Selasa, 18 Februari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Maret 2011 (Bgn 1)


“Kebencian dan kemurkaan dapat diatasi dengan kesabaran”. Kekotoran batin ini kerap kali muncul ke permukaan, ketika ada sedikit saja persoalan yang tidak mengena di hati, emosi pun langsung memuncak, hatinya dipenuhi api kebencian, sutra Buddha menyebutkan “Sebersit niat kebencian timbul, segala pintu rintangan terbuka”.

Begitu sebersit niat kebencian muncul, apa yang diperolehnya? Yang diperolehnya adalah rintangan yang tak terhingga dan tanpa batas. Kebencian berakibat jatuh ke Neraka, ketamakan berakibat jatuh ke Alam Setan Kelaparan, kedunguan berakibat jatuh ke Alam Binatang.

Tidak menjalankan sila, tidak melatih kesabaran, pahala besar yang anda timbun kelak mengantarmu ke mana? Ke Alam Asura. Itu bukan tempat yang baik. Maka itu harus menggunakan kesabaran guna mengatasinya.

Orang Tionghoa mengetahui bahwa kebencian mudah mengundang petaka; kesombongan, kebencian dan iri hati selalu dirangkaikan bersamaan, petaka yang diciptakan dapat dilihat dalam catatan sejarah. Bila diamati dengan seksama, zaman sekarang juga ada banyak perumpamaan serupa.

Keluarga cerai berai, sepanjang hidup menemui kegagalan, penyebabnya selalu saja karena tidak mampu bersabar. Maka itu pendidikan Tiongkok zaman dulu mengajarkan kesabaran sejak anak usia bayi, mengajarkannya mengalah, jangan berebutan.

Dimulai dengan belajar bersabar dan mengalah, kemudian ditingkatkan dari mengalah dengan sabar menjadi mengalah dengan rendah hati, kondisi batin yang paling tinggi adalah mengalah dengan hormat, mengalah hingga ke dasar-dasarnya, manfaat yang diperoleh adalah tanpa batas.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Maret 2011


「若瞋恚暴怒,常生忿恨,當用忍辱而對治之。」這個煩惱時常起現行,面對人事物稍稍不如意就發脾氣,起怨恨心,佛經裡面常說「一念瞋心起,百萬障門開」。一念瞋恚心,得到是什麼?得到是無量無邊的障礙。瞋恚心墮地獄,貪心變餓鬼,愚痴是畜生。不持戒,不能忍,你修的大福報到哪裡去?到阿修羅、羅剎裡面去了,那不是好地方,所以要用忍辱來對治。中國人曉得瞋恨容易惹禍,傲慢、瞋恨、嫉妒常常是連在一起的,這個東西惹的禍在歷史上能看到,記載得很多。你冷靜觀察現前,現前也非常之多,你常常可以看到。家破人亡,一身敗裂,往往都是這個原因,不能忍。所以中國古時候的教育,從嬰兒就教他忍,就教他要讓,不准爭。開頭學忍讓,然後再提升從忍讓到謙讓,謙虛,最高的境界到禮讓,讓到底,利益無邊。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三四一集)  2011/3/24  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0341


 

 

Dimulai dengan belajar bersabar dan mengalah, kemudian ditingkatkan dari mengalah dengan sabar menjadi mengalah dengan rendah hati, kondisi batin yang paling tinggi adalah mengalah dengan hormat, mengalah hingga ke dasar-dasarnya, manfaat yang diperoleh adalah tanpa batas.

Ini adalah kebajikan sejati (kebajikan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati), kebajikan sejati akan membawa padamu pahala.

Sebaliknya kesombongan, iri hati, kebencian akan membawa padamu petaka, akibatnya adalah jatuh ke Neraka. Kebencian berakibat jatuh ke Neraka, keangkuhan dan mendengki termasuk ke dalam kebencian, menurutmu bukankah hal ini sungguh mengerikan.

Baik dalam berkarir di duniawi maupun melatih diri di non duniawi, juga harus mengandalkan kesabaran, jika tidak dapat bersabar, pasti tidak bisa berhasil.

Pertapa Kesabaran sanggup bersabar ketika tubuhnya dimutilasi Raja Kalinga, alhasil dia bisa lebih dini mencapai KeBuddhaan. Peragaan ini menunjukkan pada kita alangkah besarnya jasa kebajikan dari bersabar, sehingga dapat membantu Bodhisattva lebih dini mencapai KeBuddhaan.

Maka itu, berapapun besarnya fitnah yang diarahkan kepada diri kita, sebesar apapun hinaan yang ditujukan pada kita, juga mesti bersabar, asalkan anda sanggup bersabar, maka rintangan tersebut berhasil anda lewati, anda berhasil mencapai kemajuan batin. Sebaliknya kalau tidak sanggup menahan kesabaran, maka anda langsung jatuh terpuruk.

Coba renungkan, kita mau maju ke depan atau jatuh terpuruk? Hal ini mesti menggunakan kebijaksanaan untuk memilih, tidak boleh menggunakan perasaan emosional.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Maret 2011

Buku komik Kisah Petapa Kesabaran unduh di :


開頭學忍讓,然後再提升從忍讓到謙讓,謙虛,最高的境界到禮讓,讓到底,利益無邊。

這是性德,性德帶來給你的是福報。傲慢、嫉妒、瞋恚帶給你的是災難,那是地獄果報。瞋恚墮地獄,傲慢、嫉妒是屬於瞋恚的一分,你說這個多可怕。世間功名事業,出世間修道證果,都要靠忍,不能忍的決定不能成就。忍辱仙人能夠忍受歌利王割截身體,他提前成佛了。這個示現是告訴我們忍辱的功德有多麼大,能幫助菩薩提前成佛。所以即使我們受再大的冤枉,再大的屈辱都要忍,你能忍,這關通過了,你境界提升了。你不能忍,你馬上就下去了。我們願意向上提升,還是往下墮落?這要用智慧去選擇,不能感情用事。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三四一集)  2011/3/24  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0341




 

“Apabila tidak memiliki pengendalian diri dan malas, memboroskan waktu buat bersenang-senang dan hidup tanpa tujuan, maka harus menggunakan ketekunan guna mengatasinya.”

Begitu banyak praktisi yang dikarenakan tidak punya pengendalian diri dan malas sehingga mengalami kemerosotan batin, sepanjang hayatnya melatih diri namun tidak dapat berhasil, tetap saja mengikuti kekuatan karma berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, terlampau mengerikan!

Ini merupakan penyakit batin yang umumnya diderita para praktisi, tidak mampu membangkitkan semangat. Praktisi pemula yang baru belajar Ajaran Buddha masih begitu bersemangat dan gigih.

Insan zaman dulu berkata, “Tahun pertama belajar Ajaran Buddha, Buddha ada di depan mata”, begitulah perihalnya, serius mengamalkannya; setelah dua tahun belajar Ajaran Buddha akan seperti “Cahkwe” (sejenis roti goreng yang disantap bersama bubur sarapan pagi), julukan Cahkwe digunakan untuk melambangkan pembual, Cahkwe di luar tampak gendut-gendut tapi begitu dipencet ternyata kosong isinya.

Jadi setelah dua tahun belajar Ajaran Buddha, sudah jadi Cahkwe, Buddha pun ditaruh di tepi langit, sudah makin jauh jaraknya; setelah tiga tahun belajar Ajaran Buddha, Buddha pun berubah jadi awan dan asap, tidak ada lagi.  

Inilah akibat dari tidak memiliki pengendalian diri dan kemalasan, tidak sanggup mempertahankan secuil niat baik diri sendiri, begitu gampangnya tergoda oleh lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur) dari luar diri, begitu digoda langsung kabur mengikutinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Maret 2011


「若放逸懈怠,恣縱閑蕩,當用精進而對治之。」這也是許許多多修行人因為放逸懈怠懶散退心了,這一生修行不能成功,依舊搞六道輪迴,隨業流轉,太可怕!而且這個是什麼?一般人通病,精神提不起來。學佛的同修初學佛的時候很勇猛,古人講的話,說「學佛一年,佛在眼前」,像那麼回事,真幹;學佛兩年,兩年就變成老油條,佛在天邊,距離就遠了;學佛三年,佛就變成雲煙,沒了。這個就是放逸懈怠,自己那一點善念,那個好心保不住,很容易被外面財色名食睡誘惑,一引誘就跑了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三四一集)  2011/3/24  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0341