru alam yang bermigrasi ke sana, jadi tidak ada penduduk aslinya, para
praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati menjelma melalui Bunga Lotus.
Syarat
dasar yang harus dipenuhi adalah yakin, bertekad dan mengamalkan. “Tidak boleh
kekurangan akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh, barulah dapat
terlahir di Negeri Buddha Amitabha”, jadi masih ada tiga syarat lainnya yakni akar
kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh.
Akar
kebajikan adalah meyakini dan memahami, berkah kebajikan adalah bertekad dan
mengamalkan, akar kebajikan dan berkah kebajikan amatlah penting.
Yang
paling penting adalah hati yang suci, kalau hati tidak suci, dengan
mengandalkan akar kebajikan dan berkah kebajikan juga tidak dapat terlahir ke
Alam Sukhavati, hati suci alam pun jadi suci, inilah benih sebab dari tanah
suci.
Bagaimana
cara menimbun akar kebajikan dan berkah kebajikan? Dengan melafal Amituofo,
melafal Amituofo adalah akar kebajikan, melafal Amituofo juga adalah berkah
kebajikan.
Sepatah
Amituofo telah sempurna akan keyakinan, tekad dan pengamalan, telah sempurna
akan akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh, jasa kebajikan dari
nama Buddha Amitabha sungguh tak terbayangkan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 4 Maret 2011
「極樂世界之同居淨土,超越十方,故常曰極樂之妙,首在同居也」,這句話是真的,完全正確。古今中外佛門這些大德,這些高僧大德們,對極樂世界的讚歎,無不是讚歎它同居之妙。真的是獨妙,沒有任何一個佛國土的凡聖同居土能跟極樂世界相比的。這個裡頭真正原因我們曉得,就是他是移民過去的,他不是當地有生有長,沒有,一個都沒有;極樂世界全是十方世界去移民的,去往生的,蓮花化生。所以它基本的條件,信願行,這三個條件。「不可以少善根福德因緣,得生彼國」,善根、福德、因緣,要具備這三個條件。善根是信解,福德是行願,善根福德重要。最重要的是清淨心,心不清淨,善根福德也不能往生,心淨則佛土淨,這是淨土真因。善根、福德怎麼修法?念佛就是,念佛是善根,念佛也是福德。一句阿彌陀佛全都具足了,具足信願行,具足善根福德因緣,名號功德不可思議。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一五集) 2011/3/4 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0315