Sabtu, 21 Desember 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011 (Bgn 2)


Mengerahkan segenap daya upaya guna mendedikasikan diri bagi semua makhluk di jagat raya, membantu mereka menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan.

Bagaimana cara Buddha dan Bodhisattva membantu para makhluk? Yakni dengan pengajaran, memberi teladan dalam bentuk pengamalan nyata. Terlebih dulu membiarkan dia melihat dengan jelas dan dimengerti, barulah kemudian menyampaikan teori padanya.

Ini merupakan upaya kausalya dari para Buddha Tathagata dalam membimbing para makhluk, apabila dia tidak melihat teladan nyata, dia takkan bisa percaya.

Anda sampaikan teori padanya, tidak ada gunanya, dia takkan bisa percaya, terkecuali setelah melihat teladan nyata, barulah dia mau percaya dan menerima ajaran yang anda sampaikan.

Setelah memahaminya, barulah dia akan membangkitkan hati sukacita, barulah membulatkan tekad mencapai KeBuddhaan, dengan meneladani Buddha Amitabha, kelak saat mencapai KeBuddhaan nanti, semoga dapat menyerupai Buddha Amitabha.

Andaikata kita semuanya dapat meneladani Pangeran Ajatasatru, juga dapat mengikrarkan tekad ini, apa yang akan anda peroleh? Pasti dilindungi para Buddha, Dewa, Naga dan para makhluk bajik lainnya. Mengapa demikian? Anda adalah Bodhisattva sejati, bukan yang palsu, dimanapun tempat anda berada, bencana dan petaka akan menyusut dan berkurang.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011

Triloka dan 31 Alam Kehidupan :


全心全力為遍法界虛空界一切眾生服務,幫助他們離苦得樂。佛菩薩用什麼方法去幫助他們?用教學、用示範,示範是身教,做出榜樣給他看。先讓他看清楚、看明白,然後再給他說明,這說明是言教。這是諸佛如來教化眾生的善巧方便,他沒有看到,他不相信,你給他講沒用處,他看到了,他相信了,再向你請教,你再詳細解釋給他聽,他明白了,他生歡喜心,才發願作佛,以阿彌陀佛做榜樣,我作佛要跟他一樣。如果我們也能夠學阿闍王子,也能發這樣的大願,你得到了什麼?肯定的,諸佛護念,龍天善神擁護你。為什麼?你是菩薩,你是真菩薩不是假的,你所在之處少災少難。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二一集)  2011/3/13  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0321

 


 

Setiap hari kita melakukan kebaktian pagi dan kebaktian sore, belajar ajaran sutra, setelah selesai, kita melimpahkan jasa, yang pertama adalah semoga dunia bebas dari bencana alam dan bencana akibat ulah manusia, memohon semoga Buddha dan Bodhisattva ber-Maitri Karuna mengurainya.

Apakah Buddha dan Bodhisattva ber-Maitri Karuna? Tentu saja. Apakah bersedia mengurai bencana? Tentu saja. Tetapi mengapa tidak terurai juga? Oleh karena masih kurang satu faktor pendukung atau jodoh, apakah jodoh tersebut?

Penduduk Planet Bumi mesti kerja sama denganNya, yakni harus serupa dengan Buddha dan Bodhisattva memiliki hati Maitri Karuna, memiliki hati yang tulus, barulah dapat mengurai bencana.

Kekuatan ini adalah seimbang, seperti yang tercantum di dalam sutra, Hati, Buddha dan Makhluk, tiga kekuatan ini adalah berimbang. Hati, Buddha dan Makhluk, ketiga-tiganya tidak berbeda, hal ini disebutkan di dalam sutra.

Maka itu kita memiliki kekuatan Buddha, memiliki kekuatan kita sebagai makhluk, kekuatan hati tersebut kita katakan adalah fenomena alam, fenomena alam juga dapat dikendalikan, juga dapat diurai.

Kebenaran ini tercantum di dalam ajaran sutra Mahayana, namun sayangnya orang masa kini tidak percaya, kalau tidak percaya maka anda takkan bisa menemukan cara untuk mengurai bencana, makanya anda harus menanggung segala dampak kerusakan akibat bencana.

Andaikata anda menyadari fenomena ini, minimal anda dapat menyelamatkan diri sendiri, dengan perkataan lain, bencana ini tidak ada kaitannya dengan dirimu, anda takkan mengalami dampak dari bencana.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011

我們每天做早晚課,學習經教這堂課終了,我們都有迴向。迴向第一個就是這個世間人為、自然這些災害祈求佛菩薩慈悲化解。佛菩薩慈不慈悲?慈悲。肯不肯化解?肯化解。那為什麼化解不掉?他缺少一個緣,這個緣是什麼?我們地球上的居民要跟他合作,要跟佛菩薩同樣的有慈悲心、有真誠心,就能化解。這個力量幾乎是相等的,這經上常講,心的力量,心、佛、眾生,這三個能量是相等的。心佛眾生,三無差別,這是經上常講。所以我們有佛力,有我們眾生的力,那個心力我們講是自然現象,自然現象也能夠控制、也能夠化解。這個道理只有大乘經教裡頭有,可惜現在人不相信,那不相信你就找不到化解的方法,那你必須要承當這個災難後果。你要知道這個現象,至少你能夠自度,換句話說,這個災難與你不相干,你不會受到災難。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二一集)  2011/3/13  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0321



 
 

Seorang praktisi yang meninggal dunia dalam bencana, di hati setiap insan yang melihat kejadian ini tentunya merasa miris, padahal sesungguhnya praktisi tersebut telah terlahir ke Alam Sukhavati, atau bertumimbal lahir di Alam Dewa atau surga, dia pergi ke tempat yang lebih baik.

Sebaliknya orang jahat, orang yang selalu diliputi rasa takut, orang yang hobi mengeluh dan menyalahkan orang lain, setelah mati jatuh ke tiga alam rendah. Tempat yang dituju tidaklah sama, dalam hal ini mengajarkan pada kita fakta bahwa tak peduli bagaimanapun caranya meninggalkan dunia ini, sesungguhnya yang mati itu cuma tubuh fisiknya saja.

Setiap orang menuju tempat yang berbeda-beda, siapa yang menyuruhnya ke sana? Dia yang ikhlas dan dengan senang hati menuju ke tempat tersebut. Orang yang rakus dan serakah, pasti akan berkumpul bersama dengan orang yang tamak, yang suka mengejar ketenaran dan keuntungan, yang mendambakan lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur) dan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), pasti akan berkumpul dengan orang-orang yang sama kategorinya, di manakah tempat yang cocok buat mereka? Yakni di Alam Setan Kelaparan.

Tamak berakibat jatuh ke Alam Setan Kelaparan, kebencian berakibat jatuh ke Neraka, dungu berakibat jatuh ke Alam Binatang.

Ingatlah bahwa dengan mengamalkan Lima Sila barulah dapat bertumimbal lahir ke Alam Manusia. Dengan mengamalkan Sepuluh Kebajikan barulah dapat bertumimbal lahir ke Alam Dewa (surga).

Mengendalikan enam landasan indria, dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan, barulah dapat terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan.

Lantas ke manakah kita akan menuju nantinya? Tidak perlu bertanya pada orang lain, orang lain takkan bisa mengetahuinya, juga tidak perlu tanyakan pada Buddha dan Bodhisattva, Buddha dan Bodhisattva juga tidak tahu kamu maunya ke mana.

Hanya diri sendiri yang paling tahu dan paling jelas, kelak ke mana akan menuju nantinya, tepuk dada tanya hati sendiri.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Maret 2011


一般人心目當中看到,明明你在這個災難裡死了,實際上是我們的眼睛看錯了,他沒死,他到極樂世界去了,他到天道去了,他沒死,他到更好的地方去了。心行不善的人,恐懼的人,抱怨的人,他死了,他到三惡道去了。去處不一樣,這裡頭告訴我們一個事實真相就是,不管怎麼樣離開這個世界,他沒有死。各人到各人的地方去,誰叫他去的?他自己歡喜去的。貪心重的人,一定跟貪心重的人在一起,貪愛名聞利養,貪愛五欲六塵,一定跟這些人去,這是哪裡?這是鬼道。貪愛是鬼道,怨恨是地獄道,愚痴是畜生道。記住五戒十善是人道,上品十善是天道,都攝六根,淨念相繼,才是極樂世界的佛道。我們到哪裡去?不必問人,人不知道,你問佛菩薩,佛菩薩也不知道。佛菩薩只能說你現在,你念頭一變,那他說的話完全不對了。所以只有自己才真的清楚、真的明瞭。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二一集)  2011/3/13  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0321