Apa
maksudnya orang yang berjodoh? Yakni ketika mendengar Ajaran Buddha, dia
langsung menerima, meyakini dan mengamalkan sesuai dengan ajaran. Setelah
bersua dengan Buddha Dharma, lalu menggenggam erat kesempatan ini, takkan
melonggarkannya sama sekali, menerima, meyakini dan mengamalkannya sesuai
dengan ajaran, akhirnya meraih keberhasilan.
Lantas
mengapa ada orang yang gagal? Penyebabnya tak lain adalah tidak sanggup menyingkirkan
kekotoran batin dan tabiat sendiri, selalu merasa diri sendiri lebih hebat dan
paling benar, menganggap diri sendiri pintar, tidak sudi mengamalkan sesuai
dengan ajaran.
Mengetahui
bahwa metode ini bagus, juga ingin mempelajarinya, tetapi tidak sudi mengamalkan
sesuai dengan ajaran, tidak menuruti cara atau metode yang diajarkan di dalam
sutra, prosedurnya, sehingga satu masa kehidupan ini terlewatkan secara
sia-sia.
Padahal
caranya sangat gampang, yakni “Fokus”, cuma ini saja. Baik mengajar maupun
belajar juga harus “Fokus”, dengan terfokus barulah bisa berhasil. Mengapa
demikian? Dengan terfokus, pikiran jadi terpusat dan tenang, sebaliknya bila tidak
terfokus, perhatian jadi terpencar-pencar, pikiran pun jadi kalut.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Februari 2011
所謂有緣人,遇到佛法了,抓住這個機會,鍥而不捨,依教奉行都成就了。
那個不成就的人呢?毛病還是沒放下自己的煩惱習氣,自以為是,自以為聰明,不肯依教奉行。知道這個好,也想學習,但是沒有依照它的方法、它的程序,所以一生空過了。方法很簡單,跟中國老祖宗講的是一樣的,中國人代代相傳的「專」,就這一個字,教、學都要專,專就能成就。為什麼?專心是定的,不專,心是動的、心是亂的,專心就是定的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二九二集) 2011/2/20 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0292
Baik
mengajar maupun belajar juga harus “Fokus”, dengan terfokus barulah bisa
berhasil. Mengapa demikian? Dengan terfokus, pikiran jadi terpusat dan tenang,
sebaliknya bila tidak terfokus, perhatian jadi terpencar-pencar, pikiran pun
jadi kalut.
Jadi
keberhasilan dalam mempelajari baik Dharma duniawi (ajaran insan suci dan bijak)
maupun Dharma non duniawi (Ajaran Buddha), pasti tidak boleh terpisah dari
sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan).
Apa
yang dimaksud dengan sila? Taat peraturan, wajib menaati metode ini. Samadhi
adalah konsentrasi, pikiranmu terfokus dan tidak bercabang-cabang, dengan
pikiran yang terpencar mustahil keberhasilan dapat dicapai.
Apa tujuan
dari belajar? Guna mengembangkan kebijaksanaan, dengan tercapainya samadhi maka
terbukalah kebijaksanaan. Pikiran yang tidak terfokus akan memunculkan
bentuk-bentuk pikiran.
Buddha
Sakyamuni menggunakan perumpamaan air, permukaan air yang tidak tenang akan
menimbulkan riak atau gelombang, sehingga tidak dapat mencerminkan bayangan
dengan jelas; sebaliknya permukaan air yang tenang, ibarat sebuah kaca cermin
yang dapat memantulkan bayangan dengan jelas, segala fenomena di luar dapat
terpantul dengan jelas dan dimengerti.
Maka
itu Sang Buddha mengibaratkan hati dan pikiran manusia sebagai air, air itu
harus jernih, tidak boleh tercemar, air itu harus tenang, tidak boleh bergerak,
demikian pula dengan hati manusia mesti suci dan tenang, hati tidak boleh
goyah.
Dengan
belajar dua atau tiga pintu Dharma secara sekaligus, maka pikiran pun
bercabang-cabang, hati pun jadi kalut dan bingung, mustahil kebijaksanaan dapat
terbuka.
Ini
merupakan ajaran insan suci dan bijak Tiongkok zaman dulu, yang memiliki
prinsip yang sama dengan ajaran Buddha dan Bodhisattva, anda tidak boleh tidak
menaatinya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Februari 2011
中國人代代相傳的「專」,就這一個字,教、學都要專,專就能成就。為什麼?專心是定的,不專,心是動的、心是亂的,專心就是定的。
所以世出世間法成就,決定離不開戒定慧這三個原則,這三個原則在佛法裡面說,不只是釋迦牟尼佛教的,釋迦牟尼佛告訴我們,遍法界虛空界一切諸佛如來的成就,都是依戒定慧。戒是什麼?守法,一定要遵守這方法。定,你心是定的,不是散亂的,散亂心不會成就。學習的目的是什麼?開智慧,定就能開智慧,不定生煩惱。佛在這上用個比喻用得好,比喻水,水不定它起波浪,起波浪它照不見;如果它水是平的,像一面鏡子一樣,外面這些景觀全照在裡頭,清清楚楚。所以佛把心比喻水,水要清,不能染污,水要定,不能動,就是心要清淨,心不能動搖。一門心是定的,兩門、三門心就波動,你就開不了智慧。這是中國古聖先賢教誨、佛菩薩教誨的最重要的一個原理原則,你不能不遵守。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二九二集) 2011/2/20 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0292
Dengan
belajar dua atau tiga pintu Dharma secara sekaligus, maka pikiran pun
bercabang-cabang, hati pun jadi kalut dan bingung, mustahil kebijaksanaan dapat
terbuka.
Ini
merupakan ajaran insan suci dan bijak Tiongkok zaman dulu, yang memiliki
prinsip yang sama dengan ajaran Buddha dan Bodhisattva, anda tidak boleh tidak
menaatinya.
Kalau
anda tidak sudi menaatinya, coba saja, apakah anda mampu menciptakan cara yang
lebih unggul melampaui ajaran Buddha? Termasuk cara ilmiah yang dikemukakan
oleh para ilmuwan? Takkan ada cara kedua lagi, ini merupakan fakta yang tak
terbantahkan.
Maka
itu mengapa dalam Ajaran Mahayana dikemukakan tentang menfokuskan diri pada
satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka
panjang.
Tetapi
praktisi sekalian hendaknya mengetahui bahwa setelah kebijaksanaan terbuka maka
anda memiliki kemampuan untuk menguasai seluruh ajaran sutra. Begitu membacanya
langsung mengerti, tidak perlu mempelajarinya lagi, dengan sendirinya dapat
dipahami.
Apa
sebabnya? Oleh karena seluruh Dharma mengalir keluar dari dalam jiwa sejati, setelah
anda berhasil menemukan kembali jiwa sejati, anda memiliki kemampuan untuk
memahami dan menguasai keseluruhan Dharma.
Tujuan
kita belajar adalah berharap untuk dapat menguasai baik Dharma duniawi maupun
Dharma non duniawi secara menyeluruh, serupa dengan kemampuan yang dimiliki
oleh Buddha dan Bodhisattva.
Lantas
bagaimana cara belajar yang digunakan oleh Buddha dan Bodhisattva? Yakni
menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan
selama jangka panjang.
Beginilah
cara belajar Mereka sehingga mencapai keberhasilan. Namun sayangnya kita masih
saja tidak percaya, masih saja hobi
belajar metode gado-gado, inilah yang disebut dengan mencelakai diri sendiri.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Februari 2011
一門心是定的,兩門、三門心就波動,你就開不了智慧。這是中國古聖先賢教誨、佛菩薩教誨的最重要的一個原理原則,你不能不遵守。
你不遵守,你試試看,你能不能想出一個更好的辦法超過佛陀的教誨?包括今天所講的科學方法,沒有辦法,實在找不出第二個辦法。所以,大乘教裡面提出一門深入、長時薰修。可是諸位一定要知道,智慧開了之後就有個效果發生,什麼效果?叫觸類旁通。觸是你接觸,你一接觸你就通達,不需要學你就明瞭、就通達。為什麼?因為一切法是自性變現的,你見了性,你能通一切法之性,就全明白、全通達了。我們學習就是希望對世出世間法全部都通達,像佛菩薩一樣,佛菩薩怎麼學的?一門深入,長時薰修,這樣學出來的。我們不相信,這一下手就廣學多聞,那就完了,害死你了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二九二集) 2011/2/20 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0292