Saya
berharap setiap orang dapat meraih keberhasilan, sejak kecil saya tidak punya
hati mendengki, berharap orang lain lebih berprestasi daripada diriku,
peringkatnya di atas diriku, mengapa demikian? Saya dapat menikmati berkahnya.
Sebaliknya
apabila saya lebih baik daripada dirinya, saya akan keletihan! Saya menciptakan
berkah, dia tinggal menikmatinya.
Di kampus
kita ini (Pure Land Learning College), andaikata praktisi sekalian dapat berada
di atas prestasiku, mulai hari ini saya tidak perlu memberi ceramah lagi, saya
tinggal menikmati berkah saja.
Tetapi
sekarang kalian masih belum melampaui prestasiku, lantas bagaimana? Tiap hari
saya masih harus memberi ceramah, tiap hari menimbun berkah, kalian tinggal
menikmati berkah.
Maka itu
sejak usia kecil, saya sudah berpikir semoga setiap insan dapat melampaui
diriku. Andaikata saya merupakan sosok terunggul di dunia ini, semua orang
tidak ada yang dapat menyerupai diriku, maka dunia ini akan luluh lantak.
Semua
orang memiliki prestasi yang melampaui diriku, saya akan sangat berbahagia.
Saya memiliki kesanggupan, saya akan mengerahkan segenap tenaga dan pikiran
guna membantu orang lain menimba ilmu.
Ketika
melihat orang yang suka belajar, saya pasti merasa bersukacita, maka itu memikirkan
segala cara guna membantu dirinya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 24 Maret 2011
Bertempat di : Pure Land
Learning College Association Inc, Australia
我希望個個人成就,我一生從小沒有嫉妒心,歡喜人家比我好,在我之上,為什麼?我享他的福。我在他之上,我累!我造福他享。我們這個學院,如果同學們個個都在我之上,我今天什麼都不要做了,我在這享福了。你們現在個個還不如我,那我怎麼辦?我天天幹,天天在修福,你們大家享福。我有一本小冊子,我好像二十二、三歲寫的,「哲理蠡測」,你看看我的小冊子,你就知道,我很小就有這種思想,我希望個個人比我好。如果我是世界第一,人人都不如我,這世界就完了。大家都比我好,我就很快樂。我有能力,我會盡量全心全力幫助別人求學。好學的人我看到就特別歡喜,想盡方法也得要幫助他。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三四一集) 2011/3/24 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0341
Begitu keangkuhan timbul,
menganggap diri sendiri telah menjadi Buddha, padahal belum mencapai KeBuddhaan
tetapi diri sendiri beranggapan sudah menjadi Buddha.
Kita ambil sebuah perumpamaan, di
dalam Aliran Theravada, merupakan salah penafsiran apabila menganggap dengan
mencapai jhana pertama berarti telah memperoleh tingkatan kesucian pertama atau
Srotapanna; mencapai jhana kedua dia salah tafsir menganggap telah memperoleh
tingkatan kesucian kedua atau Sakadagami; mencapai jhana ketiga dia salah
tafsir menganggap telah memperoleh tingkatan kesucian ketiga atau Anagami,
mencapai jhana keempat dia salah tafsir menganggap telah memperoleh tingkatan
kesucian tertinggi atau Arahat. Ini adalah salah penafsiran.
Sementara itu di dalam Aliran
Mahayana, merupakan salah penafsiran bila ada orang yang mampu meramalkan bahwa
anda adalah jelmaan Bodhisattva. Jika dia mampu meramal bahwa anda adalah
Bodhisattva, berarti dia adalah Mara. Mara-lah yang meramalkan dirimu. Apa
alasannya?
Dia sendiri saja belum mencapai
tingkatan kesucian, lantas bagaimana mungkin dia bisa meramal kalau anda sudah
mencapai tingkatan kesucian?
Zaman sekarang banyak jelmaan
gadungan yang berkeluyuran di dunia ini, mengaku diri sendiri adalah jelmaan
Buddha atau jelmaan Bodhisattva yang turun ke dunia ini.
Di dalam pintu Buddha ada
aturannya, yakni ketika jati diri terbongkar, maka praktisi itu segera memasuki
ketidakkekalan, dengan demikian dapat dipastikan jelmaan ini merupakan jelmaan
asli.
Sebaliknya kalau jati dirinya
terbongkar tapi masih tetap berada di dunia ini, masih tidak pergi-pergi juga,
maka dapat dipastikan ini adalah tiruan alias gadungan, jangan sampai ditipu
olehnya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 24 Maret 2011
所以增上慢一生起,這慢是傲慢,「謂已均佛」,均是均等,跟佛相等。「未得謂得」,沒有得到稱自己得到了。「未證謂證」,沒有證得以為自己證得了。底下舉例子說,「故小乘經中,四禪」,小乘修禪定的,他修到初禪,他誤會,他以為證初果;修到二禪,他以為證二果;修到四禪天,他以為證四果,錯了,四禪與四果不相干。「大乘經中,魔為菩薩授記。」怎麼魔為菩薩?這個菩薩是受了菩薩戒的菩薩。受菩薩戒的人很多,上師給你授記,你是什麼佛再來的,你是什麼菩薩再來的,那是什麼?那是魔給你授記,不是佛。他自己沒有證果,他怎麼能知道你證什麼果位?現在在這個時代還特別多,自己公然宣布我是什麼佛、什麼菩薩再來的。在佛門裡面有個不成文的規矩,就是身分暴露就要走,那就是真的;身分暴露了,沒有走,假的,別上他當。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三四一集) 2011/3/24 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0341
Alam
Sukhavati merupakan dunia yang benar-benar setara, Buddha Amitabha dan penduduk
Alam Sukhavati tidak memiliki perbedaan. Lihatlah setibanya di sana, anda akan
memiliki rupa yang sama dengan Buddha Amitabha.
Buddha
Amitabha memiliki usia tanpa batas, anda juga memiliki usia tanpa batas; Buddha
Amitabha penuh dengan kebijaksanaan, anda juga penuh dengan kebijaksanaan.
Lantas
dari mana kebijaksanaan dan rupa bagus yang anda miliki? Buddha Amitabha dengan
48 tekad agungNya dan pelatihan diri selama 5 kalpa, dengan jasa kebajikan ini
memberkati dirimu, beginilah perihalnya!
Lihatlah,
betapa besarnya budi kebajikan Buddha Amitabha, alangkah baiknya Buddha
Amitabha pada dirimu, meskipun anda berkeliling ke seluruh pelosok jagat raya,
juga takkan ada orang kedua yang begitu baik padamu.
Buddha
Amitabha begitu baik pada dirimu, begitu nyata kasihNya padamu, apabila anda
masih juga tak percaya, tidak sudi baik-baik belajar, tidak berminat terlahir
ke Alam Sukhavati, maka sungguh patut disayangkan anda tidak punya pahala,
tidak punya kebijaksanaan.
Maka
itu kalau sudah paham, tirulah Oma-Oma, apapun tidak tahu, cuma tahu melafal
sepatah Amituofo saja, pasti terlahir ke Alam Sukhavati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 24 Maret 2011
極樂世界是真正的平等世界,佛與眾生平等,生佛不二,生佛一如。你看你到那裡去,身相跟阿彌陀佛的相平等,阿彌陀佛身有無量相、相有無量好,你到極樂世界也是身是無量相、相有無量好,一樣的。阿彌陀佛無量壽,你也無量壽;阿彌陀佛充滿智慧,你也充滿智慧。你的智慧相好從哪裡來的?阿彌陀佛四十八願五劫修行功德加持給你的,這麼一回事情!你說阿彌陀佛的恩德有多大,阿彌陀佛對你有多好,你走遍虛空法界找不到第二個人。他對你這麼好,這麼樣的真實,你要不相信,你不好好的學,不到極樂世界去,你只能怪你自己沒福報、沒智慧。所以真正明白了,學老太婆,什麼都不懂,就是一句阿彌陀佛,決定往生。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三四一集) 2011/3/24 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0341
Jangan
lagi melekat, kekotoran batin orang awam yang paling parah adalah keinginan
untuk mengendalikan, ingin menguasai, mengapa demikian? Tidak mengetahui
semuanya adalah khayalan semu, tidak mengetahui bahwa hidup ini hanyalah sebuah
mimpi.
Untuk apa
harus melekat? Apa yang saya miliki, saya persembahkan buat orang lain, tidak
menghendakinya lagi, sebaliknya menangkap erat-erat sepatah Amituofo takkan
mengendurkannya, barulah saya dapat berhasil.
Praktisi
sekalian apabila memahami kebenaran ini, maka akan melepaskan segala
kemelekatan, memfokuskan pikiran melafal Amituofo, bertekad terlahir ke Alam
Sukhavati, mendekatkan diri pada Buddha Amitabha, satu masa kehidupan ini jadi
sempurna, takkan bertumimbal lahir lagi.
Sanak
keluarga dan sanak saudara begitu sulit berpisah, katakan saja pada mereka,
mari melafal Amituofo bersama-sama, kelak berkumpul kembali di Alam Sukhavati.
Jika
tidak terlahir di Alam Sukhavati, maka setelah meninggal nanti, tiap orang
menuju ke tempat masing-masing sesuai dengan karmanya, selamanya takkan bersua
lagi, ini merupakan fakta.
Karma
tiap orang tidak sama, tempat yang dituju adalah tidak sama, setelah memahami
fakta ini, barulah menyadari bahwa melepaskan kemelekatan adalah tindakan yang
tepat, oleh karena segala sesuatu di dunia fana ini hanyalah berupa khayalan
semu.
Di dunia
ini hubungan antar insani hanyalah semu dan penuh kepura-puraan, kalau mau jujur
cuma bisa dibilang mengutamakan kepentingan dan keuntungan sendiri, semuanya
menciptakan karma tumimbal lahir, dengan hati tumimbal lahir menciptakan karma
tumimbal lahir, menjalani siksaan di dalam lingkaran tumimbal lahir, insan yang
sudah mengerti, hendaknya lebih dini melepaskan kemelekatan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 24 Maret 2011
不要執著了,凡夫最嚴重的煩惱就是想控制、想佔有,為什麼?不知道全是假的,不知道這是一場夢。真正了解,那個佔有的念頭、控制的念頭就一掃乾淨了,那你就提升了一級,你就不是凡夫了,小聖,須陀洹、斯陀含的小聖。為什麼要執著?我有的供養別人,不要了,緊緊抓住阿彌陀佛不放,我就成功了。同學們如果真正知道這個道理,了解這個事實真相,萬緣放下,一心專念阿彌陀佛,求生極樂世界,親近佛陀,你這一生圓滿,不再搞輪迴了。家親眷屬難分難捨,告訴他,一起求生極樂世界才永遠在一起聚會。不能到極樂世界,一死各人走各人去了,永遠不再見面,這是事實,這個一點都不假。各人的業報不一樣,各人的去處不相同,了解事實真相才知道放下是正確的,全是假的。這個世間人與人虛情假意,說穿了全是自私自利,統統是造輪迴業,輪迴心造輪迴業,輪迴裡面受苦,明白人就要早一點放下。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三四一集) 2011/3/24 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0341