“Melafal
satu nama Buddha, dilindungi oleh semua Buddha, tidak bedanya dengan telah
melafal nama seluruh Buddha”.
Kalimat
ini sangatlah penting, tidak perlu lagi belajar ini dan belajar itu, cukup
melafal Amituofo saja, sudah serupa dengan telah melafal nama semua Buddha di
sepuluh penjuru dari tiga masa, satu pun takkan ketinggalan.
Melafal
sepatah Amituofo, tiada seorang pun Buddha yang tidak bersukacita, apa
alasannya? Hati Buddha adalah sama, Hati Buddha senantiasa mendoakan dirimu,
mengharapkan dirimu supaya lebih dini mencapai KeBuddhaan.
Dengan
melatih metode pelafalan Amituofo, maka jalan yang ditempuh adalah sangat
cepat, mana ada Buddha yang tidak bersukacita! Makanya anda melafal Amituofo,
semua Buddha pasti melindungimu, disinilah letak alasannya, seluruh Dewa, Naga
dan malaikat bajik juga melindungimu.
Anda
memfokuskan diri melafal Amituofo, penyakit takkan timbul, senantiasa timbul
perasaan sukacita, penuh kebahagiaan Dharma, mengembangkan kebijaksanaan
menghapus kerisauan.
Kewibawaan
Buddha Amitabha memberkati dirimu, Cahaya Buddha Amitabha senantiasa menyinari
dirimu.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 30 Maret 2011
「持一佛名,即為諸佛護念,不異持一切佛名」。這一句很重要,不必再學這個學那個了,你念阿彌陀佛,等於說把十方三世一切諸佛統統念到了,一個都不漏。念這句佛號,沒有一尊佛不大生歡喜,為什麼?佛心相同,佛心都在祝福你、期望你,希望你趕快成佛。你走這個路子太快了,哪一尊佛不歡喜!所以你念阿彌陀佛,一切諸佛護念你,道理在此地,一切龍天善神擁護你。你真把這句佛號念好了,對你自己來講百病不生。你生的是什麼?生的是歡喜,常生歡喜心,法喜充滿,生智慧不生煩惱。彌陀威神加持,彌陀佛光加持你。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三五一集) 2011/3/30 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0351
Sekarang kita sedang melatih
Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, apakah kita boleh dikatakan sebagai praktisi
sejati? Kalau memang kita adalah praktisi sejati, maka kita akan tampak serupa
dengan Buddha Amitabha, takkan ada suasana hati yang labil dan mudah
tersinggung, juga takkan ada khayalan.
Saya masih punya angan-angan,
kondisi hatiku masih labil dan mudah tersinggung, saya masih mengoleksi banyak
tabiat jelek, kalau begini manalah mirip dengan praktisi sejati!
Maka itu seorang praktisi
sejati dinilai dari sejauh mana keyakinan dan tekad hatinya terhadap Buddha
Amitabha dan Alam Sukhavati, apakah siang malam 24 jam, dia melafal Amituofo
berkesinambungan tak terputus (terkecuali waktu tidur), apakah di hatinya
benar-benar ada Buddha Amitabha?
Dari sini kita harus selalu
melakukan introspeksi diri, jangan mencampuri urusan orang lain, urusi saja
diri sendiri, orang lain bisa berhasil atau tidak, itu urusannya, tidak ada
kaitannya dengan diriku, yang penting adalah diri sendiri terlebih dulu harus
mencapai pencerahan, barulah dapat membantu orang lain.
Kalau diri sendiri masih
memiliki perasaan emosional, masih melekat pada perasaan suka dan benci,
ditambah lagi masih memiliki kekotoran batin dan tabiat jelek, manalah boleh, keterampilan
melafal Amituofo jadi tidak efektif.
Lantas bagaimana caranya supaya
keterampilan melafal Amituofo jadi efektif? Yakni melafal Amituofo
berkesinambungan sehingga semua penyakit batin ini sirna, di hati hanya ada
sepatah Amituofo, tidak ada hal lainnya lagi, inilah yang disebut sebagai Pikiran
Terfokus Tak Tergoyahkan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 30 Maret 2011
「又曰」,底下這句話重要,「行人信願持名」,行人是修行人。我們現在就修這個法門,我們是不是真修?真修的樣子是什麼?真修的樣子像阿彌陀佛,決定看不到浮躁,決定沒有妄念。我還有妄念,我還有浮躁的習氣,我沒修,沒修得好,不像!所以行人,對淨宗、對彌陀、對極樂世界,信心的程度、發願的程度、修行的程度,這持名,是不是這句佛號二六時中都不間斷,是不是心裡真有阿彌陀佛?我們要時時刻刻從這裡去反省,別管別人管自己,別人能不能成就與我無關,最重要是自己成就,才真正能像佛一樣幫助別人。自己還有情緒、還有情執、還有煩惱習氣,這不行,這你念佛功夫不得力。念佛功夫得力是什麼?把這些東西統統都念掉,心裡只有一句阿彌陀佛,其他都沒有了,都把它念掉了,這就叫一心不亂。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三五一集) 2011/3/30 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0351
“Sutra
Intan” mengajarkan kita supaya dapat mengikhlaskan dan merelakan, sungguh tak
terbayangkan! Di dalamnya tercantum : “Buddha Dharma saja harus diikhlaskan,
apalagi yang bukan Dharma”.
Dharma
yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni selama 49 tahun hendaknya dapat
diikhlaskan, tidak boleh melekat, kalau melekat sudah salah, Dharma saja mesti
diikhlaskan apalagi yang bukan Dharma.
Anda
masih berusia muda, memiliki cita-cita untuk memberi ceramah, sehingga anda
butuh belajar banyak. Tetapi bagi praktisi yang berusia 50 tahun ke atas, sudah
harus terfokus.
Setelah
usia 50 tahun ke atas, mesti memusatkan perhatian pada satu tujuan yakni
menyelamatkan diri sendiri. Membantu orang lain hanyalah usaha sampingan,
menuruti jodoh, jika diri sendiri saja belum terselamatkan, bagaimana bisa
membantu orang lain?
Siang
malam sibuk membantu orang lain, sementara pelatihan diri sendiri malah
terabaikan, ini sudah keliru, anda masih meneruskan bertumimbal lahir.
Terkecuali
kalau orang yang anda bantu, ternyata ada 1 atau 2 orang yang berhasil mencapai
KeBuddhaan, ketika anda malah tersesat, maka Dia akan datang menyelamatkan
dirimu.
Tetapi
jika dari orang yang anda bantu, satupun tidak ada yang berhasil, dengan
perkataan lain, ketika anda tersesat, maka tidak ada orang yang bisa
menolongmu. Hal ini tidak boleh tidak dipahami. Makanya, menurutmu
menyelamatkan diri sendiri lebih penting atau menyelamatkan orang lain lebih
penting?
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 30 Maret 2011
《金剛經》教給我們看破、放下,徹底看破,統統放下,不可思議!告訴我們「凡所有相,皆是虛妄」,包括佛法。經上說「法尚應捨,何況非法」,釋迦牟尼佛四十九年所說的一切法要捨,不能執著,執著就錯了,法尚應捨,何況非法。你年輕,有志續佛慧命,弘法利生,這些法你需要,你需要學習。年歲大了,在中國過去講五十以上,就不能學了。五十以上目標要定在什麼?定在自己成就。幫助別人是附帶的,隨緣,自己不成就怎麼能幫助別人?一天到晚忙著幫助別人,自己修行忘掉了,錯了,大錯特錯,你還是繼續搞輪迴。如果你幫助的那些人,當中有一個、兩個成佛了,你將來在菩提道上迷失方向,他會來救你。如果你幫助那些人都沒有成就,換句話說,將來你遭難沒人幫助你,沒人救你,這個不可以不知道。所以,你說自度重要還是度人重要?
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三五一集) 2011/3/30 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0351