Kamis, 05 September 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Februari 2011 (Bgn 2)


Manusia hidup di dunia ini, sesungguhnya apa yang dibutuhkan tidaklah banyak, menjalani kehidupan yang bersahaja, memiliki sedikit saja sudah cukup. Selebihnya boleh disumbangkan kepada orang yang membutuhkan uluran tangan, dengan cara demikian menghapus pikiran loba.

Nafsu keserakahan manusia adalah harta, rupa, popularitas, makanan dan tidur, inilah yang disebut sebagai Lima Nafsu Keinginan, asalkan cukup maka harus tahu berhenti. Praktisi zaman dulu berusaha menguranginya sedikit demi sedikit, jangan sampai merasa puas, sebaliknya harus dikurangi, apa manfaatnya?

Terhadap dunia ini takkan ada perasaan mendambakan. Apabila dalam hal pemenuhan materi, setiap jenisnya juga harus berkecukupan, maka dia akan melekat dan merindukannya, selalu ingin memperoleh, setelah berhasil mendapatkannya lalu takut kehilangan, ini merupakan rintangan yang sangat besar bagi praktisi pelafal Amituofo dalam upayanya terlahir ke Alam Sukhavati.

Kemelekatan pada harta benda mesti dikurangi sedikit demi sedikit. Kemelekatan pada rupa, praktisi non awam selamanya menjauhi hal ini, sedangkan bagi praktisi awam, asalkan cukup maka harus tahu berhenti.

Demikian juga dengan popularitas, asalkan cukup maka harus tahu berhenti, jangan sampai bersaing dan berebutan dengan orang lain, menciptakan karma jelek.

Bila gagal diperebutkan, ini berarti tidak ada di dalam garis hidup, bila berhasil diperebutkan, itu juga karena sejak semula memang sudah ada di dalam garis hidup. Kalau memang sudah digariskan, buat apa diperebutkan!

Dengan hati yang selalu ingin bersaing, menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya, apa yang berhasil diperolehnya, sejak semula sudah ada di dalam garis tangannya, bukankah kondisi ini sungguh memprihatinkan!

Lagi pula dengan cara yang tidak benar merebutnya dari orang lain, harta kekayaan yang ada di dalam garis hidup justru jadi menyusut.

Umpamanya kekayaan yang ada di dalam garis hidupmu, jumlahnya satu juta dolar, tetapi anda menggunakan cara curang untuk mengelabui harta orang lain, alhasil jumlah harta yang ada di dalam garis hidupmu menyusut jadi tersisa 500 ribu dolar saja, sudah begitu malah merasa begitu bangga karena berhasil mengelabui orang lain, padahal apa yang berhasil dia peroleh memang miliknya sendiri yang sudah kena potong akibat kejahatannya. Bukankah kondisinya sungguh malang?

Apabila dapat mewujudkan tidak bersaing dengan orang lain, tidak mendambakan dunia ini, meskipun diri sendiri cuma memiliki sedikit saja, namun juga sanggup berbagi berkah dengan orang lain, ini adalah pengamalan Bodhisattva.

Alhasil kian murah hati kian berlimpah berkahnya, berkah yang diperoleh takkan dinikmatinya sendirian, apabila dinikmati sendiri, maka tidak diperlukan, menu sederhana merupakan hidangan yang paling menyehatkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Februari 2011


人生在世,生活很簡單,有一點點就夠了。有餘,布施缺乏的人,這個貪的想就能斷掉。人的貪欲就是財色名食睡,這五欲,適可而止。古人修行都希望這是缺一點,不讓它滿足,都有欠缺,這有什麼好處?對這個世間沒有貪戀。如果物質上樣樣都能很滿足的話,他就有貪戀,患得患失,這個對於念佛往生是很大的障礙,不能不知道。財少一點好。色,出家人是永遠離開了,在家都要知止。名利也都適可而止,不要去跟人爭,爭就是造罪業。爭不到的,命裡沒有,爭到的都是命裡有的,命裡有的何必要去爭!

用競爭的心,用非法的手段,所取得的全是命裡有的,這冤枉,真冤枉!而且不正當手段取得的,一般說對你已經打折扣了。譬如你命裡只有一百個萬,一百萬,用不正當的手段得來的,你只能得五十萬,自己覺得很滿意了,我比別人能幹,我能掙得這麼多。殊不知已經打對折,你命裡不止這麼多,你說冤不冤枉?如果做到於人無爭,於世無求,自己有一點,都希望布施給別人,這是菩薩的行為。他的結果怎麼?愈施愈多,愈多愈施,絕不留給自己享受,留給自己享受就錯了,不必,粗茶淡飯是最健康的飲食。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二八一集)  2011/2/14

 


 

 Hari ini udara yang kita hirup mengandung banyak mikro-organisme (bakteri, virus, jamur dsb) di dalamnya. Bagi manusia yang memiliki daya kekebalan tubuh yang kuat, maka tidak mudah terinfeksi. Sebaliknya bagi mereka yang sistem imunnya lemah, maka mudah terjangkit.

Meskipun anda mengenakan pakaian steril, juga tidak ada jaminan bahwa mikro-organisme tidak mampu menyambangimu, pelat baja saja bisa ditembusinya.

Anda mengurung diri di rumah, pintu dan jendela ditutup rapat-rapat, namun empat bilah tembok rumahmu juga tidak mampu menghalangi mikroba datang menyambangimu. Bayangkanlah, sungguh menyeramkan!

Maka itu Buddha Sakyamuni menyampaikan pada kita, hati yang suci, setara dan tercerahkan dapat melindungi dirimu, dengan membangkitkan hati yang bajik, suci, welas asih, mikroba jadi ogah berdekatan denganmu.

Sebaliknya bagi yang berhati jahat, dalam hatinya ada tiga racun yakni ketamakan, kebencian, kedunguan, di dalam dirinya sudah terkandung tiga jenis racun dahsyat ini, maka itu mikroba merasa senang singgah dan menetap di dalam tubuh orang begini. Alhasil tubuhnya terinfeksi dan jatuh sakit.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Februari 2011


今天空氣裡帶著有病毒的這種微生物很多,它在空氣裡面流轉,它能透過人體。這就是講我們一般人講免疫的能力,透過你身體,沒有沾染;如果透過你身體,它停留在裡面,你就感染病毒了。我們穿衣服不行,它能穿透,它能到你身體裡面。穿再厚的衣服,防毒、消毒的衣服都不行,它連鋼板都能透過,我們這個水泥牆壁擋不住,你就愈想愈可怕。可是佛告訴我們,清淨平等覺能保護你,你心地善良,清淨、慈悲,它通過你的時候一點障礙沒有。如果心地不善,心裡面有毒,有貪瞋痴慢疑五毒,心裡面有毒,它遇到之後,它就會停留在你身體,你身體就帶病毒。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二八一集)  2011/2/14




 

Mengapa wabah penyakit menjadi maut yang mengerikan? Akhir-akhir ini kita mendengar laporan di beberapa wilayah terdapat sekelompok burung yang mendadak mati dan jatuh dari angkasa ke permukaan tanah.

Dalam laporan tersebut dikatakan bahwa kondisi burung-burung itu sungguh mengenaskan, sebelum menemui ajal, mengeluarkan suara yang sangat memilukan, setelah jatuh terhempas ke permukaan tanah, dari mulut mereka mengalir keluar darah segar.

Kemudian para ilmuwan melakukan penelitian, kemungkinan besar burung-burung itu telah mengonsumsi makanan beracun.

Mikro-organisme (virus, bakteri, jamur dsb) yang bebas melayang dan beterbangan di udara, saya percaya benda-benda ini akan membawa bencana parah bagi kehidupan di Bumi ini.

Buddha Sakyamuni mengajarkan pada kita supaya membangkitkan hati suci, dan hati Maitri Karuna. Dengan hati suci takkan terjangkit virus penyakit, sedangkan hati Maitri Karuna dapat menawar racun. Sebesar apapun ikatan permusuhan, dengan hati Maitri Karuna dapat mengurainya.

Praktisi Buddhis memahami pentingnya menjauhi nafsu keinginan, mengembangkan cinta kasih universal, menyingkirkan kedunguan. Untuk menyingkirkan kedunguan, mesti belajar ajaran sutra, melafal Amituofo dengan kesungguhan hati, melafal Amituofo hingga mencapai Pikiran Terfokus Tak Tergoyahkan, yakni tercapainya Samadhi Pelafalan Amituofo.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Februari 2011


為什麼傳染病會造成嚴重的死亡?我們最近也聽到報導,好像有些地方鳥類大批大批的從空中掉下來。報導裡面,牠們死得很淒慘,死亡之前叫的聲音很淒慘,掉下來之後,口裡都流血。所以一般科學家檢驗,牠可能是吃了有毒的東西,當然有可能。這種帶著病毒,在空中飄浮,我相信這些東西會帶給地球上生物嚴重的災難。佛法教導我們修清淨心、修慈悲心,清淨心不會染污,慈悲心能夠解毒,再大的怨恨,遇到慈悲都化解了。學佛的人懂得,一定要修離欲、修慈、無痴。無痴,那就要學經教,就要認真念佛,念佛念到一心不亂,就是念佛三昧。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二八一集)  2011/2/14