Sabtu, 14 Desember 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Maret 2011 (Bgn 4)


Bila anda benar-benar tahu cara melatih diri, maka akan menyadari bahwa semua makhluk adalah Buddha dan Bodhisattva. Cara ini diajarkan oleh guru-ku, Master Zhangjia, kemudian ketika mempelajari “Avatamsaka Sutra” tentang Sudhana-kumara mengunjungi 53 orang Kalyanamitra, maka segalanya telah terbukti.

Baik dalam kondisi suka maupun duka, bertemu dengan jodoh baik maupun jodoh buruk, senantiasa menjaga sebutir hati yang suci, setara dan tercerahkan, inilah yang disebut dengan serius mengamalkan.

Terhadap semua makhluk, membangkitkan hati yang penuh terima kasih, maka itu setiap orang adalah orang baik, setiap kejadian adalah kejadian baik. Tak peduli niat apa yang dia gunakan, bukan urusanku, tidak perlu memikirkannya, yang penting adalah hati apa yang saya gunakan dalam menanggapinya.

Apabila saya menanggapi ujian yang diberikannya dengan kekotoran batin, dengan kedunguan, keangkuhan, maka saya sudah keliru. Hendaknya tak terpisahkan dari hati yang suci, setara dan tercerahkan.

Suci, setara dan tercerahkan adalah Buddha Amitabha, ber-sarana (berlindung) pada Buddha Amitabha adalah berlindung pada suci, setara dan tercerahkan, maka itu di dalam suci, setara dan tercerahkan terdapat pahala yang tak terhingga, kebijaksanaan yang tak terhingga.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Maret 2011


你要是會修,一切眾生都是佛菩薩。我這個方法,章嘉大師教給我的,以後在《華嚴經》善財童子五十三參印證了,這是正確的。無論是順境、逆境、善緣、惡緣,始終保持清淨平等覺,這叫真幹。對一切眾生生感恩的心,所以人人是好人,事事是好事。他是用什麼心與我不相干,不必去打妄想,最重要的是我生什麼心,別人什麼樣的心行來感,我用什麼樣的心行來應,感不重要,應重要。應裡頭帶著煩惱、帶著愚痴、帶著傲慢,錯了,那你錯到底了。永遠不離清淨平等覺,清淨平等覺是三寶,清淨平等覺就是阿彌陀佛,依阿彌陀佛就是依清淨平等覺,所以清淨平等覺裡頭無量的福報、無量的智慧。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一八集)  2011/3/6  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0318




 

Suci, setara dan tercerahkan adalah Buddha Amitabha, ber-sarana (berlindung) pada Buddha Amitabha adalah berlindung pada suci, setara dan tercerahkan, maka itu di dalam suci, setara dan tercerahkan terdapat pahala yang tak terhingga, kebijaksanaan yang tak terhingga.

Saya belajar Ajaran Buddha sudah 60 tahun lamanya, banyak orang yang mendengar perkataanku di atas merasa ragu, apa alasannya? Master Chin Kung sendiri sepanjang hayatnya hidup berkelana, tidak punya tempat tinggal yang tetap, anda sendiri saja tidak punya vihara, memangnya anda termasuk insan yang punya pahala?

Orang duniawi menilai pahala itu sebagai ketenaran dan keuntungan, menilainya dari segi kekayaan, kedudukan, beragam jenis kenikmatan dan kesenangan, ini sudah keliru.

Saya balik bertanya pada anda, apakah Buddha Sakyamuni memiliki pahala? Apakah Buddha Sakyamuni memiliki kebijaksanaan? Apakah Buddha Sakyamuni sepanjang hayatNya memiliki tempat tinggal yang tetap? Mana ada.

Sepanjang hayatNya, Buddha Sakyamuni tidak mendirikan vihara, melewati kehidupan mengembara, melalui kehidupan di alam terbuka, malam harinya beristirahat (bersamadhi) di bawah sebatang pohon, esoknya pindah lagi, guna menghindari kemelekatan.

Makan sehari satu kali saja, yakni sebelum melewati tengah hari. Setiap pagi melakukan pindapatra dari satu pintu ke pintu rumah, menurut anda, apakah Buddha Sakyamuni mempunyai pahala atau tidak? Apakah Buddha Sakyamuni memiliki kebijaksanaan atau tidak? Justru Buddha Sakyamuni memiliki pahala dan kebijaksanaan yang telah sempurna.

Ketika saya masih menjadi praktisi pemula, Master Zhangjia telah menasehatiku supaya menjadi Bhiksu, menasehatiku supaya meneladani Buddha Sakyamuni.

Saya mematuhi nasehat beliau, yakni tulus, patuh dan serius mengamalkan, lantas pahala itu sesungguhnya adalah apa? Hati tiada kekhawatiran, jiwa raga suci tiada tercemar sama sekali, alangkah bahagianya!

Hari ini di dalam masyarakat kita mendengar banyak orang mengeluh tekanan batin yang terlampau berat, jadi apa yang dinamakan beban mental, tekanan batin, tidak ada dalam kamus hidupku, saya tidak merasakannya sama sekali.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Maret 2011


清淨平等覺就是阿彌陀佛,依阿彌陀佛就是依清淨平等覺,所以清淨平等覺裡頭無量的福報、無量的智慧。

我學佛六十年,有很多人聽到這個話不以為然,為什麼?淨空法師自己一生流浪,居無定所,你連個住的地方都沒有,這算是福報嗎?世間人看福報,都是看名聞利養,都是看到財富、地位、種種享受,錯了。那我要問你,釋迦牟尼佛有沒有福報?釋迦牟尼佛有沒有智慧?釋迦牟尼佛一生有沒有住處?沒有。釋迦牟尼佛一生一個道場都沒建立,過的是游牧生活,每天晚上露天大樹底下坐,休息一下就好了。而且大樹絕不住兩個晚上,第二天選擇另外一棵樹,避免對這個樹的貪戀,所以樹下一宿不可以二宿。日中一食,沿門托缽,在我們中國人這乞丐的生活,他有福報、有智慧嗎?大福報、大智慧。我學佛的那一天,章嘉大師就勸我出家,勸我學釋迦牟尼佛。我很聽話,真的老實、聽話、真幹,福報是什麼?心裡沒有罣礙,身心清淨一絲毫不沾染,你說你多快樂!我們聽到今天社會上很多人說壓力太重,什麼精神壓力、物質壓力,我感到我沒有一絲毫壓力。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一八集)  2011/3/6  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0318




 

Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) menetap di Taiwan 38 tahun lamanya, membangun berbagai misi, Asosiasi Lotus Taichung, beliau merupakan perintisnya, Perpustakaan Ci Guang, Rumah Sakit Bodhi, Panti Jompo, 2 unit Panti Penitipan Anak, banyak karir yang dibangun-nya. Selain itu memberi kuliah di tiga perguruan tinggi.

Saya berguru padanya selama satu dasawarsa, saya sangat memahami beliau, sungguh tidak mudah, memiliki karir maka harus merisaukannya, ini merupakan kemampuan seorang Bodhisattva, orang awam mana sanggup.

Memiliki kesibukan yang segudang, bagaimana anda bisa menjamin hati anda bisa senantiasa suci? Makanya orang begini merupakan jelmaan Buddha dan Bodhisattva, bukan orang awam.

Buddha dan Bodhisattva datang ke dunia ini adalah demi mengabdi bagi semua makhluk, guna membantu para makhluk yang berjodoh melangkah di Jalan KeBuddhaan, para Bodhisattva datang menjadi pendukung Dharma, membantu para makhluk yang akar kebajikannya sudah masak, dalam satu masa kehidupan ini meraih keberhasilan, membantu mereka melatih diri, membantu mereka mencapai pencerahan, membantu mereka terlahir ke Alam Sukhavati, ini bukanlah orang awam, orang awam tidak dapat mewujudkannya.

Maka itu Guru Li selalu memberitahukan pada kita bahwa, zaman dulu para kepala vihara yang tersohor merupakan jelmaan Buddha dan Bodhisattva, Master Shandao merupakan jelmaan Buddha Amitabha, Master Zhi Zhe merupakan jelmaan Buddha Sakyamuni, Master Yongming Yanshou juga merupakan jelmaan Buddha Amitabha, jadi bukan orang awam.

Sebagai praktisi Buddhis, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengenali kemampuan diri sendiri, diri sendiri cuma orang awam, jadi harus belajar tata krama, tanpa belajar tata krama takkan bisa jadi sempurna, tata krama yang dimaksudkan di sini adalah sila.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Maret 2011


李老師在台灣住了三十八年,還建了不少事業,台中佛教蓮社,他老人家創辦的,慈光圖書館,菩提醫院,還有老人院,兩個托兒所,他辦了不少事業。在三個大學兼課。我跟他十年,我對他很了解,很不容易,有事業就要操心,菩薩行,凡夫不行。這麼多事業,你怎麼能保證你自己心清淨?所以這種人是佛菩薩再來,不是凡人。佛菩薩到世間來是為大眾服務的,是來成就有緣人的,菩薩來做護法,把這些善根在這一生成就的人,幫助他們修行,幫助他們開悟,幫助他們證果,幫助他們往生,那不是凡夫,凡夫做不到。所以李老師常常告訴我們,古時候名山寶剎住持方丈全都是再來人,善導大師是阿彌陀佛再來的,浙江天台山的方丈智者大師是釋迦牟尼佛再來的,永明延壽也是阿彌陀佛再來的,不是凡人。我們學佛首先要知道自己,自己是凡夫,一定要學規矩,沒有規矩不成方圓,規矩是戒律。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一八集)  2011/3/6  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0318