Lihatlah
banyak orang yang saat ajalnya memiliki jodoh yang begitu unggul, ada begitu
banyak orang yang membantunya melafal Amituofo, namun tetap saja gagal terlahir
ke Alam Sukhavati, jatuh kembali ke dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir,
apa sebabnya? Dia tidak memiliki akar kebajikan dan berkah kebajikan yang
mendalam dan tebal.
Fakta
ini menunjukkan pada kita bahwa melatih diri sendiri merupakan hal yang
penting, kita harus meneladani insan suci dan bijak, meneladani Buddha dan
Bodhisattva.
Asalkan
diri sendiri melatih diri dengan baik, barulah dapat menggugah anggota keluarga
kita, barulah dapat menggugah tetangga dan komunitas kita, kawasan hunian kita,
kota hunian kita, menjadi teladan yang baik buat diperlihatkan kepada semua
orang.
Bukankah
Alam Sukhavati dibentuk dengan cara demikian? Alam Sukhavati sampai hari ini
barulah berusia 10 kalpa, merupakan sebuah vihara yang masih baru.
Maka
itu, kita harus memiliki keyakinan hati, setelah bersua dengan Ajaran Sukhavati
mestilah meyakininya. Dapat bersua dengan sutra-sutra Aliran Sukhavati, setelah
membacanya jadi dapat memahaminya, hal ini bukanlah faktor kebetulan.
Dapat
meyakini, dapat memahami adalah akar kebajikan, akar kebajikan mendalam dan
tebal. Setelah mendengarnya bersedia mengamalkannya adalah berkah kebajikan,
benar-benar mau melafal Amituofo.
Memahami
cara melafal Amituofo yang benar, yakni “Mengendalikan enam landasan indria,
dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan”, melepaskan segala
kemelekatan, memfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan, dengan
begini telah menyempurnakan Maha Bodhicitta, dalam satu masa kehidupan ini
pasti terlahir ke Alam Sukhavati.
Kita
mesti mengingat budi kebajikan Buddha Amitabha.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 15 Maret 2011
你看多少人走的時候緣很殊勝,多少人給他助念還是不行,還是搞六道輪迴,那就是什麼?他沒有深厚的善根福德。於是我們就能夠體會到,極樂世界的成就無比殊勝,阿彌陀佛帶頭。這在前面我們都讀過的,四十八願、五劫修行,修什麼?就是把四十八願落實,字字句句自己都真的做到,從意念到行為。這也給我們一個很大的啟示,我們自己修行要學聖賢、要學佛菩薩,自己真修得好決定感動一家,決定感動鄰里鄉黨、感動這個地區、感動這個城市,做出真正好的典型、榜樣給大家看。極樂世界不就是這麼造成的嗎?極樂世界到今天才只十劫,非常新的一個道場,古老道場裡面不好的習氣它全沒有,往生到極樂世界這一要求當然嚴格。所以我們自己要有信心,接觸了你能信,能夠遇到這些經典,你能夠聽得懂,這就不是偶然的。能信、能解是善根,善根深厚;聽了之後肯幹這是福德,真肯念。懂得念的方法,「都攝六根,淨念相繼」,放下萬緣一向專念,那就是具足大菩提心,這一生當中決定得生。我們要記住阿彌陀佛的恩德。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二六集) 2011/03/15 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0326
Alam Sukhavati ibarat sekolah,
Buddha Amitabha adalah Guru Pembimbing, para Bodhisattvaya Mahasattvaya adalah
teman sekolah, setiap insan di sana telah mengakumulasi jasa kebajikan
berkesinambungan selama kalpa demi kalpa, sehingga mewujudkan kewibawaan Alam
Sukhavati yang tiada taranya.
Negeri Buddha Amitabha sempurna
akan kewibawaan yang tak terhingga, Guru juga sempurna akan kewibawaan yang tak
terhingga, teman-teman sekolah juga sempurna akan kewibawaan yang tak
terhingga, jadi kalau kita sekarang ini tidak sempurna akan kewibawaan yang tak
terhingga, bagaimana bisa menuju ke sana?
Sepanjang hidup hobi mengoleksi
karma buruk, kejahatan apapun pernah dilakukan, bagaimana dengan masa kehidupan
lampau? Wah, kehidupan demi kehidupan hobinya juga sama, mesti memahami
kebenaran ini.
Jika ingin tahu berapa banyak
koleksi karma buruk diri sendiri, caranya gampang saja, coba amati diri sendiri
dengan seksama, ketika bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci, apakah kita
langsung percaya?
Jujur saja, saya pribadi ketika
bersua dengan Ajaran Sukhavati, saya tidak bisa langsung percaya. Padahal saya
memiliki jodoh yang mendalam dengan Ajaran Mahayana.
Ketika Profesor Fang Dong-mei
menjelaskan padaku tentang Ajaran Buddha, saya langsung menerima dan
meyakininya. Tetapi waktu itu saya bercita-cita mempelajari sutra-sutra besar
seperti “Avatamsaka Sutra”, “Sutra Lotus”, “Surangama Sutra”, sedangkan
terhadap Ajaran Tanah Suci, saya sungguh tak berdaya menerimanya.
Kira-kira 15 tahun kemudian,
setelah mendalami Ajaran Buddha 15 tahun lamanya, saya sudah pernah
menceramahkan “Avatamsaka Sutra”, “Surangama Sutra”, “Sutra Lotus”, alhasil, tiga judul sutra
inilah yang telah menuntun diriku memasuki pintu besar Aliran Sukhavati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 15 Maret 2011
國土就是學校,阿彌陀佛就是老師,無數的菩薩就是同學,每個人都是累劫積功累德成就極樂世界無比的莊嚴。國土具足無量莊嚴、老師具足無量莊嚴、每個同學都具足無量莊嚴,我們要不是具足無量莊嚴怎麼能去?這一生沒修造很多罪業,你過去生呢?生生世世,一定要明白這個道理。這個道理很簡單,你就細心觀察你自己,我們遇到這個緣分相不相信?我告訴諸位同學,我遇到這個緣分不相信。我跟大乘緣很深,方老師把佛教介紹給我,我就相信,我就在追求。但是我的目標是在《華嚴》、《法華》、《楞嚴》,這些大經大論,對淨土沒有法子接受。差不多十五年之後,我學佛十五年之後,我學佛七年出家的,大概又過了十年,我講《華嚴經》,講《楞嚴經》、講《法華》、講《華嚴》,實在是這三部經幫助我走進淨宗的大門。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二六集) 2011/03/15 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0326