Kondisi
kehidupan kita di alam saha ini manalah bisa dibandingkan dengan Alam
Sukhavati? Kita melatih diri di dunia ini, keterampilan yang sesungguhnya
terletak pada melepaskan kemelekatan, tiap hari belajar melepaskan kemelekatan
sedikit demi sedikit, sungguh membahagiakan.
Lain
halnya dengan orang duniawi, tiap hari malah menghendaki lebih banyak lagi,
setiap hari berharap bertambah lagi, semakin banyak yang diperoleh semakin
banyak pula beban pikirannya, sebelum memilikinya tiap hari mendambakannya,
setelah berhasil memilikinya, jadi takut kehilangan, setiap hari hidup dalam
kondisi begini, ingin memperoleh dan takut kehilangan, selamanya tidak sanggup
melepaskan kemelekatan, makanya hidup dalam kesengsaraan yang tak berujung,
beginilah penderitaan berasal.
Sukacita
yang dimiliki Bodhisattva, dari mana asalnya? Bodhisattva bersukacita karena senantiasa
tercerahkan, melepaskan kemelekatan, semakin banyak kemelekatan yang dilepaskannya,
semakin relaks, semakin melepaskan semakin suci, semakin melepaskan semakin
bersukacita.
“Ketika
teori yang dipelajari berhasil diterapkan dalam kehidupan keseharian, alangkah
bahagia terasa”, inilah yang diucapkan Konfusius. Para Buddha dan Bodhisattva
juga mengetahui bahwa hal yang paling membahagiakan adalah mengajar dan
belajar.
Baik
kegiatan belajar maupun mengajar juga mendatangkan kebahagiaan sejati, hal ini
nyata adanya, yang terjalin dengan jiwa sejati secara keseluruhan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 1 Maret 2011
我們在此地,跟極樂世界那怎麼能比?我們在這個世間修行,真正的功夫就是放下,每天都放一點,每天都放一點,真歡喜。世間人每天想得一點,每天都想多得一點,得的愈多煩惱愈多,沒有得到的時候想得到,得到的怕丟掉,患得患失的心永遠放不下,所以他生活是苦,苦就這麼來的。菩薩的樂是什麼?菩薩的樂是悟處,放下了,愈放下愈輕鬆,愈放下愈清淨,愈放下愈歡喜。「學而時習之,不亦說乎」,孔子都如是說。諸佛菩薩都懂得,世出世間第一快樂的事情是什麼?教、學,教快樂,學也快樂。真樂,這不是假的,與性德完全相應。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一0集) 2011/3/1 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0310
Alam
Sukhavati bagaikan sebuah sekolah, merupakan sarana tempat belajar mengajar,
Buddha Amitabha adalah Guru Pembimbing di Alam Sukhavati, bahkan sesampainya di
Alam Sukhavati, setiap hari kita bisa bersua dengan Buddha Amitabha.
Alam
Sukhavati maha luas, penduduknya juga begitu banyak, bagaimana caranya Buddha
Amitabha setiap harinya bertatap muka secara langsung dengan dirimu?
Buddha
Amitabha dapat menjelma menjadi tak terhingga dan tanpa batas, sehingga setiap
harinya anda bertatap muka secara langsung dan dibimbing secara langsung oleh
Buddha Amitabha.
Setiap
hari berada bersama Buddha Amitabha, sesaat pun takkan berpisah. Selain tidak
pernah terpisahkan dari Buddha Amitabha, bersamaan itu pula sekaligus
mendekatkan diri dan berguru pada semua Buddha di sepuluh penjuru alam,
bagaimana caranya?
Buddha
Amitabha memiliki kemampuan menjelma, demikian pula dengan dirimu juga memiliki
kemampuan menjelma, anda juga mampu menjelma hingga tak terhingga dan tanpa
batas, bahkan tubuh jelmaan ini dapat berfungsi serupa dengan sosok aslinya.
Jadi
bukanlah seperti main sulap, si tubuh jelmaan tidak bisa melakukan apa-apa,
sedangkan tubuh jelmaan Buddha dan Bodhisattva dapat menangani segala urusan, menjelma
dan menuju ke sepuluh penjuru alam guna membantu para Buddha untuk membimbing
semua makhluk, seluruh penduduk Alam Sukhavati memiliki kemampuan sedemikian
rupa.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 1 Maret 2011
你看佛土,那是學校、道場,我們學習的環境,佛是老師,在極樂世界老師是阿彌陀佛,而且在極樂世界你跟阿彌陀佛是天天見面。世界那麼大,人那麼多,阿彌陀佛怎麼能跟你天天見面?阿彌陀佛無量無邊的應化身,確確實實你天天看到它,你在同居土裡面看到的阿彌陀佛是化身,你在方便土裡面看到阿彌陀佛是應身,你在實報土裡面看見阿彌陀佛是報身,天天在一起,一時一刻都沒有離開。不離開,又同時能親近十方一切諸佛,為什麼?彌陀有應化身,你也有化身,你也可以有無量無邊的化身,而這個化身它真有作用,跟真的一樣,沒有兩樣。不是像變魔術變的化身他不能辦事,佛菩薩的化身能辦事,能應化到十方世界幫助諸佛教化眾生,他們統統能做得到,都有這個本事。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一0集) 2011/3/1 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0310
Bodhisattva
adalah murid, Mereka lahir ke Alam Sukhavati guna menuntut ilmu. Di Alam
Sukhavati hanya terdapat dua peranan, yakni Guru dan murid.
Selain
dua peranan ini, takkan ada profesi lainnya lagi, tidak pernah terdengar di
sana ada kaisar, pengurus organisasi, tidak ada, juga tidak ada petani, saudagar
maupun profesi lainnya.
Alam
Sukhavati ibarat sekolah yang maha luas, penduduk di sana tidak pernah
mengalami kekurangan apapun, segala sesuatu muncul sesuai dengan apa yang
dipikirkan.
Istana
hunian setiap penduduk di sana juga merupakan jelmaan, di dalamnya bersih dan
tak terkotori oleh setitik debu pun, perabotan muncul ketika diinginkan oleh
tuan rumah, dan lenyap ketika tidak diinginkan lagi, alangkah bebasnya!
Umpamanya
anda lagi ingin membaca Tripitaka, maka buku Tripitaka akan muncul sesuai
dengan apa yang dipikirkan, ketika anda tidak menginginkannya lagi, maka buku
tersebut akan lenyap dan kembali muncul kapan saja anda menginginkannya,
segalanya berjalan seperti apa yang anda pikirkan.
Ketika
waktu makan tiba, aneka ragam hidangan akan memenuhi meja makan anda, seperti
gaya makan seorang kaisar, anda ingin seratus menu maka akan muncul seratus
jenis hidangan, ketika anda tidak menghendakinya, maka seluruh makanan dan
peralatan makan akan lenyap dengan sendirinya, tidak butuh ruangan dapur, tidak
butuh menggaji koki.
Bagaimana
semua hal ini dapat terwujud? Yakni berkat kekuatan kewibawaan 48 tekad Buddha
Amitabha. Di Alam Sukhavati, setiap penduduknya menikmati pembebasan agung, apapun
tidak perlu dirisaukan lagi.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 1 Maret 2011
菩薩,這就是學生,往生到極樂世界去求學的。極樂世界就這麼單純,世界無比的清淨莊嚴,只有兩種人,一種老師,一種學生。沒聽說有國王,沒有聽說有政治組織,沒有,也沒有聽說有士農工商、各行各業,極樂世界全沒有,極樂世界好像是個大學城,它什麼都不缺乏,什麼都沒有,奇怪了。每一個菩薩所居住的寮房,講寮房大家好懂,都是變化所作,寮房裡頭乾乾淨淨,一塵不染,什麼家具都沒有,想要什麼東西它就現前,不想要就沒有,這多自在!譬如從我們中國去的,偶然想到《大藏經》,《大藏經》就擺在書架上,不想的時候就沒有了,我們想,中國有一套好書《四庫全書》,那《四庫全書》就擺在那裡。一切法應念而生,你想它就有,就現前,不想它就沒有,不用收拾。想吃,那像皇帝的飲食,皇帝吃飯是一百道菜,你這一動念的時候,一百道菜就現前,不想吃就沒有了,不用廚房,不需要人去烹調。這是什麼?阿彌陀佛四十八願威神成就。這個世界是真正得大自在,什麼都不要操心。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一0集) 2011/3/1 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0310