Rabu, 20 November 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Maret 2011 (Bgn 1)


Alam Sukhavati merupakan tempat berkumpulnya para insan suci berkebajikan tertinggi, mereka meneladani pengamalan Bodhisattva Samantabhadra, dari butir pertama “Bernamaskara menghormati para Buddha” sampai butir ke-10 “Melimpahkan jasa secara menyeluruh”, telah diamalkan secara sempurna, beginilah lingkungan kehidupan di Alam Sukhavati, setiap penduduk di sana merupakan insan bajik.

Pepatah Tionghoa mengatakan “Insan berberkah menempati lahan berberkah, lahan berberkah ditempati oleh insan berberkah”, penduduk Alam Sukhavati merupakan insan yang paling berberkah di seluruh semesta alam, merupakan insan berberkah terunggul di keseluruhan jagat raya. Makanya tidaklah mengherankan lahan yang ditempati mereka merupakan lahan berberkah yang terunggul.

Orang Tionghoa percaya pada Fengshui, boleh dikatakan Alam Sukhavati memiliki Fengshui terbaik dari keseluruhan jagat raya. Lantas, bagaimana Fengshui terbaik ini dapat terbentuk? Yakni dibentuk oleh penduduknya yang semuanya merupakan insan berkebajikan tertinggi. Orangnya baik maka lingkungan hunian pun jadi baik.

Serupa dengan yang tercantum di dalam sutra, “Segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran”, hati dan pikiran siapa? Hati dan pikiran diri sendiri, ucapan ini merupakan kebenaran.

Apabila kita ingin mengubah lingkungan hunian kita, maka kita sudah tahu harus memulainya dari mana, yakni memperbaiki niat pikiran kita. Planet Bumi yang kita huni sekarang ini, lingkungan alam telah berubah jadi jelek, bencana terjadi di mana-mana, rekor begini belum pernah tercatat dalam sejarah.

Dari mana asal usul bencana? Dari niat pikiran manusia. Zaman dulu memang ada orang jahat, tetapi orang baik jumlahnya lebih banyak. Makanya waktu itu masyarakat masih hidup dengan sejahtera dan harmonis, hujan dan musim tiba pada waktunya, negara makmur dan rakyat hidup dalam kesejahteraan.

Dunia era kini, orang jahat lebih banyak sedangkan orang baik sudah langka sekali, tidak mudah ditemukan. Coba amati dengan seksama, lalu melihat kembali ke dalam diri sendiri, renungkanlah, karma yang selama ini kita ciptakan, apakah juga merupakan salah satu calon penghuni Alam Neraka?

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Maret 2011


以此上善,修普賢大士之德,禮敬、稱讚、供養、懺悔,乃至於普皆迴向,願願圓滿具足,這是西方極樂世界人事環境,人這麼好。中國古諺語所謂「福人居福地,福地福人居」,那要講福人,大概遍法界虛空界,極樂世界居民是第一有福的人,難怪它居住的環境是第一福地。中國人講看風水,遍法界虛空界,極樂世界風水最好。最好的風水是怎麼形成的?是那個地方最好的居民形成的,人好居住的環境就好。記住經典裡面一句重要的話,「一切法從心想生」,誰的心想?自己的心想,這句話是真理。我們要改變我們的環境,就知道從哪裡改起,從改變我們的思想改起。現在我們居住的地球,環境最為惡劣,到處都有災難,這是在歷史上從來沒有發生過的。災難從哪裡來的?災難從人心來的。過去的社會不能說沒有惡人,歷史上記載的惡人也不少,但是畢竟是善人多惡人少。所以社會祥和,風調雨順,國泰民安。現在這個世界,惡人多,善人太少太少,不容易找到。我們細心看看,再回頭反省自己,想一想,照經上所講的,我們造的業,該不該墮地獄?

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一一集)  2011/3/2  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0311




 

Alam Sukhavati muncul dari hati suci Buddha Amitabha, bersamaan itu pula muncul dari hati suci kita sendiri, hati suci kita adalah sama dengan hati suci Buddha Amitabha, tidak ada bedanya.

Hari ini kita tidak berdaya menemukan kembali hati sejati kita, oleh karena adanya halangan, sedangkan Buddha Amitabha telah berhasil menemukan kembali hati suciNya, tiada lagi halangan bagiNya.

Ketika Master Huineng menemukan kembali jiwa sejatinya, beliau juga tidak memiliki rintangan lagi, setelah berhasil menemukan kembali jiwa sejati, maka selamanya takkan tersesat lagi, inilah yang disebutkan di dalam ajaran Mahayana sebagai “Tiga Ketidakmunduran”.

Praktisi yang berhasil menemukan kembali jiwa sejati, akan memiliki “Tiga Ketidakmunduran” yakni yang pertama adalah “Tingkatan tak mundur”, umpamanya dia adalah seorang suciwan, dia takkan mundur lagi menjadi orang awam.

Yang kedua adalah “Pengamalan tak mundur”, sekarang dia melatih Jalan Bodhisattva, dia takkan mundur lagi menjadi praktisi Hinayana.

Yang ketiga adalah “Niat tak mundur”, setiap butir niat pikirannya terjalin dengan kebajikan sejati (kebajikan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati), pastinya takkan terjalin dengan kekotoran batin, kekotoran batin adalah Alayavijnana.

Dengan perkataan lain, dia takkan terjalin dengan niat pikiran, perbedaan dan kemelekatan, namun dia telah mencapai pencerahan. Maka itu dikatakan sebagai mencapai tiga ketidakmunduran secara sempurna.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Maret 2011


極樂世界是阿彌陀佛清淨心現的,同時也是我們自己清淨心現的,我們自己清淨心跟阿彌陀佛同一個清淨心,沒有絲毫差別。我們今天見不到真心,是因為有障礙,阿彌陀佛清淨心上沒有障礙。要知道,惠能大師當時見性,他也沒有障礙,他要是障礙就見不到了。見到之後,永遠不會失去,這是大乘教裡面常說的三種不退轉。明心見性的人,位不退,他是聖人,他不會退轉變成凡夫,不會。第二個行不退,他修菩薩行,不會退轉到小乘。第三個是念不退,念念跟性德相應,決定不會跟煩惱相應,煩惱就是阿賴耶。再換句話說,他不會跟起心動念、分別執著相應,他不會,真正開悟了,不會。所以叫圓證三不退,圓是圓滿,三種不退轉你都證得了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一一集)  2011/3/2  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0311




 

Buddha dan Bodhisattva telah mengungkapkan pada kita kebenaran dari kehidupan manusia dan alam semesta ini, supaya kita tercerahkan. Setelah kita kembali ke jalan yang benar, maka kita pun beralih dari tingkatan orang awam menjadi tingkatan Buddha, dari awam menjadi Suciwan, hanya dalam sebersit niat pikiran saja, sebersit niat pikiran tercerahkan, orang awam pun berubah jadi Buddha; sebaliknya sebersit niat pikiran sesat, Buddha pun terpuruk jadi orang awam.  

Sang Buddha menyampaikan bahwa kondisi kita sekarang ini adalah sebersit niat pikiran tak tercerahkan, makanya kita terpuruk jadi begitu memprihatinkan.

Sebutir niat pikiran tak tercerahkan, dilanjutkan lagi butir demi butir niat pikiran juga tak tercerahkan, barulah berubah jadi kondisi memprihatinkan seperti hari ini.

Sekarang kita harus mengubahnya, setiap butir niat pikiran harus tercerahkan, dilanjutkan butir demi butir niat pikiran juga harus tercerahkan, maka anda akan mencapai KeBuddhaan.

Dalam hal ini, yang menjadi kunci utamanya adalah tidak boleh timbul niat pikiran, maka sebutir niat pikiran tercerahkan ini barulah dapat bertahan, sehingga butir demi butir niat pikiran tetap tercerahkan.

Teori begini memang gampang dilontarkan, tetapi bila dipraktekkan adalah sedemikian sulit adanya, insan yang mampu mewujudkannya, dalam Aliran Mahayana diberi gelar sebagai “Ksatria Agung”. Apa alasannya?

Oleh karena sebagian besar orang tidak mampu mewujudkannya, tetapi Dia sanggup melakukannya. Buddha Sakyamuni sanggup mengamalkannya, Master Huineng juga sanggup mengamalkannya, bahkan melaksanakannya dengan begitu elegannya, bersih dan jernih.


Pada zaman dulu di Tiongkok, praktisi yang mencapai kondisi batin sedemikian rupa ada banyak sekali jumlahnya, yang muncul di dunia ini guna memperagakan teladan terbaik bagi kita semuanya.
 
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Maret 2011


佛菩薩把宇宙奧祕給揭穿了,讓我們明白,讓我們恍然大悟。我們一回頭,就從凡夫位變成佛位,轉凡成聖,就在這一念之間,一念覺,凡夫成佛;一念迷,佛就墮落變成凡夫。佛說我們今天的狀況,無始無明,一念不覺,變成這個樣子。一念不覺,接著就念念都不覺,才變成這個樣子。現在我們反過來,這一念覺了,念念都覺,你成佛了。這裡頭最關鍵的一句,就是不能起心動念,你這一念覺就保住了,就念念都覺。這個事情說起來容易,做起來不容易,真正能夠做到的,大乘教稱他為大英雄。為什麼?一般人做不到的,他能做到。釋迦牟尼佛做到了,惠能大師做到了,做得非常瀟灑,乾淨俐落。


在過去的中國,宗門、教下,顯教、密教,證得這樣果位的人很多,不是少數。示現在我們人間,給我們做修行的好榜樣。
 
文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一一集)  2011/3/2  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0311