Minggu, 12 Januari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Maret 2011 (Bgn 1)


Mencapai KeBuddhaan merupakan hasil pencapaian tertinggi dari pelatihan diri, orang awam yang dalam satu kelahiran mencapai KeBuddhaan tidaklah gampang, satu-satunya hanya mengandalkan Pintu Dharma Tanah Suci.

Tetapi setelah bertemu dengan Pintu Dharma Tanah Suci, anda mesti serius mempelajari “Sutra Usia Tanpa Batas”, memahami nama dari Buddha Amitabha, menggunakan hati yang tulus untuk melafal namaNya, anda pasti dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Setelah terlahir ke Alam Sukhavati, anda akan menjadi Bodhisattva Avaivartika, walaupun belum mencapai KeBuddhaan, namun sudah serupa dengan mencapai KeBuddhaan.

Setibanya di Alam Sukhavati, anda akan memperoleh semua ini. Kebijaksanaanmu, kemampuan gaib, keterampilan melatih diri, rupa yang bagus, cahaya cemerlang adalah menyerupai Buddha Amitabha, betapa unggulnya buah akibat ini!

Orang yang tidak memiliki akar kebajikan, walaupun Buddha yang datang membabarkan Dharma kepadanya, setelah mendengarnya sepanjang hayat, dia tetap saja tidak bisa memahaminya.

Tiap hari duduk-duduk bersama Buddha dan Bodhisattva, meskipun sudah duduk-duduk seabad lamanya, masih saja tidak memahami, orang tipe begini justru banyak sekali jumlahnya.

Maka itu Buddha menyelamatkan insan yang berjodoh, insan yang berjodoh pastinya bukan dalam satu masa kelahiran ini saja melatih diri, namun selama masa kehidupan demi kehidupan, kalpa demi kalpa, jodoh yang dijalin dengan Buddha Amitabha dan Alam Sukhavati sedemikian mendalamnya, barulah dia gampang tergugah.  

Meskipun memiliki rintangan karma, namun juga tidak dapat menghalanginya, dia dapat tergugah. Ini membuktikan akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh-mu sangat tebal, dalam satu masa kehidupan ini memiliki kesempatan untuk terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Maret 2011


成佛是修行最高的果位,凡夫一生成佛不容易,除了淨宗這個法門之外,可以說任何法門在這一生當中達到這個層次太少了,沒聽說過。一生當中達到阿羅漢的境界還有,達到如來的境界沒有了。可是你要遇到淨土法門,你要真正認識《無量壽經》,明瞭阿彌陀佛的名號,你用真心去念他,你決定得生。生到極樂世界你就作阿惟越致菩薩,雖然沒成佛,等於成佛了。一到極樂世界就得到,這真的中獎了。你的智慧、神通、道力、相好、光明跟阿彌陀佛差不多,很像,這個果報多殊勝!沒有善根的人,佛來給他講,聽一輩子,他都沒聽懂,這是真的,一點都不假。天天跟佛菩薩坐在一起,坐上一百年沒聽懂,這種人大有人在,不是少數。所以,佛度有緣人,有緣人肯定不是這一生修的,多生多劫,生生世世,跟阿彌陀佛、跟西方淨土緣深,他才容易感動。雖有業障,業障障不住他,他被感動了。這證明你的善根福德因緣很厚,這一生往生就有機會,有你的分。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三一集)  2011/3/18  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0331




 

Untuk membangkitkan akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh, dibutuhkan jodoh, jodoh tiap orang tidak sama. Orang yang memiliki rintangan karma yang berat, untuk membangkitkannya tentunya sangat sulit, mengapa demikian?

Butuh melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang, ibarat sebatang kayu yang direndam ke dalam air selama bertahun-tahun sampai airnya meresap ke dalam kayu tersebut, sekarang angkatlah kayu tersebut, cobalah nyalakan sebatang korek api untuk membakarnya, alangkah susahnya!

Lantas bagaimana caranya supaya kayu basah tersebut bisa berapi? Setelah sebatang korek api gagal membakarnya, lalu nyalakan lagi sebatang korek api lainnya, anda harus bersabar, sampai 10 batang korek api, 100 batang, hingga akhirnya kayu basah itu terbakar, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang, tanpa waktu yang panjang tidak bisa menyalakannya.

Saya sendiri merupakan perumpamaan yang bagus, makanya saya memiliki kesan yang mendalam terhadap hal begini. Saya menerima Buddha Dharma tidaklah sulit, ketika Guru Fang (Profesor Fang Dongmei) menjelaskan padaku tentang “Filosofi Sutra Buddha”, saya langsung meyakini Ajaran Buddha. Menghapus segala salah penafsiran-ku yang menganggap Ajaran Buddha adalah kepercayaan takhayul.

Tetapi untuk menerima Pintu Dharma Tanah Suci, setelah belasan tahun belajar Ajaran Buddha barulah saya dapat menerimanya. Sutra menyebutkan bahwa Pintu Dharma ini disebut Dharma yang sulit dipercaya, saya butuh waktu belasan tahun barulah dapat meyakininya, maka itu sungguh tidak mudah!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Maret 2011

Catatan :
Akar kebajikan : dapat meyakini dan dapat memahami
Berkah kebajikan : dapat bertekad dan dapat mengamalkan
Jalinan jodoh : dapat bersua dengan Ajaran Sukhavati


善根福德因緣的啟發那就是緣分,各人的緣分不一樣。業障重的,啟發就非常困難,為什麼?長時期的薰修,就像一根木頭泡在水裡面,泡了很多年,濕透了,你現在把它拿起來,點一根火柴想把它點燃,難!那怎麼能點得燃?這根火柴燒完,再點一根,你要有耐心,點上一萬根、十萬根、一百萬根,它點燃了,長時期的薰修,沒有那麼長的時間點不燃。我自己就是很好的例子,所以我對這個感觸就很深。我接觸佛法是不難,方老師給我講完「佛經哲學」這堂課我就相信了,就真的接受了。把從前那個錯誤觀念,以為佛教是迷信、是宗教這錯誤觀念統統修正過來,真想學。可是對於淨土的接受,我學佛學了十幾年才接受。經上說這個法門叫難信之法,我相信,我接受它都花了十幾年,哪有那麼簡單!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三一集)  2011/3/18  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0331




 

Diantara rekan-rekanku sesama anggota Sangha, sejumlah sahabat lama yang satu angkatan denganku, usia yang hampir sebaya denganku, para Dharma Master senior, yang menguasai Ajaran Buddha, saat bersua kami membahas tentang Ajaran Sukhavati, mereka cuma menggeleng-gelengkan kepala, tak percaya.

Saya bisa memakluminya, oleh karena tempo dulu saya juga begitu, mulanya saya lebih berminat pada sutra besar seperti “Avatamsaka Sutra”, “Sutra Lotus”dan “Surangama Sutra”, sedangkan pada Aliran Tanah Suci, saya tak berdaya menerimanya, bahkan juga tak sudi mendekatinya.

Guruku, Upasaka Li Bing-nan adalah sosok yang memfokuskan diri belajar Pintu Dharma Tanah Suci, beliau adalah murid Master Yin Guang. Sekitar 60 tahun yang silam, Guru Li menyerahkan padaku sebuah buku berjudul “Yin Guang Da Shi Wen Chao” atau Catatan Master Yin Guang.

Setelah usai membacanya, barulah saya tidak menolak dan meremehkan Ajaran Sukhavati lagi, tetapi masih juga enggan mempelajarinya. Sampai akhirnya ketika memberi ceramah “Avatamsaka Sutra”, saya baru menyadari ternyata Bodhisattva Manjusri dan Bodhisattva Samantabhadra juga membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Bahkan Mereka memimpin dan membawa 41 tingkatan Bodhisattva Dharmakaya, menuju ke Alam Sukhavati guna bernamaskara pada Buddha Amitabha, berguru pada Buddha Amitabha. Dengan demikian barulah saya meyakini Ajaran Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Maret 2011

41 tingkatan Bodhisattva Dharmakaya :


我對於很多法師,我們同一輩分的,年齡差不多的一些老朋友,大法師,通宗通教的,我們碰到一起談到淨土,他們都不相信。我能理解,因為我以前也學教的,喜歡《華嚴》、《法華》、《楞嚴》這些大經,興趣非常濃厚,淨土不行,根本不願意接觸。老師是專修淨土的,印光大師的弟子,送我一套《印光大師文鈔》,六十年前,那時候四冊,平裝四冊,正編兩冊,續編兩冊。我讀了,讀了之後對淨土不排斥,不敢輕視了,但是並不想學。我跟同學們說過我皈依淨土的因緣,我講過《楞嚴》,《楞嚴》講了很多遍,講過《法華經》大意,講過《華嚴經》。我在華嚴會上見到文殊、普賢發願求生淨土,看到這兩位菩薩,最令人仰慕的兩位,文殊、普賢,他們率領華藏海會四十一位法身大士,到極樂世界去禮拜阿彌陀佛,依阿彌陀佛為老師,向阿彌陀佛學習,我這才相信。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三三一集)  2011/3/18  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0331