Selasa, 03 September 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Februari 2011 (Bgn 1)


Praktisi zaman dulu memiliki hati yang suci, meskipun menetap di pegunungan, saat musim dingin salju beterbangan, namun mereka tetap sehat, sama sekali tidak mengganggu aktivitas keseharian mereka.

Kala suhu udara dibawah nol derajat celsius, pakaian yang dikenakan tidaklah tebal, kala udara dingin menusuk tulang, mereka tetap beraktivitas seperti biasanya.

Kita melihat banyak catatan tentang kejadian begini, dimana manusia umumnya tidak sanggup melakukannya, lantas mengapa mereka sanggup bertahan?

Mereka memiliki hati yang suci, hati yang setara, hati yang tulus, hati Maitri Karuna, hati begini memancarkan energi yang tak terbayangkan. Mereka sanggup mewujudkannya, mengapa kita tidak? 

Kita juga mampu, hanya saja kita tidak memahami caranya. Akar permasalahannya adalah hati kita tidak suci, bentuk-bentuk pikiran kita terlampau banyak, tidak mampu menenangkan diri.

Di dalam ”Yi Jiao Jing”(Sutra yang berisi esensi ajaran Buddha Sakyamuni sebelum memasuki Parinirvana), tercantum bahwa “Menfokuskan pikiran pada satu titik, tidak ada hal yang tidak dapat diselesaikan”, kalimat ini begitu pentingnya.

Maka itu di dalam ajaran sutra, Buddha dan Bodhisattva, Guru Sesepuh dan praktisi senior selalu mengingatkan kita supaya menfokuskan pikiran melafal Amituofo, dengan demikian tidak ada hal yang tidak dapat diatasi.

Ketika bertemu kesulitan, asalkan anda menfokuskan pikiran melafal Amituofo, maka akan menemukan solusinya. Diantara segala kesulitan tidak ada yang lebih berat lagi daripada menghadapi kelahiran dan kematian.

Saat berada di ambang lahir dan mati, ingatlah untuk menfokuskan pikiran melafal Amituofo, maka masalah di depan mata dapat teratasi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Februari 2011


在古時候修行人,心都清淨,住在深山,住在高原,冬天寒冷,他們身體健康,沒有障礙他們的起居活動。零下十幾度、幾十度,他們穿的衣服並不很厚,在冰天雪地底下照樣活動。我們看到很多記載,一般人做不到,他為什麼能做到?他們有清淨心,他們有平等心、有真誠心、有慈悲心,這些心放出來的能量是我們一般人無法想像的,他們能把自己的身體變成好像一個發電機一樣。他們能做到,難道我們不能做到嗎?我們也能,問題是我們不懂方法。根本的問題呢?是我們的心不清淨,我們的心裡妄念太多,定不下來。想想佛在《遺教經》裡面告訴我們,「制心一處,無事不辦」,這句話多重要。所以經教裡面佛菩薩說,祖師大德常常提示我們,一心念佛,無事不辦。這話是真的不是假的,我們遇到任何困難,只要你一心念佛,困難就解決。困難裡頭最嚴重的無過於生死,我們遇到生死關頭的時候,你要記住一心念佛,眼前的困難就能解決。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二八0集)  2011/2/14




 

Diantara segala kesulitan, tidak ada yang lebih berat lagi daripada menghadapi kelahiran dan kematian. Saat berada di ambang lahir dan mati, ingatlah untuk menfokuskan pikiran melafal Amituofo, maka masalah di depan mata dapat teratasi.

Apabila ajal telah tiba, maka anda akan melihat Buddha Amitabha datang menjemput, dalam sekejab mata terlahir ke Alam Sukhavati. Apabila jodoh kita di dunia ini belum usai, misi kita di dunia ini belum selesai, maka Buddha Amitabha akan membantu kita mewujudkannya, rahasianya tak lain adalah menfokuskan pikiran melafal Amituofo, anda mesti mengingatnya!

Metode melafal Amituofo yang diterapkan Bodhisattva Mahasthamaprapta, kita harus mengamalkannya setiap saat, barulah tidak sia-sia belajarnya, yakni “Mengendalikan enam landasan indria, dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan”.

Kapan saja dan di mana saja juga melatihnya sedemikian rupa, hendaknya mewujudkan “Mengendalikan enam landasan indria, dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan”.

Takkan membiarkan enam indria (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh, pikiran) berkeliaran di luar, apabila anda mampu mewujudkannya, Buddha dan Bodhisattva akan menjaga dirimu, sebaliknya bila anda tidak bersedia melakukannya, anda sudah bisa mandiri, punya banyak ide dan solusi, maka Buddha dan Bodhisattva tidak perlu mengurusimu lagi. Mengapa demikian? Anda sendiri sudah bisa mengatasinya.

Lain halnya bila diri sendiri telah melepaskan segala kemelekatan, tidak punya niat pikiran lainnya, cuma tahu memusatkan perhatian melafal Amituofo, segala hal yang rumit dan memusingkan, biarlah Buddha Amitabha yang mengurusinya, kalau sudah begini, maka Buddha Amitabha tidak boleh berdiam diri, Beliau akan segera mengatur apa yang terbaik buat dirimu.

Di sisi kita ada kesulitan, di sisi Buddha tidak ada kesulitan sama sekali, asalkan menfokuskan pikiran melafal Amituofo, maka segala persoalan dapat teratasi dengan baik.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Februari 2011


困難裡頭最嚴重的無過於生死,我們遇到生死關頭的時候,你要記住一心念佛,眼前的困難就能解決。如果我們的壽命到了,你就看到阿彌陀佛來接引你回極樂世界去。如果我們在這個世間業緣還未了,阿彌陀佛幫助我們了願,祕訣沒有別的,就是一心專念,你要記住!大勢至菩薩的念佛開示要牢牢記住,要時時刻刻用上,你就沒有白學,「都攝六根,淨念相繼」。一切時一切處無不如是,都要能把這學會,就是都攝六根,淨念相繼。我們六根不再向外面攀緣,你真這樣做,佛菩薩就照顧你;你不肯這樣做,你自己還有很多主意,還有很多辦法,佛菩薩就不管你。為什麼?你自己有辦法,自己有主意。如果自己真的一切放下,我就一心念佛,這些拉雜事情,阿彌陀佛就要管了,他就得來替你辦。我們辦有障難,他辦沒有困難,只要一心就能把事情辦好。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二八0集)  2011/2/14