“Juga demi diri kami yang dapat beralih
menjadi pembimbing para makhluk, membantu mereka supaya memperoleh
penyelamatan, sehingga timbul perasaan sukacita”.
Ini
adalah kita menuruti jodoh membantu orang lain, di mana ada jodoh di situ kita
menuju, dengan penuh sukacita, memperkenalkan Pintu Dharma ini kepada semua
orang.
Panjang
pendeknya waktu tergantung jodoh, tidak ada ikatan apapun, kalau ada jodoh
sehari maka jelaskan padanya selama sehari, punya jodoh dua hari maka jelaskan
padanya selama dua hari. Tidak gampang!
Sungguh
merupakan “Begitu melintasi indra pendengaran, selamanya tertanam menjadi benih
di gudang kesadaran”.
Mengungkapkan
banyak alasan sehingga timbul perasaan sukacita. “Maka itu sukacita begini
belum pernah ada di dunia ini”, sukacita begini tidak dapat ditemukan di dunia
ini, sebagai tambahan, saya ingin sampaikan pada praktisi sekalian, bahkan
dalam Buddha Dharma sekali-pun juga tidak dapat ditemukan sukacita begini.
Di dalam
Buddha Dharma terdapat banyak pintu Dharma, ada metode yang gampang dilatih,
ada pula yang sulit diamalkan, tidak mudah meraih keberhasilan, hanya satu-satunya Pintu Dharma ini, serupa dengan apa yang
dikatakan oleh Master Shandao bahwa sepuluh ribu orang yang melatihnya, sepuluh
ribu pula yang berhasil.
Praktisi
yang gagal dikarenakan dia tidak menuruti apa yang tercantum di dalam sutra, meskipun
melatih diri tetapi tidak melepaskan kemelekatan secara nyata.
Asalkan
bersedia melepaskan kemelekatan, menerima, meyakini dan mengamalkan sesuai
dengan ajaran, tidak ada seorang pun yang tidak berhasil.
Makanya
apakah bisa mencapai pencerahan? Apakah bisa terlahir ke Alam Sukhavati? Anda
sendirilah yang menentukannya, bukanlah orang lain yang bisa membantumu membuat
keputusan.
“Makanya
disebut sebagai Maha Sukacita”.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 13 Maret 2011
「並為我等亦可輾轉教導眾生,普令度脫而喜。」這就是我們隨緣幫助別人,哪裡有緣哪裡去,歡歡喜喜,把這個法門介紹給大家。時間長短看緣分,沒有任何拘束,有一天的緣分跟他講一天,兩天的緣分講兩天。不容易!真的是一歷耳根永為道種。說出這麼多歡喜的原因。「是故此喜,世所未有」,這個歡喜世間找不到,再給諸位說,佛法裡頭也找不到。佛法的法門多,修學有難有易,真正修成非常不容易,唯獨這個法門,善導大師說的話一點都不錯,萬修萬人去。修而不能去的,那是他修得不如法,雖然修學,沒放下,沒有真的放下。真正放下,依教奉行,沒有一個不成功的。所以能不能開悟?能不能往生?是你自己決定,不是別人幫你決定。「故曰大歡喜」
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二一集) 2011/3/13 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0321
“Duduk
mendengarkan pembabaran Dharma, mengungkapkan peragaan untuk memperoleh
kebijaksanaan Buddha”.
Pangeran
Ajatasatru bersama rombongannya duduk mendengar pembabaran Dharma dari Buddha
Sakyamuni, di sini juga menampilkan peragaan Dharma, apa yang diperlihatkan?
Mendengar ceramah adalah untuk memperoleh kebijaksanaan Buddha.
“Mendengar
Dharma tanpa merasa jenuh”. Alam Sukhavati telah memperlihatkan kepada kita
peragaan yang sangat jelas, yaitu para Buddha membabarkan Dharma membimbing para
makhluk tanpa merasa jenuh.
Para
Bodhisattva yang berasal dari sepuluh penjuru, berkumpul di Alam Sukhavati
mendengar pembabaran Dharma, juga tidak merasa jenuh.
Lain
halnya dengan kita di dunia ini, waktu mendengar pelajaran di kelas, kalau guru
menerangkan agak lama sedikit, maka para siswa mulai menguap dan menganga
mulutnya, sementara itu guru yang mengajar kelamaan juga akan merasa keletihan,
tidak bisa dibandingkan dengan penduduk Alam Sukhavati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 13 Maret 2011
Artikel terkait :
Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas
Bab 10
「卻坐聽經以下,表希求佛智」,阿闍王子他這些人,大家都坐下來聽佛講經,這在此地也表法,表什麼?聽經是希求佛智,「聞法無厭足也」。西方極樂世界為我們做了非常明顯的示現,那就是佛在那裡講經教學教不倦,十方菩薩在那裡聽經聽不厭。我們這個世間,上課的時候,時間長了就打瞌睡,老師講的時間太長,疲倦了,不能跟人家相比。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二一集) 2011/3/13 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0321
Dapat kita bayangkan
bahwa betapa hebatnya Buddha Amitabha, selama kurun waktu yang begitu
panjangnya, Beliau masih tiada henti-hentinya membabarkan Dharma. Bhiksu
Dharmakara mencapai KeBuddhaan sudah sepuluh kalpa lamanya, berarti Buddha
Amitabha telah membabarkan Dharma selama sepuluh kalpa, selamanya tidak habis
dibabarkan, selamanya pula tidak membuat para pendengar merasa kebosanan,
setelah usai mendengarnya masih saja ingin mengulangi mendengarnya lagi dan
lagi, ingin berhenti pun tidak bisa.
Apakah ada
penduduk Alam Sukhavati yang mendengar pembabaran Dharma dari Buddha Amitabha
selama sepuluh kalpa? Tentu saja ada. Sejak Buddha Amitabha mencapai KeBuddhaan
sampai sekarang, para siswa yang mendengar sejak awal hingga sekarang, bukankah
sudah mendengar selama 10 kalpa?
Tiap hari
mendengar pembabaran Dharma dari Buddha Amitabha, sungguh tak terbayangkan!
Guru sebaik begini, ke mana lagi harus mencarinya?
Mengapa para
Bodhisattva tidak bosan mendengarnya? Tiap hari ada bagian yang tercerahkan,
tiap hari mengalami kemajuan batin, penuh sukacita Dharma.
Bukan saja
tidak meninggalkan Alam Sukhavati, bahkan berkunjung secara rutin ke vihara
(alam) para Buddha di sepuluh penjuru, guna memperkaya ilmu, sementara itu
sosok aslinya tidak meninggalkan Buddha Amitabha sama sekali, mereka menjelma
hingga tubuh jelmaan tak terhingga menuju ke sepuluh penjuru alam.
Para
praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati pada tanah suci tingkatan terendah
atau “Tanah Suci Tempat Kediaman Orang Awam dan Insan Suci”, memperoleh
pemberkatan 48 tekad agung Buddha Amitabha, semuanya menjadi Bodhisattva
Avaivartika, kebijaksanaan mereka, kemampuan gaib, keterampilan melatih diri
mereka juga setara dengan Bodhisattva Dharmakaya, makanya mereka mampu menjelma
menjadi tak terhingga dan tanpa batas, dengan tujuan untuk mendalami Buddha
Dharma dan menyelamatkan para makhluk, memiliki kemampuan yang sedemikian
besarnya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 13 Maret 2011
我們能夠想像得到,阿彌陀佛真的是了不起,他那麼長久不斷的講,成佛十劫,他講了十劫,永遠講不完,永遠叫人聽不厭,聽了還想聽,欲罷不能。有沒有在彌陀會下聽了十劫的?當然有,阿彌陀佛初成佛,那批學生聽到現在,他不就聽了十劫嗎?天天在聽,不可思議!這樣的好老師到哪裡去找?為什麼這些菩薩聽不厭?天天都有悟處,天天境界不相同,法喜充滿。不但沒離開極樂世界,而且經常不斷到十方諸佛道場去參學,他的本身沒離開阿彌陀佛,十方世界分身去了、化身去了。極樂世界凡聖同居土下下品往生,都得到彌陀四十八願加持,皆作阿惟越致菩薩,他們的智慧、神通、道力都跟法身菩薩平等,所以他有能力化無量無邊身,上求佛法,下度眾生,有這麼大的本事。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二一集) 2011/3/13 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0321