Sekarang
kejadian bencana semakin meningkat frekuensinya, banyak orang yang datang
bertanya padaku, bagaimana cara kita menghadapi ancaman bencana?
Saya
beritahukan pada mereka, yang penting adalah ketenangan hati. Dengan hati yang
tenang menghadapinya, baik itu adalah bencana gempa, bencana Tsunami, atau
bencana apapun, kita jangan panik, gunakan kebijaksanaan untuk mengatasinya.
Andaikata
saat bencana terjadi, anda panik dan ketakutan, maka ini sangat berbahaya; dengan
perkataan lain, yang penting adalah dapat mengendalikan diri, takkan
terpengaruh oleh lingkungan luar.
Oleh
karena jiwa tenang maka raga pun berada dalam kondisi selamat, anda jadi
memiliki kemampuan dan kebijaksanaan guna mengatasi persoalan. Tanah longsor
dan penurunan permukaan tanah, merupakan fenomena gempa besar, asalkan dapat
menenangkan diri, takkan goyah, melafal Amituofo dengan kesungguhan hati, maka
sepatah Amituofo ini pasti efektif.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 29 Maret 2011
現在災難頻繁,有很多人來問我,我們要如何應對這個大災難?我告訴大家,最重要的就是安穩。心要定下來,地震也好,海嘯也好,任何災難現前我們要不為境界所動搖,你就有智慧來應付。如果災難現前,你就慌張、恐怖,那個很危險;換句話說,最重要的是能穩得住,不被外面境界所動。所以這兩句話講得好,五濁八苦不能擾亂你,你的心是定的,心定身就安,你就有能力、有智慧來處理問題。山崩地陷這是大地震的現象,能夠如如不動,認真的念佛,這一句佛號,如前面所說的,我們心是清淨的,我們的心是安穩的,這句佛號肯定起作用。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三五0集) 2011/3/29 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0350
Selain Pintu Dharma
Pelafalan Amituofo, metode manapun yang anda pilih, syaratnya harus melenyapkan
kekotoran batin hingga tuntas barulah dapat meraih keberhasilan, makanya hari
ini apakah anda dapat menemukan seorang praktisi yang berhasil mencapai
tingkatan kesucian pertama atau Srotapanna? Tidak dapat, tidak pernah terdengar, siapa yang berhasil mencapai
Srotapanna, tidak pernah terdengar, ini merupakan tingkatan kesucian yang paling
dasar dalam Mazhab Theravada.
Sedangkan di dalam Mazhab Mahayana,
Bodhisattva “Sepuluh Tingkatan Keyakinan” ibarat murid yang duduk di bangku
Sekolah Dasar, adakah praktisi yang berhasil mencapai tingkatan pertama atau
yang paling dasar dari Bodhisattva “Sepuluh Tingkatan Keyakinan”? Walaupun anda
mengelilingi seluruh dunia, juga takkan menemukan seorang pun.
Guru Sesepuh dan praktisi senior supaya
memudahkan kita belajar, sehingga menyampaikan pada kita ada lima ciri khas
seorang praktisi yang telah mencapai tingkatan Srotapanna, yakni :
Yang pertama, menyingkirkan kemelekatan pada
tubuh jasmani, takkan lagi menganggap tubuh jasmani ini sebagai aku. Siapa yang
dapat melakukannya?
Yang kedua adalah menyingkirkan pandangan
dualisme (contohnya : kaya miskin, jauh dekat, hitam putih dsb), pandangan
dualisme adalah pertentangan, Srotapanna telah berhasil menghapus pandangan
begini. Dia takkan berseteru dengan orang lain, juga takkan bertentangan dalam
segala hal, juga takkan berseteru dengan makhluk hidup maupun benda mati, yakni
Langit Bumi beserta seluruh isinya.
Dengan perkataan lain, Dia telah mampu
mewujudkan “Menuruti kehendak para makhluk, bersukacita pada jasa kebajikan
yang dilakukan orang lain”, tidak berseteru barulah dapat mewujudkannya.
Yang ketiga dan keempat, orang Tionghoa meng-istilahkannya
sebagai penafsiran atau opini sendiri. Orang yang memiliki opini pribadi yang
kuat selalu merasa pendapatnya yang paling benar, pendapat orang lain adalah
keliru. Srotapanna telah berhasil menyingkirkannya.
Yang kelima adalah segala pandangan salah
telah disingkirkannya, barulah Dia berhasil mencapai Srotapanna. Jika
menggunakan standar ini guna mengamati, ada berapa orang yang mampu
melakukannya? Apalagi tingkat kesucian yang lebih tinggi, tidak perlu dibahas
lagi.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 29 Maret 2011
Tingkatan Bodhisattva :
「又《彌陀要解》曰:不可思議,略有五意」。這蕅益大師的,蓮池大師說四個意思,蕅益大師說五意。「一、橫超三界,不俟斷惑。」有道理,你修任何一個法門都要斷煩惱,煩惱不斷你決定不能證得,連小乘須陀洹都要把八十八品見惑斷盡,你才能證得。所以今天你能不能去找到一個小乘初果?找不到,沒聽說過,誰證初果沒聽說過,這是佛法證果最低的位次。在大乘裡面十信位初信菩薩,十信好比佛教小學,小學一年級,我們去找,恐怕找遍全世界找不到一個,這都是真的。初果是什麼樣子?八十八品見惑,佛菩薩、祖師大德為了教學方便起見,把它歸納為五大類,好講。第一個身見斷了,不再執著身是我,誰做到?換句話說,《金剛經》上所說的「無我相,無人相,無眾生相,無壽者相」,他證得了,初果就證得,開始證得,愈往上面去就愈深入。我們可以這樣說法,大家好懂,初果證得少分,他少分起作用,他是真的證得,不是假的,四果就證得圓滿,四相真的破了。第二個邊見破了,邊見是二邊,我們現在講對立,他這概念沒有了。他不會跟一切人對立,不會跟一切事對立,也不會跟一切物對立,就天地萬物。換句話說,他真正能做到「恆順眾生、隨喜功德」,不對立才能做到,對立做不到。第三、第四我們中國人講成見,某人成見很深,或者現在的話,主觀觀念太強,什麼事情都是自己的意思是對的,別人總是錯誤的,主觀觀念。佛法把這個分為兩大類,一類是因上的成因,一類是果上的成因,全是錯誤的,他放下了。第五是不屬於這四種,一切錯誤的看法,全放下了,這才是初果,才入門。依這個標準來看,幾個人能做到?向上就不必說了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三五0集) 2011/3/29 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0350
Pintu Dharma Tanah Suci, dalam melatih metode
ini tidak harus menghapus kekotoran batin hingga sebersih-bersihnya barulah
dapat meraih keberhasilan.
Kalau tidak menghapus kekotoran batin hingga
sebersih-bersihnya, bagaimana bisa terlahir ke Tanah Suci Sukhavati? Asalkan
anda dapat meredamnya, mengendalikannya, agar dia tidak bisa efektif, dengan
demikian dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Jadi ibaratnya batu menindih rumput sehingga
tidak dapat bergerak lagi, maka itu kita juga dapat meredam kekotoran batin
dengan sepatah Amituofo.
Setiap niat pikiran yang muncul adalah
Amituofo, takkan membiarkan kekotoran batin menyusup dan bercampur ke dalamnya,
takkan ada keraguan sama sekali.
Keterampilan melafal Amituofo dapat meredam
segala khayalan, pandangan salah, pemikiran salah, saya takkan memikirkan hal
lainnya lagi, saya hanya menumpukan segenap perhatianku untuk melafal Amituofo.
Di hatiku hanya ada Buddha Amitabha, hanya ada Alam Sukhavati.
Alam Sukhavati itu ada di mana? Di dalam
“Sutra Usia Tanpa Batas”. “Sutra Usia Tanpa Batas” merupakan buku penjelasan
tentang Alam Sukhavati, merupakan pemandu Alam Sukhavati, yang memperkenalkan
pada kita tentang Alam Sukhavati.
Tiap hari saya hanya memikirkan Buddha
Amitabha, takkan merisaukan hal lainnya lagi, melepaskan segala kemelekatan,
anda telah berhasil!
Lihatlah, betapa unggulnya metode ini. Dari
84 ribu metode, mana ada Pintu Dharma yang sedemikian praktis dan mudahnya?
Kalau tidak sudi melatih Pintu Dharma ini, terus terang saja, jika melatih
metode lainnya, tidak mungkin bisa berhasil dalam satu masa kehidupan ini, anda
takkan sanggup mewujudkannya.
Hanya Pintu Dharma Pelafalan Amituofo,
barulah anda dapat meraih keberhasilan dalam satu masa kehidupan ini, bahkan
pencapaiannya adalah sedemikian unggulnya, sungguh tak terbayangkan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 29 Maret 2011
淨土法門不需要斷惑,就是最起碼的八十八品見惑都不要斷,你就能往生。不斷怎麼能往生?你把它伏住、控制住,讓它不起作用,就能往生。所以叫伏斷,不是真的斷,不是滅斷,是伏,石頭壓草壓住了,用什麼東西壓住?用這一句佛號。我念念都是阿彌陀佛,不讓這個東西滲透進來,不准夾雜,沒有懷疑。念佛這個功夫,就能把這些妄想、錯誤的看法、錯誤的想法統統伏住,我什麼都不想,我就想阿彌陀佛,我就想極樂世界。極樂世界在哪裡?《無量壽經》就是的。《無量壽經》是極樂世界的說明書,是極樂世界的導遊,介紹極樂世界,我天天想這個不想別的,統統放下了,你就成功!你看這個多高明。八萬四千法門裡,哪有這樣方便的法門?我們沒有這個法門,修任何法門,說老實話都不可能在這一生當中成就,你做不到。唯有這個法門你能做到,而且成功又特別殊勝,真正不可思議。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三五0集) 2011/3/29 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0350