Minggu, 15 Desember 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Maret 2011 (Bgn 6)


84 ribu pintu Dharma, Buddha Sakyamuni membabarkan  “Pintu Dharma adalah setara, tidak ada yang lebih tinggi maupun lebih rendah”. Jadi tak peduli terhadap pintu Dharma manapun juga, kita harus bersikap hormat dan memuji, meneladani Sudhana-kumara.

Lihatlah Sudhana-kumara mengunjungi 53 orang kalyanamitra, dimana 53 orang ini mempelajari pintu Dharma yang berbeda, namun Sudhana-kumara tetap menghormati mereka. Apa alasannya? Oleh karena setiap dari mereka telah menemukan kembali jiwa sejati. Pintu Dharma atau metode mana yang dipilih, terlebih dulu mesti mengukur akar kebijaksanaan diri sendiri.

Sudhana-kumara melatih Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, lihatlah kalyamitra pertama yang dia kunjungi, yakni Bhiksu De Yun alias Bhiksu Ji Xiang Yun, metode apa yang dilatihnya? Yakni Pratyutpanna Samadhi, memfokuskan diri melafal Amituofo. Sudhana-kumara berkunjung dan belajar padanya.

Kalyanamitra terakhir yang dikunjungi oleh Sudhana-kumara adalah Bodhisattva Samantabhadra. Lihatlah kalyanamitra pertama mengajarkan padanya metode melafal Amituofo, kalyanamitra terakhir yakni Bodhisattva Samantabhadra dengan Sepuluh Raja TekadNya menuntun semua makhluk pulang ke Alam Sukhavati.

Kalyanamitra di urutan pertama dan terakhir juga mengajarkan metode pelafalan Amituofo, Sudhana-kumara memilih melatih metode pelafalan Amituofo.

51 kalyanamitra lainnya mewakili pintu Dharma lainnya, meskipun berkunjung dan belajar pada mereka, namun Sudhana-kumara tetap memfokuskan diri pada metode pelafalan Amituofo.

Lantas buat apa sibuk berkunjung? Untuk memperkaya gudang ilmu atau “prsthalabdha-jnana”-nya, barulah dia dapat mengajari para makhluk. Para makhluk memiliki akar kebijaksanaan yang berbeda-beda, metode apa yang dia sukai, anda ajarkan padanya, takkan memaksakan kehendak sama sekali. Mengajarinya sampai kondisi batinnya mencapai tahapan tertentu, barulah menuntun mereka pulang ke Tanah Suci Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Maret 2011

Catatan :
Ada 2 jenis kebijaksanaan :
1. Mula-jnana = kebijaksanaan yang diperoleh dari tercapainya samadhi (konsentasi).
2. prstha-labdha-jnana = kebijaksanaan yang diperoleh dari belajar ilmu pengetahuan.


八萬四千法門,佛說「法門平等,無有高下」。所以不管哪個學什麼法門,我們遇到都是恭恭敬敬禮拜讚歎,學善財童子。你看善財童子五十三參,五十三位善知識每個人所學的法門不一樣,善財童子無論見什麼人禮拜讚歎,這是對的,為什麼?它統統都能見性。至於自己學哪個法門,那一定看自己的根性。

善財修念佛法門,你看他參訪第一個善知識,《八十華嚴》裡面德雲比丘,《四十華嚴》裡面吉祥雲比丘是一個人,吉祥就是德的意思,他代表初住菩薩。他修什麼法門?般舟三昧,專念阿彌陀佛。善財童子參訪跟他學習,為他說二十一門念佛法門,二十一是表法的,密宗表法的,表大圓滿。這二十一門展開就包括無量無邊的法門,統統回歸到淨土,妙不可言!看他最後的一個善知識普賢菩薩,你看頭一個老師修念阿彌陀佛般舟三昧,最後一位善知識,普賢菩薩十大願王導歸極樂,你看一頭一尾你就曉得,善財修什麼?他修念佛法門。當中五十一位善知識代表大乘、小乘無量無邊法門,他參訪就統統都知道、統統都明瞭,自己還是老實念佛。為什麼要去參訪?成就後得智,無所不知,他才能教眾生。眾生根性不相同,喜歡什麼就教他什麼,一絲毫不勉強。到他境界提升到一定的層次,統統回歸淨土。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一八集)  2011/3/6  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0318


 

 
 
Para makhluk memiliki akar kebijaksanaan yang berbeda-beda, metode apa yang dia sukai, anda ajarkan padanya, takkan memaksakan kehendak sama sekali. Mengajarinya sampai kondisi batinnya mencapai tahapan tertentu, barulah menuntun mereka pulang ke Tanah Suci Sukhavati.

Lihatlah para praktisi yang melatih pintu Dharma lainnya, setelah mencapai tingkatan Bodhisattva Bhumi pertama, ke mana tempat yang akan dituju nantinya? Mereka akan terlahir ke Alam Avatamsaka.

Sesampainya di Alam Avatamsaka, Bodhisattva Manjusri dan Bodhisattva Samantabhadra akan memimpin mereka ke Alam Sukhavati, barulah mereka menyadari ternyata Alam Sukhavati adalah sedemikian unggulnya.

Buddha Vairocana sendiri juga memuji Alam Sukhavati, tanpa memiliki perasaan sirik, memberi dukungan bagi kedua siswa utamaNya yakni Bodhisattva Manjusri dan Bodhisattva Samantabhadra untuk menuntun semua praktisi ke Alam Sukhavati.

Maka itu Buddha Amitabha diberi gelar oleh semua Buddha sebagai “CahayaNya yang paling terunggul, Rajanya para Buddha”.

Pintu Dharma yang sulit dipercaya namun gampang diamalkan, asalkan anda tahu cara melafal Amituofo dengan benar, maka urusan terlahir ke Alam Sukhavati jadi gampang.

Untuk memahami Ajaran Sukhavati terlampau sulit adanya, terutama makna menakjubkan dari sepatah Amituofo, sungguh merupakan tak terhingga, tanpa batas, tak terhitung, takkan habis-habisnya diungkapkan dengan kata-kata.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Maret 2011


眾生根性不相同,喜歡什麼就教他什麼,一絲毫不勉強。到他境界提升到一定的層次,統統回歸淨土。

你看無量法門修成功的人,證得別教初地菩薩的地位,到哪裡去?全到華藏世界去,到華藏之後,文殊、普賢率領他們到極樂世界,你才知道極樂世界的殊勝。極樂世界毘盧遮那佛讚歎,毘盧遮那佛沒有嫉妒,文殊、普賢是他的大弟子、是他的助教,把這些學生全帶到極樂世界去。所以阿彌陀佛被一切諸佛尊稱為「光中極尊,佛中之王」。知難行易,對極樂世界知道難,往生容易,你會念了往生容易。知太難,特別是這一句名號的奧義,真的是無量無邊無數無盡,意思說不盡的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一八集)  2011/3/6  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0318


 

 

Melafal satu nama Buddha adalah sama dengan melafal nama semua Buddha, melafal nama semua Buddha adalah sama dengan melafal satu nama Buddha. Jadi kalau saya tidak mau melafal Amituofo, saya memilih melafal nama Buddha Sakyamuni, apakah boleh? Boleh.

Melafal nama Buddha yang mana saja juga boleh, tetapi hanya boleh pilih satu saja, asalkan pikiran dapat terfokus pada satu nama Buddha saja, barulah anda dapat menemukan kembali jiwa sejati. Kalau hati bercabang dua atau tiga maka tidak dapat menemukan kembali jiwa sejati, oleh karena perhatianmu telah terpencar.

Melatih diri itu hanya boleh memilih satu metode, lantas kenapa ditekankan mesti melafal Amituofo? Oleh karena dengan melafal Amituofo boleh membawa serta karma terlahir di Alam Sukhavati, sedangkan untuk terlahir di Negeri Buddha lainnya, tidak boleh membawa serta karma ke sana. Maka itu semua Buddha memuji Buddha Amitabha, oleh karena pendatang boleh membawa serta karma ke negeriNya.

Apabila syaratnya tidak boleh membawa karma serta maka akan sulit diwujudkan, kita harus mengeliminasi hingga tuntas semua rintangan karma, kekotoran batin, tabiat sejak kalpa tanpa awal, harus dicabut sampai ke akar-akarnya, barulah anda dapat berhasil.

Sedangkan untuk terlahir ke Negeri Buddha Amitabha, tidak dibutuhkan syarat seberat ini, asalkan dapat mengendalikan kekotoran batin dan tabiat, maka dia takkan efektif, sehingga dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Maret 2011


念一佛就是念一切佛,念一切佛就是念一佛。我要說我不念阿彌陀佛,我念本師釋迦牟尼佛行不行?行。釋迦佛這一佛裡頭含不含攝阿彌陀佛?含攝。圓融的、自在的,念什麼都可以,只要一心稱念你才能見性;二心、三心就不能見性,你的力量分散了。只准許修一個法門。一個法門,為什麼這麼多佛,強調阿彌陀?因為阿彌陀可以帶業,一切諸佛任何一個法門沒有帶業的。所以諸佛讚歎阿彌陀佛,他帶業,別人不帶業。不帶業就難,我們要自己把這無始劫來業障煩惱習氣要消盡,都要斷掉,你才能成就。西方極樂世界不必,只要把業習控制住,它不起作用,就能往生。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一八集)  2011/3/6  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0318