Jumat, 30 Agustus 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Februari 2011 (Bgn 2)



Tahun 1990 saya masih berada di Singapura, jarak antara Pure Land Learning Society dengan “Zhan Pu Yuan” (sejenis museum untuk mengenang jejak Master Yin Guang dan Master Hong Yi) adalah sangat dekat, jalan kaki cuma butuh waktu 3 menit sudah sampai di tujuan.

Tempo dulu tempat tersebut pernah didiami oleh Master Hong Yi, merupakan vihara milik Master Guang Qia yang telah berusia lanjut. Master Guang Qia sangat berjodoh denganku, waktu itu saya sedang memberi ceramah di Singapura, beliau selalu menghadirinya.

Master Guang Qia menceritakan padaku tentang kisah Master Hong Yi ketika menetap di viharanya tersebut, setelah mendengarnya kami begitu terharu.

Master Hong Yi semasa muda belum belajar Ajaran Buddha, maka itu bersikap pongah, merasa tinggi diri, bersikap keras dan tidak dapat memaklumi orang lain.

Ketika masih menuntut ilmu di Jepang, beliau janjian ketemu dengan temannya pukul 8, waktu itu temannya bilang pukul 8 akan datang ke rumahnya. Temannya cuma terlambat 3-4 menit saja, Master Hong Yi sudah berdiri di teras lalu memarahi dan mengusir temannya.

Master Hong Yi benar-benar membuat teman-temannya kewalahan, janjian pukul 8, maka harus hadir pukul 8 tepat, kepagian 1 menit, dia takkan membukakan pintu, terlambat 1 menit dia menyuruhmu pulang saja.

Setelah meninggalkan keduniawian, saat berusia lanjut, Master Hong Yi pernah menetap di vihara Master Guang Qia di Singapura. Saat itu beliau jadi ramah, rendah hati, segala perbedaan dan kemelekatan sudah tidak ada lagi, kekotoran batinnya telah dikikis.

Bagi Master Guang Qia, Master Hong Yi merupakan tamu pentingnya, makanya Master Guang Qia menyuruh dua orang muridnya untuk mengurus segala keperluan Master Hong Yi.

Ternyata kehidupan Master Hong Yi sangat bersahaja, saat makan tiba, ketika hidangan yang disajikan terlalu asin rasanya, Master Hong Yi tetap menikmatinya sambil berkata : Keasinan ada rasa khas asinnya. Ketika hidangan yang disajikan rasanya hambar,  Master Hong Yi tetap menikmatinya sambil berkata : Hambar juga ada rasa khas hambarnya.

Apapun juga diterima beliau tanpa keluhan, tidak memilih sama sekali. Beginilah barulah namanya jasa kebajikan yakni dengan melatih jasa (keterampilan) sehingga memperoleh kebajikan.

Master Hong Yi telah melepaskan (menyingkirkan) segala perbedaan dan kemelekatan yang dimilikinya semasa muda, sikap yang mempersulit diri sendiri dan orang lain, kini tiada lagi, seolah-olah telah berubah menjadi orang lain, sehingga membuat orang lain salut dan menghormati dirinya, suka mendekatkan diri dan belajar padanya, benar-benar mewujudkan menuruti kehendak para makhluk, ikut bersukacita atas kebajikan yang dilakukan orang lain.

Master Guang Qia memberitahukan padaku, selama kurun waktu tinggal di Singapura, kehidupan Master Hong Yi sungguh bersahaja, apa yang dapat dilakukan akan dikerjakannya sendiri, takkan merepotkan orang lain.

Kita tahu bahwa kesehatan Master Hong Yi tidaklah bagus, posturnya kurus dan sakit-sakitan, semasa muda ketika masih belum meninggalkan keduniawian, merupakan orang yang sulit diladeni, setelah belajar Ajaran Buddha, dia berubah drastis.

Kita dapat melihat pada sosok Master Hong Yi, bagaimana beliau melatih jasa (keterampilan) sehingga memperoleh kebajikan, inilah yang disebut sebagai jasa kebajikan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Februari 2011


九0年代我住在新加坡,淨宗學會距離薝葡院很近,走路大概三分鐘就走到了。那個地方早年弘一大師在那裡住過,廣洽老和尚的道場。老和尚跟我很有緣,我在新加坡講經,他常常來聽。告訴我一些弘一大師的故事,我們很受感動。弘一大師年輕的時候沒有學佛,那種傲慢,姿態之高,對人嚴肅,一點都不饒人。在日本留學的時候,跟同學約會八點鐘,到他住的地方來看他,人家遲到三、四分鐘,他站在陽台上把人家臭罵一頓,趕走。約的是八點,就準八點來,早一分鐘不開門,遲到一分鐘也不見你,那麼苛刻。學佛之後,晚年在新加坡的時候,那種柔和、謙虛,什麼分別執著都沒有了,他煩惱磨盡了。他是貴客、貴賓,廣洽法師叫兩個小徒弟照顧他生活,非常隨便,有的時候廣洽法師跟他在一起吃飯,看那個菜太鹹了,他怎麼說,鹹有鹹的味道;那個菜淡了,淡有淡的味道。什麼都能接受,一點也不挑剔了。這是什麼?這是修功有德。他把他年輕那種分別執著全放下了,對自己、對別人那種苛刻的要求全沒有了,完全換了一個人,讓別人看到他對他尊敬,歡喜接近他,真正做到恆順眾生、隨喜功德。廣洽法師告訴我,在新加坡也居住一段時間,生活起居非常簡單,自己能做的事情完全自己做,不麻煩別人。我們知道,弘一大師的身體並不好,人很瘦也多病,年輕時候沒有出家,很難伺候,學佛之後變了。這個講的是「惡盡言功」,修功,「善滿曰德」,我們在弘一大師的身上看到他修功積德。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二六六集)  2011/2/5


 


 

Kini di berbagai belahan dunia terdapat banyak kasus kesurupan, jumlah kasus ini kian meningkat dari tahun ke tahun. Beberapa tahun belakangan ini, para Psikolog mempergunakan metode hipnotis untuk menyembuhkan pasien penderita depresi, dalam proses hipnotis tersebut, ditemukan peristiwa saling mendendam dan saling balas membalas tiada usainya.

Mana boleh berniat mencelakai orang lain, mana boleh menipu orang lain, manalah boleh merebut ketenaran dan keuntungan orang lain. Kehidupan manusia amatlah singkat, orang yang hidup sampai usia 30 tahun saja sudah menemui ajalnya, entah ada berapa banyak jumlahnya.

Orang Tiongkok zaman dulu berkata, “Sejak dulu hingga sekarang orang yang bisa mencapai usia 70 tahun amatlah jarang”, apalagi yang melampaui usia 70 tahun makin langka.

Hari ini kita beranggapan bahwa ilmu pengobatan mengalami kemajuan pesat, sehingga peluang hidup manusia sangatlah besar, tetapi cobalah amati dengan seksama, ilmu kedokteran maju pesat tapi usia manusia jadi pendek, apakah anda percaya?

Seorang pasien yang tadinya masih memiliki harapan hidup, akhirnya menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit. Siapa yang mengatakan hal ini padaku? Dokter Rumah Sakit itu sendiri yang mengatakannya padaku, mengobati pasien hingga menemui ajal.

Dunia ini telah diliputi kekacauan, akar penyebabnya adalah kita telah kehilangan pendidikan kesusilaan. Betapa berharganya pendidikan dan budaya warisan leluhur!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Februari 2011


現在在全世界各地都有這些類似的事情,附身,附身特別多,一年比一年多。在外國這些年來,心理醫生做催眠術,在催眠裡面也發現到冤冤相報真的是沒完沒了。怎麼可以存心去害人,怎麼可以去騙人,怎麼可以去奪別人的名利,這是大錯!大忌諱。人在這個世間壽命很短,不到三十歲就死亡的不知道有多少人。中國古人說得一句話,說得好!「人生七十古來稀」,自古以來能活七十以上的就不多。今天大家以為醫藥發達,人的壽命延長了,你細心去觀察,醫藥發達,人的壽命縮短了,你們相信嗎?生病進醫院,不該死的,不進醫院不會死,進醫院死了。誰告訴我的?醫生告訴我的,醫院醫生告訴我的,把他治死了。

這個世界整個亂了,動亂的根源,迷失自性,丟失了傳統的教育。傳統教育寶貴!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二六六集)  2011/2/5