Selasa, 03 Desember 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2011 (Bgn 10)


Kewibawaan lingkungan Alam Sukhavati, ketika saya masih menjadi praktisi pemula, ada beberapa anggota Sangha yang datang mengajukan pertanyaan ini padaku, Ajaran Buddha menekankan pada “Disiplin sila sebagai guru, menahan derita sebagai guru”, tetapi mengapa di Alam Sukhavati malah di mana-mana terdapat batu permata, bukankah ini namanya menikmati kesenangan? Ini berseberangan dengan Ajaran Buddha.

Di dunia kita sekarang ini, praktisi sejati membangun gubuk di atas gunung, apapun tidak dimiliki, mungkin cuma punya dua stel pakaian cuci ganti, selain itu tidak ada lagi.

Dia tidak memiliki nafsu keinginan, tidak menikmati kesenangan apapun, menjalani hidup dengan bebas, sungguh bahagia.

Kenapa di Alam Sukhavati malah begitu megah? Patut diketahui di dunia fana ini, segala bentuk kemewahan adalah buatan manusia, istana mewah juga merupakan ciptaan manusia.

Lain halnya dengan istana dan graha di Alam Sukhavati, tidak butuh kuli bangunan, tidak butuh arsitek, designer, namun segala sesuatu muncul dengan sendirinya.

Tidak pernah terdengar kalau di Alam Sukhavati ada profesi arsitek, buruh bangunan, tidak pernah terdengar, coba periksa seluruh isi Tripitaka, Buddha Sakyamuni menyampaikan bahwa segala sesuatu di Alam Sukhavati muncul dengan sendirinya, secara alamiah.

Para Dewa penghuni Alam Surga, memiliki pahala yang besar, Buddha Sakyamuni menyampaikan pada kita, Alam Surga tingkat ke-5 dari Kamaloka, yang bernama “Nirmanarati”, apa yang dinikmati oleh para Dewa di Surga Nirmanarati merupakan hasil jelmaan mereka sendiri, apa yang dipikirkan maka benda tersebut akan muncul di hadapannya, tidak perlu diolah lagi.

Ingin tinggal di istana, tinggal dipikirkan saja, istana tersebut langsung muncul di hadapan, saat tidak dibutuhkan, istana akan sirna dengan sendirinya.

Dari surga tingkatan ke-5 di Kamaloka, naik lagi satu tingkat adalah Surga Parinirmita-vasavartin, atau surga tingkatan ke-6 di Kamaloka. Para Dewa di Surga Parinirmita-vasavartin lebih leluasa lagi, tidak perlu menjelma, namun para Dewa di sini tinggal menerima persembahan dari para Dewa Surga Nirmanarati. Jalinan hubungan antar kedua tingkatan Surga ini sangat baik.

Para Dewa di Surga Parinirmita-vasavartin tinggal menerima persembahan, tidak perlu diolah lagi, setiap benda adalah sesuai dengan keinginan hati, inilah yang disebut sebagai kebajikan sejati (kebajikan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati).

Segalanya mengalir secara alamiah dari jiwa sejati, hanya bisa dikatakan sebagai tak terbayangkan, terlampau menakjubkan.

Para Dewa yang berdiam di surga tingkatan ke-5 dan ke-6 saja memiliki kemampuan sedemikian rupa; apalagi para Bodhisattva Alam Sukhavati yang memiliki kemampuan dan pahala yang jauh melampaui para makhluk Surgawi.

Maka itu jika menggunakan khayalan diri sendiri pergi mengukur Alam Sukhavati, maka seluruhnya merupakan kekeliruan.

Semua ini dijelaskan di dalam “Penjelasan Amitabha Sutra” karya Master Lian Chi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2011


極樂世界的依正莊嚴,我初學佛的時候,有些法師提出這個問題給我說,佛家都以持戒為師、以苦為師,為什麼極樂世界到處都是些珍寶,那不是太享受了嗎?跟佛的教誨不相應。我們這個世界,真正修行人在山上搭個小茅蓬,什麼也沒有,大概就是兩套換洗衣服,一無所有。他沒有欲望,沒有任何貪圖享受的,他活得非常自在,非常快樂。為什麼極樂世界那麼樣的華麗?要曉得我們這個世間,一切奢侈華麗是人為的,富麗堂皇的宮殿是人造的。極樂世界不需要人工,沒有人造,也沒有設計,自然的。沒有聽說極樂世界有設計師,有建築的工匠,沒聽說,查遍《大藏經》,世尊四十九年給我們介紹極樂世界,自然的。天人的福報大,我們看到世尊給我們介紹化樂天,欲界第五層天,他們所有一切享受就變化的,自己變化的,想什麼東西,東西就在面前,不需要經營,不需要製造。想居住的宮殿,宮殿在現前,不要它就沒有了。他化自在天就更自在,自己不要變化,化樂天變化之後供養他。這兩層天的關係很好,有人供養,不必自己經營,樣樣都稱你的心意,這是什麼?性德。性德自然的流露,只能說不可思議,太奇妙了。欲界天人,第五天、第六天都能做到;那極樂世界比他們高太多了,比他們的福報也大太多了。所以這是以我們自己平常的妄想,去衡量極樂世界,全都錯了。蓮池大師介紹的極樂,就《疏鈔》裡頭講的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一四集)  2011/3/3  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0314





 

Praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati adalah menjelma melalui Bunga Teratai, begitu sampai di Alam Sukhavati, mereka bukan sejak usia kecil pelan-pelan tumbuh jadi dewasa, namun begitu terlahir ke Alam Sukhavati, mereka telah memiliki rupa yang sama dengan Buddha Amitabha, hal ini tercantum di dalam 48 tekad agung.

Memiliki tubuh fisik yang kokoh, semuanya merupakan tubuh vajra yang takkan rusak, lalu wajahnya sangat rupawan. Lingkungan hunian yang selamanya awet dan takkan berubah-ubah.

Mungkin anda beranggapan kalau lingkungannya tetap awet begini, takkan berubah-ubah, bukankah sangat membosankan? Mana ada daya tariknya lagi?

Sudah diperkenalkan padamu, tapi masih saja tidak punya minat ke sana. Sesungguhnya anda sudah keliru, selamanya takkan muncul dan lenyap, tetapi dia muncul sesuai dengan yang dipikirkan, muncul dari jelmaan, tidak perlu diolah tenaga kerja.

Saya suka tinggal di rumah bertingkat, maka rumah bertingkat langsung muncul di hadapanmu; saya suka tinggal di gubuk, maka gubuk langsung muncul di hadapanmu.

Segala sesuatu muncul sesuai dengan apa yang anda pikirkan, anda suka rumah tapak, maka rumah akan berdiri di atas permukaan tanah. Anda suka istana di atas awan, maka tempat kediaman-mu akan berada di angkasa biru. Segalanya menjelma menuruti apa yang dipikirkan.

Lingkungan hunian-mu juga menuruti apa yang anda pikirkan, segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran.

Lantas apakah di sana masih ada bentuk-bentuk pikiran? Tidak ada lagi, apa alasannya? Anda telah mengubah vijnana (kesadaran) menjadi prajna (kebijaksanaan), sehingga khayalan, perbedaan dan kemelekatan sudah tidak ada lagi, maka itu kemunculan-nya adalah begitu alamiahnya, bersifat alami, sebagaimana mestinya, di sinilah anda dapat menyaksikan kebajikan sejati sungguh tak terbayangkan.

Dengan perkataan lain, arsitek sehebat apapun juga tidak sanggup mendesain istana dan grha di Alam Sukhavati, orang sepintar apapun, baik yang berada di Langit maupun Bumi juga tak berdaya membayang-bayangkannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2011


  感殊勝的果報,這個裡面,生到這個裡面全是化生,像大乘經上給我們介紹的,「身有無量相,相有無量好」,報身。一生到那裡,相就是這樣的,不是說從小孩慢慢長大,不是的。往生到西方極樂世界,到達西方極樂世界的時候,身相跟阿彌陀佛完全相同,這四十八願講的。體質相同,皆是金剛不壞身,這是講體質;相貌,身有無量相、相有無量好;居住的環境一時頓現,永遠是那個樣子。也許你覺得永遠都是這個樣子,這不是很單調嗎?這地方有什麼趣味?跟你介紹你還不想去。其實你錯了,永遠沒有生滅,但是它隨心所欲,它是變化所作,不需要人工。我喜歡住樓房,樓房就現前;我喜歡住茅蓬,茅蓬現前。隨你的意思,你喜歡我的房子在地面上,還有人喜歡我的房子在空中,不要在地面上,變化所作。你生活的環境,隨你自己心的意思,一切法從心想生。可是到那個地方,有沒有心想?沒有了,因為什麼?你已經轉識成智,你的妄想分別執著全沒有了,所以它現出來是自然的,完全自然,法爾如是,你在這個地方看到性德不可思議。換句話說,什麼樣的藝術大師去規劃都畫不出來,天上人間再聰明的人無法想像得出來。極樂世界給我們描繪的是真實法。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一四集)  2011/3/3  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0314