Ketika anda berniat membantu
para makhluk menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, membantu mereka
belajar Dharma Sejati, membantu mereka terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, tetapi
upaya anda malah sengaja dirusak orang lain, kekuatan ini sangat dahsyat, anda
juga tak berdaya melakukan perlawanan, atau anda terpaksa meninggalkan tempat
tersebut, atau anda tak berdaya melanjutkannya lagi, sesungguhnya jasa
kebajikanmu telah sempurna, anda seharusnya berterima kasih pada mereka yang
merintangi dirimu. Mengapa demikian?
Jika mereka tidak merintangimu,
anda harus bekerja sampai selesai, dan tentunya tidak gampang; tetapi begitu
mereka menghalangimu, anda tak berdaya melanjutkannya lagi, tetapi jasa
kebajikan telah sempurna. Coba pikirkan, siapa sebenarnya yang diuntungkan?
Ternyata diri sendirilah yang
paling diuntungkan, namun anda tidak menyadarinya. Sementara gerombolan si
sirik justru sudah menciptakan karma jelek, mereka harus mempertanggungjawabkan
perbuatannya, menerima balasannya, sedangkan saya sendiri malah telah
menyempurnakan jasa kebajikan.
Saya bukannya tidak mau
mengerjakannya sampai selesai, sejak awal saya memang mau mewujudkannya, tetapi
apa daya jodoh tidak masak, meskipun pekerjaan belum tuntas tapi jasa kebajikan
telah sempurna.
Proses perhitungan di dalam
Buddha Dharma adalah dapat diterima dengan akal sehat, takkan merugikan orang lain. Jadi
bukan berarti gara-gara di pertengahan, ada gerombolan si sirik datang
menghalang-halangi, sehingga anda tak berdaya melanjutkan lagi, terus jasa
kebajikan anda juga dihitung separuh saja, bukan begitu, justru karena
dirintangi makanya jasa kebajikanmu jadi sempurna.
Maka itu kita harus menghormati
dan berterima kasih pada orang yang telah menghambat upaya kita, bahkan juga
melimpahkan jasa kebajikan kepada si sirik. Mengapa demikian?
Mereka harus
mempertanggungjawabkan hasil perbuatannya, menerima balasan yang menyedihkan,
makanya kita melimpahkan jasa kebajikan padanya supaya bisa sedikit meringankan
hukumannya. Ini merupakan balas budi kita padanya, dia telah membantu kita
menyempurnakan jasa kebajikan, jadi kita membalas budinya, takkan ada kebencian
sama sekali.
Seorang praktisi tidak boleh
tidak memahami hal ini, bahkan kapan saja dan di mana saja, pasti bisa bertemu
dengan pengalaman begini, terutama dalam masyarakat sekarang ini.
Maka itu kita harus tahu
bagaimana cara menghadapinya, takkan ada kebencian, jangan sampai menanganinya
dengan cara yang salah, dengan demikian tiada satupun hal yang tidak teratasi secara
benar.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 26 Maret 2011
你真的發心要幫助眾生,幫助他們破迷開悟,幫助他們學習正法,幫助他們往生淨土,而當中有人破壞,那個力量非常強大,你沒辦法抗拒,或者你離開了,或者你不幹了,其實你的功德圓滿了,你應該感謝那些障礙的人。為什麼?他們不障礙,做得好辛苦;他們一障礙,不要做,功德也圓滿。你想想看誰佔便宜?原來自己佔大便宜,自己不知道。他們那些人造業了,他要受報,我功德圓滿。我不是不做,真想做,但是緣不成熟,功德就圓滿。佛法裡算帳合情合理合法,一點都不冤枉人。不能說人家一障,你就沒有功德了,那我們都洩氣了,功德圓滿了,又不需要去做。所以這個對障礙人生恭敬心、感恩的心,還應該要把自己的功德迴向給他們。為什麼?他們造的罪業將來受苦報,我們將功德迴向給他,他將來受苦少一點,減輕一點。這是我們對他的回報,他幫助我們成就,我們對他的回報,決定沒有一絲毫的怨恨心。學佛不能不懂這個道理,這道理很深,而且這些事情隨時隨地會遇到,在現前這個社會,無論在哪個國家地區都會碰到。所以懂得了,我們就知道怎樣處理,不致於有怨恨,不致於把事情做錯了,沒有一樣不如法。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三四四集) 2011/3/26 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0344
Di dalam “Maharatnakuta
Sutra” disebutkan : “Raja Yama selalu bilang pada orang-orang yang berdosa, saya
tidak bisa menjatuhkan hukuman kepada
kalian. Anda sendirilah yang melakukan perbuatan dosa sehingga datang sendiri
ke Neraka, siksaan yang dijalani juga merupakan hasil perbuatan diri sendiri,
yang tidak dapat diwakili oleh siapapun.”
Raja Yama
memberitahukan pada orang terhukum, saya tidak dapat menjatuhkan hukuman kepada
dirimu, siksaan yang kamu jalani adalah hasil perbuatanmu sendiri, saya tidak
memiliki kekuasaan apapun untuk menghukum dirimu, Raja Yama mengatakan bahwa
beliau tidak memiliki kemampuan ini.
Lantas dari
mana bentuk-bentuk siksaan itu berasal? Dari perbuatan diri sendiri, hari ini
anda bisa datang ke Neraka juga merupakan hasil perbuatan diri sendiri, setan
kecil yang menggiringmu sampai ke Neraka untuk menghadap Raja Yama.
Lantas apakah
setan kecil tersebut merupakan utusan Raja Yama? Bukan. Setan kecil itu
merupakan musuh kerabat penagih utang, yang menangkap dan menggiringmu ke
Neraka. Hal ini mesti dipahami!
Musuh
kerabat penagih utang menjelma menjadi petugas Neraka yang berjubah hitam dan
putih, menjelma menjadi setan berkepala kerbau dan setan berwajah kuda, datang
menangkap dirimu, semua ini berasal dari perbuatanmu sendiri, apa yang ditabur
itulah yang dituai.
Pelaku
kejahatan menerima hasil perbuatan sendiri, tidak ada yang dapat mewakilinya, anda
sendirilah yang melakukan perbuatan dosa sehingga datang sendiri ke Neraka.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 26 Maret 2011
「《寶積經九十六》曰:閻羅常告彼罪人,無有少罪我能加。汝自作罪今自來,業報自招無代者。」閻羅王告訴受罪的人,閻羅王說的是真話,無有,是我不能加給你很少的罪過。換句話說,我不能給你罪過,罪是你自己造的,你自己受,我沒有權力來加罪與你,來懲罰你,閻羅王說我沒有這個能力。這些果報什麼?是你自己作罪,你今天來到此地,自自然然來到此地,是小鬼去抓你來見閻羅王。那小鬼是閻羅王派的?不是的。那小鬼是誰?是你的冤親債主,把你抓來了。這個要懂得!冤親債主變化作無常、變化作牛頭馬面來抓你,你自己來的,自作自受。業報自招無代者,汝自作罪今自來。這個很好,這四句,「閻羅常告彼罪人,無有少罪我能加。汝自作罪今自來,業報自招無代者」。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三四四集) 2011/3/26 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0344
Pelaku
kebajikan pasti akan memperoleh balasan yang baik, pelaku kejahatan pasti
mendapatkan balasan yang buruk, Hukum Sebab Akibat mencakup tiga masa, jika
anda telah memahaminya dengan jelas, sepanjang hidup manusia pasti takkan ada
keuntungan yang bisa diperoleh juga tidak ada kerugian yang diderita. Apa
alasannya?
Hukum
Sebab Akibat mencakup tiga masa, pada satu masa kehidupan ini anda dirugikan,
masa kelahiran mendatang akan dapat kompensasi (ganti rugi); pada satu masa
kehidupan ini anda mengakali orang lain sehingga meraup keuntungan, pada
kelahiran mendatang harus mengembalikannya kepada orang tersebut.
Membunuh
orang lain mesti melunasi utang nyawa, utang uang dibayar uang. Saya memiliki
sejumlah uang tetapi ditipu orang lain, janganlah taruh di hati, kalau uang
tersebut memang adalah miliknya, mungkin pada kehidupan lampau saya menipu
uangnya, sekarang saya melunasi padanya, utang piutang pun jadi tuntas.
Sebaliknya
kalau bukan demikian halnya, dia menipu uangmu, pada masa kehidupan mendatang
dia harus melunasinya padamu, beserta dengan bunga-bunganya sekaligus harus
dilunasi pada dirimu, makanya tidak ada keuntungan yang bisa diambil dari orang
lain.
Setelah
belajar Ajaran Buddha jadi tercerahkan, takkan bersikap seperti dulu lagi,
kalau memang berutang pada orang lain, melunasinya dengan gembira, sedangkan
utang orang lain padaku, saya tidak menghendakinya lagi, saya akan menuju ke
Alam Sukhavati, saya tidak ingin terlibat lagi dengan urusan utang piutang, mencari
masalah dan kerepotan di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, saya tidak
mau lagi. Baiklah! Anda menipu uangku, saya takkan menagih padamu lagi, saya menuju
ke Alam Sukhavati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 26 Maret 2011
「作業無邊,報必隨之」。善肯定有善果,惡決定有惡報,因果通三世,你真的明白、搞清楚了,才真正了解,人一生決定佔不到便宜,也決定吃不了虧。為什麼?果報通三世,你這一生吃虧,來世補償;這一生佔了便宜,來世去還債。殺人一定要償命,欠債的一定要還錢。我有錢,被人騙了,不要放在心上,如果是他的,大概是過去生中我騙了他,現在我還他,這帳了了;如果不是的,他來騙我,來生他還要還你,還你還要附上利息,真佔不到。學佛覺悟、明白了,跟從前不一樣,我欠別人的,還了歡喜,別人欠我的,不要了,我到極樂世界去,我不跟他搞討債還債,在六道裡頭找這些麻煩事情,不要了。好!你騙我錢,我不要了,我到極樂世界去了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三四四集) 2011/3/26 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0344