Apa
yang dimaksud dengan Bodhicitta? Di dalam karyanya yang berjudul “Penjelasan
Amitabha Sutra”, Master Ouyi berkata, membulatkan tekad terlahir ke Alam
Sukhavati, inilah yang disebut sebagai Bodhicitta.
Umumnya
orang mengatakan membangkitkan Bodhicitta, itu adalah palsu, tidak serius
adanya. Apa alasannya? Meskipun punya keinginan terlahir ke Alam Sukhavati,
namun terhadap dunia fana ini masih begitu mendambakannya, tidak sanggup
melepaskannya, makanya tekadnya itu cuma pura-pura saja.
Hendaknya
melepaskan segala kemelekatan di dunia ini, hal yang tidak perlu diketahui,
tidak usah didengar dan dipertanyakan, segalanya biarkan saja berlalu, begini
barulah benar-benar membulatkan tekad, begini barulah efektif, Buddha Amitabha
segera datang menjaga dirimu.
Sebaliknya
bila anda masih memiliki sedikit saja kemelekatan, maka Buddha takkan datang,
meskipun hadir di hadapanmu juga tiada gunanya, anda masih begitu mendambakan
dunia ini, anda masih begitu melekat pada perasaan (suka dan benci).
Kapankah
anda sanggup melepaskan, maka akan terjalin dengan Buddha, yakni sepatah
lafalan Amituofo terjalin dengan Buddha Amitabha. Bila masih ada secuil
kemelekatan yang belum sanggup dilepaskan, bagaimanapun anda berdaya upaya
melafal Amituofo juga takkan ada mukjizatnya, mengapa demikian? Ada halangannya.
Pintu
Dharma ini sangat mudah untuk mencapai KeBuddhaan, praktis, metodenya terlampau
praktis, mudah, tidak sulit sama sekali. Master Shandao mengatakan “Sepuluh
ribu orang yang melatihnya, sepuluh ribu pula yang berhasil terlahir ke Alam
Sukhavati”, kalau tidak melatih maka takkan berhasil.
Maka
itu, apa yang dimaksud dengan Bodhicitta, mesti dipahami dengan jelas.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 14 Maret 2011
什麼叫發菩提心?蕅益大師在《彌陀經要解》上講得太好了,講絕了。真正想往生極樂世界的心就是菩提心,是真的不是假的。一般人講發菩提心,他是假的,他不是真的。為什麼?想到極樂世界,這個地方又放不下,這就是假的。想到西方極樂世界,這兒統統放下了,不聞不問,一切隨它去,那是真的,那個管用,阿彌陀佛他馬上就來照顧你;你還有一絲毫放不下,佛不來,來了沒用處,你還有貪戀,你還有情執。什麼時候放下,跟佛就感應道交,就一念相應。有一絲毫沒放下,怎麼念佛也沒有感應,為什麼?它障礙。這個法門,凡夫成佛是真容易,簡單,方法太簡單了,容易,一點都不難,善導大師講的「萬修萬人去」,不修就不能去。所以,什麼叫菩提心一定得搞清楚。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二三集) 2011/3/14 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0323
Apa
yang dimaksud dengan memfokuskan diri melafal berkesinambungan? Yakni satu arah, Alam Sukhavati
di penjuru barat, tentu saja segala kemelekatan lainnya telah dilepaskan secara
menyeluruh; satu harapan, mendekatkan diri pada Buddha Amitabha, saya berniat
berguru padaNya, belajar padaNya.
Sepanjang
hayatku cuma punya satu tujuan ini saja, satu arah, tekad hati sedemikian rupa
adalah Bodhicitta tertinggi tiada taranya.
Saya
selalu menasehati praktisi sekalian, mesti menempatkan Buddha Amitabha di hati,
benar-benar menaruh lafalan Amituofo di dalam hati, niat pikiran lainnya
singkirkan jauh-jauh.
Sebutir
niat pikiran dan satu tindakan ini merupakan pengamalan diri sendiri sekaligus
menyelamatkan makhluk lainnya, diri sendiri mengamalkan sekaligus menyelamatkan
orang lain, saya menampilkan teladan buat diperlihatkan kepada orang banyak, bagaimana
cara melafal Amituofo secara benar.
Saat
menjelang ajal tiada menderita penyakit apapun, mengetahui terlebih dulu
waktunya terlahir ke Alam Sukhavati, tiada derita sama sekali, pergi dengan
wajah gembira dan penuh sukacita.
Anda
peragakan hal ini buat diperlihatkan kepada orang banyak, mereka pun jadi
membangkitkan keyakinan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 14 Maret 2011
什麼叫一向專念?就是一個方向,西方極樂世界,當然其他全放下了;一個願望,親近阿彌陀佛,我就是想拜他做老師,親近他老人家。我這一生就是這麼一個目標、一個方向,這樣的心願就是無上菩提心。我常常勸導同學,要把阿彌陀佛放在心上,真把阿彌陀佛放在心上,其他念頭就忘掉了,全沒有了。這一念、這種舉動就是自行化他,自行就是化他,我做出榜樣給大家看,佛是怎麼念的。往生的時候沒有病苦,預知時至,說什麼時候走什麼時候就走,一點痛苦都沒有,一點病容都沒有,快快樂樂、歡歡喜喜。你表演這招給人看,大家相信了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二三集) 2011/3/14 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0323
Tekad
itu amatlah penting, lebih penting dari segala-galanya, kita mesti bertekad menjadi
Buddha, semuanya bertekad mencapai KeBuddhaan. Di dalam pembahasan sebelumnya
kita pernah membaca kalimat “Semuanya bertekad mencapai KeBuddhaan”, inilah
hati Buddha Amitabha.
48
butir tekad agung, tiap butirnya adalah demi membantu semua makhluk mencapai
KeBuddhaan, inilah tekad. Kita tidak boleh mengutamakan kepentingan dan
keuntungan pribadi, orang egois tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati.
Setiap
insan yang terlahir ke Alam Sukhavati adalah satu hati dan satu tekad dengan
Buddha Amitabha, barulah bisa terjalin.
Maka
itu kita tidak boleh memiliki niat pikiran yang mengutamakan kepentingan dan
keuntungan pribadi, kita harus serupa dengan Buddha Amitabha, berharap semua
makhluk mencapai KeBuddhaan, membangkitkan tekad membantu semua makhluk supaya
lebih dini mencapai KeBuddhaan.
Ini
adalah sama dengan tekad hati Buddha Amitabha, satu kebajikan dan satu pelaksanaan
dengan Buddha Amitabha, apa yang dimaksud dengan satu kebajikan dan satu
pelaksanaan?
Tekad
kita, hati kita harus memiliki komitmen secara nyata, benar-benar menerapkan
memperlakukan musuh dan kerabat dengan setara. Orang ini pernah menfitnah
diriku, menghina diriku, mencelakai diriku, saya tetap akan membantunya mencapai
KeBuddhaan.
Yang
telah berlalu biarlah berlalu, takkan taruh di hati, hatiku bersih dan suci.
Kalau diingat terus kejadian yang telah berlalu, maka hati kita telah menjadi
tong sampah yang berisi dosa-dosa dan kejahatan orang lain, ternyata anda
hobinya mengumpulkan sampah, ini sudah keliru!
Kesalahan
ini adalah dilakukan diri sendiri, bukanlah orang lain yang memaksakan padamu, tetapi
dirimu sendirilah yang menerima balasan atas hasil perbuatan sendiri, apa yang
ditabur itulah yang dituai.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 14 Maret 2011
願重要,比什麼都重要,我們要發願作佛,皆願成佛。前面我們讀過「一切皆成佛」,這是阿彌陀佛的心;四十八願,願願幫助一切眾生成佛,那是願。我們不要自私自利,自私自利去不了極樂世界。凡是往生極樂世界的人,跟阿彌陀佛決定是同心同願,他才有感應,同氣相感。所以我們絕對不可以有自私自利的念頭,我們要跟阿彌陀佛一樣,願一切眾生皆成佛,發願幫助一切眾生早日成佛。這跟阿彌陀佛的心願完全相同,與阿彌陀佛同德同行,同德同行是什麼?我們的願、我們的心要真正兌現,要真正落實怨親平等,這個人曾經毀謗我、羞辱我、陷害我,我還要幫助他成佛。過去這些事情一筆勾消,決定不放在心上,我的心才乾淨、才清淨;把這些事情都記在心裡,這個心就變成別人罪惡的垃圾桶,你專門收集垃圾,錯了!這個錯處是自己幹的,不是別人支配你的,是你自作自受。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二三集) 2011/3/14 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0323