Minggu, 03 November 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Februari 2011 (Bgn 2)


Di dalam kumpulan ceramah Master Hong yi, tercantum sepenggal ceramah yang mengupas tentang kehidupan bersahaja, menasehati supaya kita hidup dengan hemat dan cermat.

Gaya hidup boros adalah menguras pahala, menambah karma buruk, sebaliknya gaya hidup bersahaja akan mengeliminasi karma buruk, menambah berkah kebajikan. Dalam kehidupan keseharian, kalau bisa berhemat maka harus berhemat, jangan sampai boros.

Ilmuwan mengingatkan diri kita bahwa Planet Bumi sedang menghadapi ancaman krisis pangan, krisis sumber daya alam dan krisis air bersih, ketiga hal ini berhubungan dengan keberlangsungan hidup manusia.

Apabila kita membiasakan hidup hemat cermat, membiasakan diri dengan kehidupan serba susah, ketika ancaman krisis melanda, kita takkan merasa begitu tersiksa; sebaliknya mereka yang sudah terbiasa melewati kehidupan nyaman, begitu krisis melanda maka akan merasakan siksaan bagaikan dunia ini sudah kiamat.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Februari 2011


     《弘一大師講演集》裡,有一篇特別跟我們講釋迦牟尼佛的節儉,勸我們要學習。浪費是消福報,不是消罪業,福報消了,罪業增長了,節儉是消罪業、增福德。日常生活當中能省就要省,不要浪費。要記住科學家警告我們,這個地球上,就在不久的將來會有糧食危機,會有能源危機,會有水資源的危機,這些都是直接影響到我們生活。如果我們節儉,苦日子過慣了,這種苦難來的時候我們不感覺得很苦;平常過的日子太舒服、太優越,一旦遇到災難就感到很痛苦。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三0二集)  2011/2/25  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0302

 


 

Jenis kesabaran yang ketiga adalah “Bersabar dalam melatih diri”, melatih diri butuh waktu yang panjang, tanpa kesabaran anda takkan berhasil. Contohnya menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang, tanpa keterampilan kesabaran, bagaimana anda mampu mewujudkannya?

Serupa dengan yang tercantum di dalam buku berjudul “Ying Chen Hui Yi Lu (Kenangan Bayangan Debu)“ tentang kisah Upasaka Liu, menfokuskan diri membaca “Surangama Sutra” selama 8 tahun, orang yang tidak memiliki keteguhan dan ketetapan hati mustahil sanggup melakukannya!

Isi “Surangama Sutra” sangat panjang, hampir setara dengan “Sutra Lotus”, sehari cuma bisa membaca satu buku saja. Saat permulaan membacanya masih belum lancar, sehingga butuh 7-8 jam, lama kelamaan setelah lancar, minimal juga butuh waktu 4 jam untuk membaca satu buku, orang yang tidak memiliki keteguhan hati sulit melakukannya, dibutuhkan kesabaran.

Bukan hanya membaca sutra dibutuhkan kesabaran, bahkan dalam melafal Amituofo juga butuh kesabaran, sepatah Amituofo ini tampaknya begitu gampang, tetapi apakah anda sanggup mewujudkan “Mengendalikan enam landasan indria, dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan”? Dapat mewujudkannya barulah disebut praktisi pelafal Amituofo sejati, barulah ada mukjizatnya.

Mengendalikan enam landasan indria, secara sederhana dapat dijelaskan sebagai melepaskan segala kemelekatan, melafal sepatah Amituofo tanpa disertai keraguan, pikiran yang bercabang-cabang, saat melafal Amituofo tidak timbul bentuk-bentuk pikiran, mulut melafal hati pun ikut melafal, mulut dan hati menyatu tak terpisahkan.

Melafal Amituofo dengan cara begini barulah dapat terjalin dengan Buddha Amitabha. Setelah melafal Amituofo hingga 10 tahun kemudian, anda akan mencapai Samadhi Pelafalan Amituofo, ketika ada musuh kerabat penagih utang datang meminta pelimpahan jasa, anda tinggal menganggukkan kepala, maka dia akan segera terlahir di alam yang lebih baik, mengapa bisa demikian?

Oleh karena anda telah memiliki keterampilan melatih diri, anda telah memiliki jasa kebajikan, dia memperoleh pemberkatan dari dirimu, makanya dia dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Februari 2011


第三種是「修行佛法」,修佛法要很長的時間,你沒有忍辱你修不成功。譬如一門深入、長時薰修,沒有忍辱的功夫你能做到嗎?《影塵回憶錄》上講的劉居士,一部《楞嚴經》讀八年,沒有長遠心、沒有恆心的人做不到!《楞嚴經》的分量很長,差不多相當於《法華經》,一天只能念一部。初念不熟,大概要七、八個小時,念得很熟了,一遍也得要四個小時,沒有恆心做不到,這就是忍辱。不但是讀經,念佛也一樣,這一句佛號看起來很容易、很簡單,「都攝六根,淨念相繼」你能做到嗎?能做到的那是真念佛人,他真有感應。都攝六根簡單的講,放下對世出世間一切法的分別執著,那就是都攝六根,對這一句佛號不懷疑、不夾雜,念佛的時候沒有一個雜念,一聲佛號一聲心,聲聲佛號聲聲心,心口是一不是二。這種念法就是古人講的,你跟佛心心相印。一念相應一念佛,念念相應念念佛,你跟佛感應道交。念上個十年、八年,你得念佛三昧了,得念佛三昧就有冤親債主來找你超度,你一點頭他就超生了。為什麼?你真有功夫、真有功德,他得到你的加持,他就能往生極樂世界。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三0二集)  2011/2/25  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0302


 

 

Melatih akar kebajikan membutuhkan kesabaran untuk mewujudkannya, kalau tidak dapat bersabar, seluruh jasa kebajikan akan jadi sirna. Di dalam Buddha Dharma dikatakan sebagai “Api amarah membakar hutan jasa kebajikan”, jasa kebajikan yang telah anda timbun dengan susah payah, begitu emosi memuncak, habislah semuanya, membakar hingga tak bersisa.

Jasa kebajikan begitu sulit ditimbun, makanya apa yang ditimbun oleh sebagian besar orang adalah merupakan berkah kebajikan, mana ada jasa kebajikannya!

Jasa kebajikan dapat mengakhiri samsara, sedangkan berkah kebajikan tidak bisa. Jasa kebajikan dapat membantumu mencapai samadhi, contohnya anda membangkitkan niat mulia untuk menfokuskan diri membaca satu judul sutra selama 10 tahun, ini merupakan samadhi, tanpa kekuatan samadhi, anda takkan bisa mewujudkannya.

Melafal Amituofo, orang lain melafal selama 3 tahun saja sudah berhasil, ini mengandalkan kekuatan samadhi, tanpa kekuatan samadhi, saat melafal Amituofo pasti bisa berpikir sembarangan. Hal-hal yang menimbulkan kerisauan itu terlampau banyak sekali, ini merupakan rintangan berat bagi dirimu, anda belum melepaskan kemelekatan.

Kalau benar-benar sudah sanggup melepaskan kemelekatan, maka segala sesuatu biarlah berjalan sebagaimana mestinya, menuruti jodoh apa adanya, ada yah bagus, tidak ada yah juga tidak apa-apa, takkan menaruhnya di hati, di dalam hati cuma ada Buddha Amitabha dan lafalan Amituofo.

Tak peduli mengerjakan apa saja, juga takkan merintangi kita melafal Amituofo, di sinilah letak keunggulan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, tak peduli apapun yang dilakukan, senantiasa memelihara sebutir hati yang suci, menyelesaikan pekerjaan dengan penuh konsentrasi, dalam hati melafal Amituofo, selain lafalan Amituofo, takkan ada hal lainnya lagi.

Benarkah ada perumpamaan sedemikian rupa? Perumpamaan begini banyak adanya, bila anda mengamatinya dengan seksama, pasti akan mengetahuinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Februari 2011


修善根之後要靠忍辱成就,不能忍,你全都喪失掉了,佛法裡所謂「火燒功德林」,你所修積的功德,一發脾氣功德全沒有了,燒乾淨了。功德很不容易修成,所以一般人修的是福德,哪有功德!功德能了生死,福德不行。功德能幫助你得定、安住,無論做什麼事情,譬如你發心十年的時間專攻一部經這是定,沒有定力的話你做不到。念佛,人家三年就能往生,那要靠定力,沒有定力,念佛的時候胡思亂想。牽腸掛肚的事情太多了,那是你嚴重的障礙,你沒能放下;真正放下,萬事隨緣,有很好,沒有也好,不放在心上,心裡只有一尊阿彌陀佛,只有一句佛號。無論幹什麼事情不妨礙,念佛法門的殊勝就在此地,無論做什麼事情心地清淨,專心做工作,心裡頭一句阿彌陀佛,除一句阿彌陀佛之外什麼都不知道。有沒有例子?例子太多了,你細心一觀察你就知道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三0二集)  2011/2/25  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0302