Mereka (para
Buddha) berdiam dalam jiwa sejati, lantas bagaimana dengan diri kita, apakah
kita juga berdiam dalam jiwa sejati? Jujur saja, kita juga berdiam dalam jiwa
sejati. Lantas kenapa keadaannya tidak sama? Kenapa kondisi kita begitu memprihatinkan?
Sesungguhnya
kita juga berdiam dalam jiwa sejati, tetapi kita tidak menyadarinya. Apa benar?
Memang nyata adanya. Asalkan anda bersedia melepaskan (menyingkirkan) khayalan,
perbedaan dan kemelekatan, maka anda dapat menemukan kembali jiwa sejati.
Tapi
celakanya, oleh karena anda tidak sanggup melepaskan khayalan, perbedaan dan
kemelekatan, makanya niat pikiran yang timbul, membeda-bedakan dan melekat,
sehingga “Alam Dharma Tunggal Sejati” berubah menjadi Dasa Dharmadhatu (Sepuluh
Alam Dharma), berubah menjadi enam alam tumimbal lahir, berubah jadi tiga alam
penderitaan, semua ini muncul dari niat pikiranmu sendiri, tidak ada kaitannya
dengan orang lain.
Kalau
dalam kondisi sekarang ini, anda merasa tidak puas, menyalahkan Langit dan
Bumi, menyalahkan orang lain, maka dosa ditambah dosa. Mengapa demikian? Sesungguhnya
tidak ada orang yang cari gara-gara dengan dirimu, segala problema diciptakan
oleh niat pikiran sendiri, anda telah tersesat, anda tidak tercerahkan.
Apakah
lingkungan di luar sedang mempengaruhi diriku? Terus terang saja, lingkungan di
luar tidak dapat mempengaruhi dirimu. Kalau anda bersikukuh bahwa “Ini
gara-gara lingkungan luar yang telah mempengaruhi diriku”, lantas kenapa Buddha dan Bodhisattva tak
terpengaruh? Oleh karena Buddha dan Bodhisattva tidak timbul niat pikiran,
tidak membeda-bedakan, tidak melekat, makanya Mereka takkan terpengaruh, Mereka
dapat berdiam di “Alam Dharma Tunggal Sejati”.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 1 Maret 2011
Dasa Dharmadhatu baca di :
「如實安住,即如實而安住於此真實之際。」這裡頭給我們說得很清楚,性相一如,理事不二,他們住在真如實相之中。那問一句話,我們是不是?說老實話,我們也是。為什麼我們會變成這個樣子?我們是,但是不知道,確實是住在真如實相當中,你自己完全不曉得。真的嗎?一點都不假。只要你能夠把妄想分別執著放下,此地就是真如實相。壞在哪裡?壞在因為你有妄想分別執著,就是你有起心動念、分別執著,把真如實相變質了,變成十法界,變成六道,變成三途,都是你自己念頭變的,跟別人毫不相關。如果你在這個環境裡頭還不滿意,還怨天尤人,那你是罪上加罪。為什麼?沒有人來找你的麻煩,完全是你自己心態變現的,你迷了,你不覺。外面境界有沒有影響你?說老實話,沒有影響你。你要是「我被它影響」,為什麼佛菩薩不受它影響?佛菩薩不起心、不動念、不分別、不執著,所以他不受影響,他就住一真法界。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一0集) 2011/3/1 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0310
Diri
sendiri timbul niat pikiran, membeda-bedakan dan melekat, semua ini adalah ulah
sendiri, mulanya berdiam di “Alam Dharma Tunggal Sejati”, tempat kediaman jiwa
sejati sesungguhnya tidak ada bedanya dengan Tanah Suci para Buddha.
Jadi buat
apa melekat? Oleh karena anda memiliki kemelekatan barulah ada enam alam
tumimbal lahir, ketika anda tidak melekat lagi, maka enam alam tumimbal lahir
takkan tampak lagi, mana ada enam alam tumimbal lahir?
Coba
tanyakan pada Arahat dan Pratyekabuddha, adakah enam alam tumimbal lahir itu?
Mereka akan menjawab, Saya tidak melihatnya. Mengapa demikian? Oleh karena
Mereka tidak melekat lagi, “kekotoran batin pandangan dan pemikiran” telah
dilenyapkannya.
Hari ini
kita sibuk bergelut dengan “kekotoran batin pandangan dan pemikiran” atau
kemelekatan, “kekotoran batin pandangan dan pemikiran” memunculkan enam alam
tumimbal lahir, jadi enam alam tumimbal lahir itu diciptakan oleh kekotoran
batin-mu sendiri.
Apa yang
diciptakan diri sendiri, akibatnya diterima diri sendiri. Inilah yang disebut
dengan apa yang ditabur, itulah yang dituai. Tidak ada kaitannya dengan orang
lain.
Buddha
dan Bodhisattva dengan Maha Maitri Maha Karuna datang menyadarkan dirimu,
setelah anda tercerahkan, setelah anda memahaminya, maka singkirkanlah
“kekotoran batin pandangan dan pemikiran” atau kemelekatan tersebut, setelah
berhasil melepaskan “kekotoran batin pandangan dan pemikiran”, maka enam alam
tumimbal lahir pun ikut raib.
Setelah
berhasil melepaskan (melenyapkan) “Kekotoran Batin Bagaikan Debu dan Pasir”, maka
Alam Sravaka dan Alam Pratyekabuddha tidak tampak lagi. Setelah berhasil
melepaskan (menghapus) niat pikiran, maka Sepuluh Alam Dharma (Dasa Dharmadhatu)
tidak tampak lagi, muncullah Negeri Buddha yang suci, segala kewibawaan yang
sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati, kini muncul ke permukaan, maka
itu segala sesuatu merupakan masalah diri sendiri, tidak ada kaitannya dengan
orang lain.
Budi
kebajikan Buddha dan Bodhisattva yang terbesar adalah membangunkan diri kita,
menyadarkan diri kita, kita tidak memahami fakta yang sesungguhnya, kita
menganggap keadaan kita sekarang ini adalah nyata adanya, menjalani segala
siksaan di dalamnya, namun siapa yang sangka ternyata segalanya adalah khayalan semu!
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 1 Maret 2011
Catatan :
Yang dimaksud dengan “kekotoran batin
pandangan dan pemikiran” adalah kemelekatan.
Tiga Kelompok Kekotoran Batin :
Dasa Dharmadhatu baca di :
我們自己起心動念、分別執著,自己搞出來的,原本都是一真,都是諸佛的報土,也是自己的報土,自他不二,為什麼要執著?因為你有執著,所以才有六道輪迴,你不執著了,六道輪迴就不見了,哪來的六道輪迴?你問阿羅漢、問辟支佛有沒有六道輪迴?他會跟你說我沒見到。為什麼?他沒有執著了,見思煩惱斷了。我們今天有見思煩惱,見思煩惱變現出六道輪迴,你自己的煩惱自己變的,自己變的果報自己去受,叫自作自受,與任何一個人都不相干。佛菩薩大慈大悲來把你點醒。你真的覺悟、明白了,見思煩惱一放下,六道真的沒有了。塵沙煩惱一放下,聲聞、緣覺沒有了。起心動念一放下,十法界沒有了,清淨佛土、具足莊嚴這個時候現前,全都是自己的事情。佛菩薩對眾生最大的恩德就是把我們點醒,我們不了解事實真相,我們以為事實真相是真有,在這裡頭受苦受難,哪知道全是假的!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一0集) 2011/3/1 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0310