“Kebencian
dan kemurkaan dapat diatasi dengan kesabaran”. Kekotoran batin ini kerap kali
muncul ke permukaan, ketika ada sedikit saja persoalan yang tidak mengena di
hati, emosi pun langsung memuncak, hatinya dipenuhi api kebencian, sutra Buddha
menyebutkan “Sebersit niat kebencian timbul, segala pintu rintangan terbuka”.
Begitu
sebersit niat kebencian muncul, apa yang diperolehnya? Yang diperolehnya adalah
rintangan yang tak terhingga dan tanpa batas. Kebencian berakibat jatuh ke
Neraka, ketamakan berakibat jatuh ke Alam Setan Kelaparan, kedunguan berakibat
jatuh ke Alam Binatang.
Tidak
menjalankan sila, tidak melatih kesabaran, pahala besar yang anda timbun kelak
mengantarmu ke mana? Ke Alam Asura. Itu bukan tempat yang baik. Maka itu harus
menggunakan kesabaran guna mengatasinya.
Orang
Tionghoa mengetahui bahwa kebencian mudah mengundang petaka; kesombongan,
kebencian dan iri hati selalu dirangkaikan bersamaan, petaka yang diciptakan
dapat dilihat dalam catatan sejarah. Bila diamati dengan seksama, zaman
sekarang juga ada banyak perumpamaan serupa.
Keluarga
cerai berai, sepanjang hidup menemui kegagalan, penyebabnya selalu saja karena
tidak mampu bersabar. Maka itu pendidikan Tiongkok zaman dulu mengajarkan
kesabaran sejak anak usia bayi, mengajarkannya mengalah, jangan berebutan.
Dimulai
dengan belajar bersabar dan mengalah, kemudian ditingkatkan dari mengalah
dengan sabar menjadi mengalah dengan rendah hati, kondisi batin yang paling
tinggi adalah mengalah dengan hormat, mengalah hingga ke dasar-dasarnya,
manfaat yang diperoleh adalah tanpa batas.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 24 Maret 2011
「若瞋恚暴怒,常生忿恨,當用忍辱而對治之。」這個煩惱時常起現行,面對人事物稍稍不如意就發脾氣,起怨恨心,佛經裡面常說「一念瞋心起,百萬障門開」。一念瞋恚心,得到是什麼?得到是無量無邊的障礙。瞋恚心墮地獄,貪心變餓鬼,愚痴是畜生。不持戒,不能忍,你修的大福報到哪裡去?到阿修羅、羅剎裡面去了,那不是好地方,所以要用忍辱來對治。中國人曉得瞋恨容易惹禍,傲慢、瞋恨、嫉妒常常是連在一起的,這個東西惹的禍在歷史上能看到,記載得很多。你冷靜觀察現前,現前也非常之多,你常常可以看到。家破人亡,一身敗裂,往往都是這個原因,不能忍。所以中國古時候的教育,從嬰兒就教他忍,就教他要讓,不准爭。開頭學忍讓,然後再提升從忍讓到謙讓,謙虛,最高的境界到禮讓,讓到底,利益無邊。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三四一集) 2011/3/24 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0341
Dimulai
dengan belajar bersabar dan mengalah, kemudian ditingkatkan dari mengalah
dengan sabar menjadi mengalah dengan rendah hati, kondisi batin yang paling
tinggi adalah mengalah dengan hormat, mengalah hingga ke dasar-dasarnya,
manfaat yang diperoleh adalah tanpa batas.
Ini
adalah kebajikan sejati (kebajikan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa
sejati), kebajikan sejati akan membawa padamu pahala.
Sebaliknya
kesombongan, iri hati, kebencian akan membawa padamu petaka, akibatnya adalah
jatuh ke Neraka. Kebencian berakibat jatuh ke Neraka, keangkuhan dan mendengki
termasuk ke dalam kebencian, menurutmu bukankah hal ini sungguh mengerikan.
Baik
dalam berkarir di duniawi maupun melatih diri di non duniawi, juga harus
mengandalkan kesabaran, jika tidak dapat bersabar, pasti tidak bisa berhasil.
Pertapa
Kesabaran sanggup bersabar ketika tubuhnya dimutilasi Raja Kalinga, alhasil dia
bisa lebih dini mencapai KeBuddhaan. Peragaan ini menunjukkan pada kita
alangkah besarnya jasa kebajikan dari bersabar, sehingga dapat membantu
Bodhisattva lebih dini mencapai KeBuddhaan.
Maka
itu, berapapun besarnya fitnah yang diarahkan kepada diri kita, sebesar apapun
hinaan yang ditujukan pada kita, juga mesti bersabar, asalkan anda sanggup
bersabar, maka rintangan tersebut berhasil anda lewati, anda berhasil mencapai
kemajuan batin. Sebaliknya kalau tidak sanggup menahan kesabaran, maka anda
langsung jatuh terpuruk.
Coba
renungkan, kita mau maju ke depan atau jatuh terpuruk? Hal ini mesti
menggunakan kebijaksanaan untuk memilih, tidak boleh menggunakan perasaan
emosional.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 24 Maret 2011
Buku komik Kisah Petapa Kesabaran unduh di :
開頭學忍讓,然後再提升從忍讓到謙讓,謙虛,最高的境界到禮讓,讓到底,利益無邊。
這是性德,性德帶來給你的是福報。傲慢、嫉妒、瞋恚帶給你的是災難,那是地獄果報。瞋恚墮地獄,傲慢、嫉妒是屬於瞋恚的一分,你說這個多可怕。世間功名事業,出世間修道證果,都要靠忍,不能忍的決定不能成就。忍辱仙人能夠忍受歌利王割截身體,他提前成佛了。這個示現是告訴我們忍辱的功德有多麼大,能幫助菩薩提前成佛。所以即使我們受再大的冤枉,再大的屈辱都要忍,你能忍,這關通過了,你境界提升了。你不能忍,你馬上就下去了。我們願意向上提升,還是往下墮落?這要用智慧去選擇,不能感情用事。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三四一集) 2011/3/24 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0341
“Apabila
tidak memiliki pengendalian diri dan malas, memboroskan waktu buat
bersenang-senang dan hidup tanpa tujuan, maka harus menggunakan ketekunan guna
mengatasinya.”
Begitu
banyak praktisi yang dikarenakan tidak punya pengendalian diri dan malas
sehingga mengalami kemerosotan batin, sepanjang hayatnya melatih diri namun tidak
dapat berhasil, tetap saja mengikuti kekuatan karma berputar di dalam lingkaran
enam alam tumimbal lahir, terlampau mengerikan!
Ini
merupakan penyakit batin yang umumnya diderita para praktisi, tidak mampu
membangkitkan semangat. Praktisi pemula yang baru belajar Ajaran Buddha masih
begitu bersemangat dan gigih.
Insan
zaman dulu berkata, “Tahun pertama belajar Ajaran Buddha, Buddha ada di depan
mata”, begitulah perihalnya, serius mengamalkannya; setelah dua tahun belajar
Ajaran Buddha akan seperti “Cahkwe” (sejenis roti goreng yang disantap bersama
bubur sarapan pagi), julukan Cahkwe digunakan untuk melambangkan pembual, Cahkwe
di luar tampak gendut-gendut tapi begitu dipencet ternyata kosong isinya.
Jadi
setelah dua tahun belajar Ajaran Buddha, sudah jadi Cahkwe, Buddha pun ditaruh
di tepi langit, sudah makin jauh jaraknya; setelah tiga tahun belajar Ajaran
Buddha, Buddha pun berubah jadi awan dan asap, tidak ada lagi.
Inilah
akibat dari tidak memiliki pengendalian diri dan kemalasan, tidak sanggup
mempertahankan secuil niat baik diri sendiri, begitu gampangnya tergoda oleh
lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur) dari luar diri,
begitu digoda langsung kabur mengikutinya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 24 Maret 2011
「若放逸懈怠,恣縱閑蕩,當用精進而對治之。」這也是許許多多修行人因為放逸懈怠懶散退心了,這一生修行不能成功,依舊搞六道輪迴,隨業流轉,太可怕!而且這個是什麼?一般人通病,精神提不起來。學佛的同修初學佛的時候很勇猛,古人講的話,說「學佛一年,佛在眼前」,像那麼回事,真幹;學佛兩年,兩年就變成老油條,佛在天邊,距離就遠了;學佛三年,佛就變成雲煙,沒了。這個就是放逸懈怠,自己那一點善念,那個好心保不住,很容易被外面財色名食睡誘惑,一引誘就跑了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三四一集) 2011/3/24 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0341