Senin, 26 Agustus 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Januari 2011


Hari ini banyak orang yang bilang saya sedang menggalang dana untuk kegiatan amal, padahal mereka sesungguhnya menyadari bahwa insan suci dan bijak zaman dulu memiliki pendapat yang sama dengan Buddha dan Bodhisattva, juga menganjurkan “Daripada menambah satu masalah lebih baik mengurangi satu masalah, daripada mengurangi satu masalah, lebih baik tidak ada masalah sama sekali”, anda berniat menggalang dana demi berbuat baik, anda sudah keliru!

Jika anda dapat tiap hari melatih diri sesuai ajaran yang tercantum di dalam sutra, melimpahkan jasa kebajikan ke sepuluh penjuru, ini barulah merupakan kebajikan yang wajib dilakukan, kebajikan lainnya bukanlah wajib anda lakukan.

Andaikata ada orang yang mendanakan sejumlah uang kepada dirimu, lalu meminta dirimu untuk melakukan kebajikan, anda merasa kasihan pada dirinya, dia tidak tahu apa yang dimaksud perbuatan baik, maka ini boleh dilakukan.

Bagaimana jalan terbaik? Uang jangan sempat singgah ke tangan, saya hanya mengajari anda bagaimana cara melakukan kebajikan tersebut, anda pergilah melakukannya sendiri.

Mencetak buku sutra merupakan kebajikan, semua orang mengetahuinya, mencetak buku sutra telah mencakup sekaligus Dana materi dan Dharma Dana, buah akibat yang akan diperoleh adalah kekayaan dan kecerdasan serta kebijaksanaan. Satu jenis kebajikan memperoleh sekaligus dua manfaat, bagus.

Kami mencetak Tripitaka, anda mengirim dananya langsung ke perusahaan percetakan, jangan singgah ke rekening pribadiku, jadi saya cuma info ke anda nomor rekening perusahaan percetakan kepada anda, anda sendiri yang berurusan langsung dengan si percetakan.  

Jadi uang tersebut tidak sempat singgah ke tangan kita pribadi, jangan cari masalah yang tidak perlu!

Kalau ingin bangun vihara, renungkan dulu, apa benar vihara yang dibangun nantinya, di dalamnya benar-benar ada praktisi tulen? Apakah di dalamnya nanti ada penceramah orisinal? Apabila umat di dalamnya benar-benar serius melatih diri, maka sudah selayaknya menciptakan berkah bagi orang banyak.

Apabila di dalamnya tidak ada praktisi sejati, maka anda cuma menciptakan karma buruk, para donatur juga sangat kasihan, ikut terseret karena ulahmu. Mengapa demikian? Karena telah membantumu menciptakan karma jelek.

Zaman dulu ketika Ajaran Buddha tersebar sampai ke Negeri Tirai Bambu, vihara dibangun oleh negara. Para kaisar pada era tersebut meyakini Ajaran Buddha, mereka juga ikut belajar Ajaran Buddha, menjadi pendukung Dharma, para praktisi non awam waktu itu tidak keluar menggalang dana.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Januari 2011


今天很多人說,我化緣是做慈善事業、做好事。中國古聖先賢跟佛菩薩沒有兩樣,都主張「多事不如少事,少事不如無事」,你要化緣去做好事,你已經錯了!你天天依教修行,把功德迴向給十方,這就是你應該做的好事,其他的好事不是你做的。有人把錢送給你了,請你做好事,你憐憫他,他不知道什麼叫好事,這個可以做的。最好怎麼樣?錢不要經手,我教你做什麼事情,你去做。印經是個好事,大家都知道的,財施、法施,果報得財富、得聰明智慧,一舉兩得,好事。我們印《大藏經》,你把錢寄給那個書店,寄給印刷廠,不要給我,我把那個印刷廠的銀行號碼告訴你,你自己去寄。不用經手,別去找那個麻煩!建道場,再問問,你建的這個場裡頭真的有道嗎?如果有道,大家真的得福,要沒有道,那你造罪業,那些人也冤枉,也被你牽連了。為什麼?他幫助你造罪業,錯了!佛教當初傳到中國來,道場、寺院、庵堂是國家建的,那個時候帝王信佛、帝王學佛,他們是佛門的護法,出家人沒有到外面去化小緣的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二五二集)  2011/1/25