Landasan
dari segala kebajikan adalah berbakti, bagaimana kita bisa mengetahuinya? Di
dalam “Tiga Berkah Karma Suci”, butir pertamanya adalah “Berbakti pada
Ayahbunda”.
Coba
kita pikirkan, andaikata kita terlahir di Alam Sukhavati, sudah memiliki
kemampuan untuk membantu para makhluk, siapa orang pertama yang akan anda
selamatkan terlebih dulu, kami percaya sosok yang akan anda selamatkan dulu
pasti adalah Ayahbunda dari masa ke masa.
Bukan
hanya satu masa kehidupan saja, namun Ayahbunda dari kehidupan demi kehidupan,
dimanapun mereka berada, anda pun memiliki kemampuan untuk menemukannya.
Mengapa
mereka merupakan sosok yang kita selamatkan terlebih dulu? Dia dan anda
memiliki jalinan jodoh Ayah dan anak, jodoh ini sangat mendalam melampaui
segalanya.
Buddha
menyelamatkan insan berjodoh, setibanya di Alam Sukhavati, anda telah mencapai
KeBuddhaan, insan berjodoh pertama yang diselamatkan adalah Ayahbunda dari banyak
masa kehidupan lampau, ini tidak perlu dikatakan lagi, terhadap hal yang masuk
akal, semua orang akan memiliki pemikiran yang sama.
Berbakti
pada Ayahbunda, bagaimana barulah dikatakan sempurna? Membantu Ayahbunda
terlahir ke Alam Sukhavati di penjuru barat, barulah baktimu jadi sempurna.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 14 Maret 2011
世出世間法根本的大善就是孝親,我們怎麼知道?淨業三福裡第一句話「孝養父母」。那我們想想,我們如果生到西方極樂世界,有能力幫助眾生了,我相信第一個念頭起來,就是幫助我們生生世世的父母。不是這一生一世,生生世世父母在哪裡你都能找到。是不是頭一個去度他們?他跟你有父子的緣分,這個緣分比什麼都深。佛度有緣人,到西方極樂世界你就成佛了,頭一個度有緣的人就是多生多劫的父母,這不用說的,人同此心,心同此理。孝養父母怎樣才做到圓滿?幫助父母往生西方極樂世界,你的孝養就圓滿。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二三集) 2011/3/14 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0323
Berbakti
pada Ayahbunda, bagaimana barulah dikatakan sempurna? Membantu Ayahbunda
terlahir ke Alam Sukhavati di penjuru barat, barulah baktimu jadi sempurna, tanpa
terlahir ke Alam Sukhavati, maka tidak sempurna.
Bakti
besar yang sempurna adalah dengan terlahir ke Alam Sukhavati barulah dapat
mewujudkannya.
Sosok
kedua yang paling berjasa pada diri kita adalah guru, “Menghormati guru”. Kita
harus membantu guru, guru memiliki jalinan jodoh yang mendalam dengan kita, serupa
dengan Ayahbunda, saya mesti membantu guru supaya terlahir ke Alam Sukhavati,
dengan demikian membalas budi guru barulah jadi sempurna.
Setelah
mencapai KeBuddhaan dan memiliki kemampuan menyelamatkan para makhluk, maka
sosok pertama yang akan diselamatkan adalah Ayahbunda dan guru kita, barulah
kemudian menyelamatkan semua makhluk di jagat raya yang selama kalpa tak
terhingga berjodoh dengan kita.
Hendaknya
diingat bahwa Ajaran Mahayana mengatakan “Buddha tidak menyelamatkan makhluk
yang tidak berjodoh”, bagaimanakah yang disebut tidak berjodoh?
Dia
tidak bersedia mendengarkan ucapanmu, tidak mau menerimanya, inilah yang
disebut sebagai tidak berjodoh.
Sedangkan
mereka yang suka mendengar ceramahmu, yang meyakini, yang bisa memahaminya, inilah
yang disebut sebagai insan yang berjodoh.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 14 Maret 2011
孝養父母怎樣才做到圓滿?幫助父母往生西方極樂世界,你的孝養就圓滿,沒有往生到西方極樂世界沒圓滿,圓滿的大孝是往生到極樂世界才能做得到。第二個大恩人,我們一定會想到的,老師,「奉事師長」。我們要幫助老師,老師跟我們的緣深,跟父母是相同的,我要幫助老師往生西方極樂世界,報老師的恩圓滿了。世出世法都是從至親,親愛到極處的人是父母、老師,先度他們,因為你圓明具德,你有這個能力。然後才普及到遍法界虛空界無量劫來與我有緣的眾生,這句話要記住,大乘教裡常講「佛不度無緣眾生」,無緣是什麼?他不聽你的,不接受,這就是無緣。喜歡聽、能相信、能理解,這都是有緣人。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二三集) 2011/3/14 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0323
Dalam
mempelajari Ajaran Mahayana, hendaknya memiliki pengetahuan benar dan pandangan
benar, memastikan bahwa semua makhluk adalah tidak muncul dan tidak lenyap.
“Sutra
Altar” menyebutkan “Ternyata jiwa sejati itu tidak muncul dan tidak lenyap”.
Kalimat ini menunjukkan bahwa Vijnana (kesadaran atau roh) setiap makhluk tidak
mati.
Yang
mengalami kematian adalah tubuh fisik, selama ini kita telah salah tafsir
menganggap tubuh kasar ini adalah diri sendiri.
Ini ibaratnya
kita menganggap pakaian yang kita kenakan sebagai diri sendiri. Meskipun saya
dapat hidup selama beberapa dasawarsa di dunia ini, tetapi pakaianku tidak bisa
bertahan begitu lama, pakaian yang sudah usang dan rusak ini harus diganti
dengan yang baru.
Selama
ini kita berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, lahir dan mati,
melepaskan fisik lama dan mengenakan fisik baru, adalah serupa dengan
gonta-ganti pakaian, anda harus memahami kebenaran ini, jadi sesungguhnya tidak
ada yang disebut lahir dan mati.
Oleh
karena kita sadari bahwa tidak ada lahir dan mati, makanya kita tidak boleh
menjalin ikatan permusuhan dengan semua makhluk, mengapa demikian?
Setelah
kita mengikat permusuhan dengannya, dia tidak mati, dia akan bertumimbal lahir
lagi, pada masa kehidupan mendatang akan berjumpa lagi.
Pada
masa kehidupan sekarang saya mencelakainya, pada masa kehidupan mendatang dia
akan balas mencelakaiku, saling balas membalas tiada usainya.
Hal
begini tidak boleh dilakukan. Ketahuilah bahwa balas dendam menyebabkan kedua
belah pihak sama-sama merana, jadi bukanlah dia yang tersiksa saya yang senang,
bukan begitu, tetapi dua-duanya saling merana, jadi buat apa!
Mengapa
tidak menyumbangkan budi kebajikan kepada orang lain? Dua pihak akan saling
merasakan kebahagiaan, bukankah begini lebih bagus!
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 14 Maret 2011
修學大乘第一個正確的認知,在佛法講正知正見,是什麼?肯定一切眾生不生不滅,《壇經》上所說「何期自性,本不生滅」。承認遍法界虛空界一切眾生生命是永恆的,你是永恆的,我也是永恆的。生死是假的不是真的,生死是什麼?身體。身體是個物質現象,不是我,身有生死,我沒有生死。就好比我們把我們的身當作我,真我,我們穿的衣服是假我。我在這個世間可以住幾十年,衣服不行,穿個幾年就穿破了、穿舊了,不要了。你不要,捨棄它了,這個衣服死了,你又換一件新的。我們在六道裡頭捨身受身,就跟穿衣服脫衣服一樣,你要了解這個事實真相,沒有生死,這是因果理念的根源。你知道一切眾生沒有生死,我們跟一切眾生肯定結善緣不結惡緣。為什麼?結了惡緣,他沒死,他有來生,來生碰到的時候,我這一生害了他,來生他要害我,冤冤相報,沒完沒了,這個事情不能幹。要知道這個報復是雙方都苦,不是他苦我樂,不是的,兩方面都苦,那又何必!為什麼不布施恩德?雙方都快樂,雙方都幸福,這個好!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二三集) 2011/3/14 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0323