Di dalam Sutra
Lotus atau “Saddharma Pundarika Sutra”, Buddha Sakyamuni menyampaikan pada
kita, semua Buddha di sepuluh penjuru dari tiga masa menjelma di dunia ini,
yang juga menjelma di Dasa Dharmadhatu, apa tujuannya? Yakni untuk membantu
para makhluk menghancurkan kesesatan dan mencapai pencerahan, dalam satu kelahiran
menyempurnakan KeBuddhaan. Para Buddha adalah demi tujuan ini makanya muncul di
dunia.
Oleh karena
itu kita mengetahui bahwa para Buddha tidak mengharapkan pamrih apapun. Sang
Buddha telah menemukan kembali jiwa sejati, di dalam jiwa sejati telah sempurna
akan kebijaksanaan, kemampuan kebajikan, rupa yang bagus, jadi apa lagi yang diinginkan
Buddha?
Secara
keseluruhan adalah “Maitri Karuna Buddha kepada semua makhluk adalah tanpa
syarat”. Maitri adalah cinta kasih kepada semua makhluk tanpa membeda-bedakan.
Karuna adalah belas kasih kepada semua makhluk tanpa membeda-bedakan.
Hanya tahu
menyelamatkan para makhluk supaya menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan,
tidak ada niat terselubung, juga tidak ada maksud lainnya.
Manusia di
dunia ini tidak mengetahui kebenaran
ini, mengira bahwa para Buddha dan Bodhisattva hobi mengejar ketenaran dan
keuntungan, penafsiran begini sudah keliru.
Buddha dan
Bodhisattva takkan menyalahkan manusia, mengapa demikian? Oleh karena Sang
Buddha mengerti dengan jelas, sementara manusia di dunia apapun tidak jelas.
Manusia
telah tersesat jiwa sejatinya, melekat dan menganggap tubuh fisik ini adalah
aku, maka itu timbul niat mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi,
serakah, murka, dungu, pongah, timbullah hal-hal begini.
Hal-hal
inilah yang menuntunnya menciptakan karma jelek selama kelahiran demi
kelahiran, sementara itu karma baiknya malah sedikit, terutama pada era kini.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 1 Maret 2011
Dasa Dharmadhatu baca di :
「舍利弗,是為諸佛以一大事因緣故,出現於世。上明諸佛唯因一大事因緣,開示悟入佛之知見,而出現於世。」《法華經》上世尊告訴我們,十方三世一切諸佛應化在世間,也應化在十法界,什麼原因?就是為了幫助眾生破迷開悟,一生證得圓滿的佛果。佛是為這樁事情來到世間的。那我們就知道,佛對於這個世間一無所求。佛證得的是真如自性,自性裡面具足圓滿的智慧德相,他還有什麼所求的?完全是「無緣大慈,同體大悲」,只是幫助眾生離苦得樂,沒有其他的意圖,也沒有任何的目的。世間人無知,以為諸佛菩薩都好名好利,錯了,完全看錯了。佛菩薩不會怪罪世人,為什麼?他清楚,世間人不清楚。世人迷失了自性,執著這個身是我,從我就會生起自私自利、貪瞋痴慢,就生出這些東西。這些東西生生世世相繼造業,惡業多、善業少,特別是在今天。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三0九集) 2011/3/1 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0309
Sila pertama dari “Lima Sila” adalah tidak
membunuh, sila pertama dari “Sepuluh Kebajikan” juga adalah tidak membunuh,
demikian pula dengan Sila Bodhisattva, Sila KeBhiksuan juga menempatkan
larangan membunuh di urutan pertama, dari sini dapat diketahui betapa beratnya
karma ini, yang berakibat jatuh ke Neraka Avici.
Kini
di dunia ini, karma pembunuhan sudah terlampau berat, bukan hanya menyembelih
hewan, bahkan juga membunuh manusia, bahkan melakukannya dengan sengaja,
walaupun sudah tahu tidak boleh.
Lihatlah
di dunia ini setiap harinya, berapa banyak jumlah wanita yang melakukan aborsi?
Ini adalah membunuh manusia, bisa anda bayangkan berapa banyak manusia yang
dibunuh setiap harinya!
Janin-janin
tersebut bukanlah orang biasa, namun mereka adalah anak-anak yang datang ke
dunia karena memiliki ikatan jodoh dengan Ayahbunda-nya, baik berupa balas
budi, balas dendam, tagih utang dan bayar utang. Jika bukan karena empat jenis
jalinan jodoh ini, mereka takkan datang menjadi keluargamu.
Dia
bersukacita datang menjadi buah hatimu, tetapi anda malah menghabisi nyawanya, jika
dia datang untuk balas budi, maka budi berubah jadi dendam; sebaliknya bila dia
datang untuk balas dendam, maka dendam ditambah dendam, apakah anda sanggup
menanggungnya?
Sedangkan
janin yang datang karena urusan tagih utang dan bayar utang, anda sengaja
menamatkan riwayatnya, sekarang bukan saja urusan utang piutang tidak bisa
tuntas, ditambah lagi ikatan permusuhan, ini lebih mengerikan dari segalanya!
Insan
yang belajar Ajaran Buddha telah tercerahkan, melatih diri dengan kesungguhan
hati, melimpahkan jasa kebajikan kepada arwah janin, memohon kepada Buddha dan
Bodhisattva untuk membantu mengurai ikatan permusuhan.
Kalau
tidak percaya pada Buddha Dharma yah apa boleh buat, akibatnya kelak adalah
jatuh ke tiga alam rendah, kelahiran demi kelahiran saling balas membalas tiada
usai-usainya.
Kalau
sudah begini keadaannya, bagaimana lagi bisa melewati hari demi hari di lingkaran
enam alam tumimbal lahir? Satu masa kehidupan demi satu masa kehidupan, makin
larut dalam kesengsaraan, apa yang ditabur itulah yang dituai, menerima hasil
perbuatan diri sendiri, tidak boleh menyalahkan orang lain.
Sutra
Buddha menyebutkan, “Menolong nyawa seorang manusia melampaui membangun pagoda
tujuh tingkat”, lantas bagaimana dengan mencelakai nyawa seorang manusia?
Coba
pikirkan, menolong nyawa seorang manusia, jasa kebajikannya tiada bandingnya;
sebaliknya mencelakai nyawa seorang manusia, siksaan yang akan diterimanya juga
tiada bandingnya.
Buddha
dan Bodhisattva yang melihat fenomena sedemikian rupa, kita memiliki alasan
kuat untuk percaya bahwa Mereka pasti datang menjelma ke dunia ini.
Pastinya
bukan hanya seorang Buddha atau Bodhisattva saja yang menjelma ke dunia ini, namun
jumlah Mereka yang menjelma ke dunia ini adalah tak terhingga dan tanpa batas, menuntun
manusia untuk kembali ke jalan yang benar, membantu para makhluk supaya tercerahkan,
jangan lagi menciptakan karma buruk, jangan lagi melakukan pembunuhan.
Menghabisi
nyawa makhluk hidup, bagaimana perasaan mereka? Dendam ini takkan dilupakannya,
orang yang tidak tercerahkan tentu akan menyimpan dendam ini di hati, menunggu
kesempatan melakukan pembalasan itu tiba.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 1 Maret 2011
佛家五戒第一條是不殺生,十善業道第一條也是不殺生,菩薩戒、比丘戒都把這個擺在第一條,由此可知這個業重,阿鼻地獄的罪業。現在這個世間殺業太重,不僅是殺畜生,殺人,自己知道,不是不知道。你們注意去調查一下,去問一問,這個世界每天墮胎的人有多少,那是殺人,你就知道這個社會每天殺多少人!這些人不是普通人,兒女跟父母四種緣分,報恩、報怨,討債、還債,不是這四種緣不會到你家裡來。他來了,你把他殺了,報恩的,恩就變成仇,報怨的,仇上再上仇恨,你怎麼受得了?討債還債,不但有債務沒了,還要加上冤仇,這個業怎麼辦?比什麼都可怕!學佛的同學明白、覺悟了,認真修行,將自己功德迴向給這些嬰靈,求佛菩薩幫助調解。不相信佛法的那就難了,果報在三途,生生世世冤冤相報,沒完沒了。這六道的日子能過嗎?一世比一世苦,自作自受,不能怪人。佛經上有說,「救人一命勝造七級浮屠」,害人一命呢?你反過來想。救人一命,功德之大沒有能相比的;害人一命,那個惡報之苦也沒法子比。佛菩薩愈是看到這種現象,我們有理由相信,他一定應化在這個世間。決定不止一尊佛菩薩,無量佛菩薩在世間,幫助人回頭是岸,幫助人省悟過來,不能再造惡業,不能再殺生。殺害眾生,眾生是什麼樣的感受?這種感受他永遠不會忘記,沒覺悟的人一定懷著瞋恨心,等待機會報復。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三0九集) 2011/3/1 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0309