Selasa, 10 Desember 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Maret 2011 (Bgn 7)


Kesucian hati adalah melepaskan segala kemelekatan, melepaskan perbedaan dan kemelekatan, hal ini lebih penting dari segala-galanya. Hendaknya meneladani Master Hong Yi.

Master Hong Yi saat berusia lanjut telah kembali ke jalan yang benar. Di dalam Biografi Master Hong Yi disebutkan bahwa ketika masih berusia muda, beliau merupakan orang yang angkuh, tabiatnya juga sangat berat, suka menonjolkan diri, baik terhadap orang maupun urusan, selalu menuntut disiplin yang terlampau ketat, makanya semua orang juga tahu betapa sulitnya bekerja sama dengannya.

Ketika melihat sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginannya, dia akan langsung melontarkan kritikan pedas, takkan ada basa-basi. Setelah belajar Ajaran Buddha, dia memperbaiki diri, hingga saat berusia lanjut, tabiatnya sudah tidak ada lagi, tidak pernah lagi menuntut orang lain, juga tidak pernah memaksakan kehendak lagi.

Selama periode tahun 1999, saya menetap di Singapura dan memberi ceramah di sana, Master Guang-qia kadang kala datang mendengar ceramah. Beliau sangat suka ajaran sutra, mengundang diriku makan bersama di vihara mungilnya, saya pernah ke sana se-kali saja, nama viharanya adalah “Zhan Pu Yuan”.

Master Hong Yi ketika berada di Singapura pernah menetap di “Zhan Pu Yuan”, beliau sangat akrab dengan Master Guang Qia. Master Guang Qia memberitahukan padaku, tempo dulu mereka berkenalan di Perguruan Tinggi Buddhis Minnan (terletak di Provinsi Fujian).  

Selama kurun waktu tinggal bersama di Singapura, tampak jelas bagaimana kehidupan keseharian Master Hong Yi, sungguh bersahaja dan tanpa keluhan sama sekali, tidak ada satupun yang tidak bagus, benar-benar mewujudkan tiap orang adalah orang baik, tiap kejadian adalah kejadian baik.

Beliau tidak memiliki hati yang membeda-bedakan, ini merupakan syarat pokok untuk terlahir ke Tanah Suci Sukhavati. Master Hong Yi telah berhasil melatihnya, sungguh sulit diperoleh!

Orang yang semula tabiatnya suka pilih-pilih dan rewel, sampai pada usia lanjut begitu bersahaja dan tanpa keluhan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Maret 2011


清淨心就是放下萬緣,放下分別執著,比什麼都重要。要學弘一大師晚年,晚年他真的回頭了,叫回頭是岸。諸位看弘一大師的傳記,這個老人年輕的時候,傲慢,習氣很重,好強、好勝,對人對事要求過分的嚴格,所以大家都知道跟他相處非常不容易。他看不慣就要呵斥,就要責備,毫不留情面。學佛之後改了,他真改,到晚年一點習氣都沒有了,什麼要求都沒有了。一九九九年那段時期,我住在新加坡,在新加坡講經,廣洽法師偶爾也來聽經。他很喜歡經教,邀我到他的小精舍去吃飯,我去過一次,叫薝葡院。這個地方,弘一大師過去到新加坡就住在這個地方,他跟廣洽法師交情很深。廣洽法師告訴我,他們認識是在閩南佛學院,早年的時候。在新加坡那時候就看到他的生活狀態,非常隨和,什麼都不計較,沒有一樣不好,真的是人人是好人,事事是好事。他沒有分別心了,這是往生淨土必要的條件。弘一大師修成了,難得!那麼樣一個挑剔的人,到晚年的時候那麼樣隨和。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一五集)  2011/3/4  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0315





 

Bagaimana caranya supaya kita dapat menerapkan prinsip tiap orang adalah orang baik, tiap kejadian adalah kejadian yang baik, kondisi batin yang bagaimanakah ini sebenarnya? Hatimu bajik, hatimu telah suci.

Ucapan dan tindakan kita merupakan cerminan hati sendiri, jika di dalam benak kita masih suka berperhitungan, masih suka membeda-bedakan dan melekat, maka yang dipantulkan keluar adalah apapun diperhitungkan hingga sedetail-detailnya.

Jika hati suci dan setara, maka yang dipantulkan keluar adalah tiap orang adalah orang baik, tiap kejadian adalah kejadian baik.

Kejadian buruk juga merupakan kejadian baik, apa alasannya? Kejadian buruk merupakan pantulan dari kekotoran batin dan tabiat jelek yang terdapat di dalam hatinya, yang ada di dalam Alayavijnana-nya, sehingga benih jelek muncul ke permukaan.

Setelah melakukan karma buruk pasti ada balasan buruknya, balasan buruk juga merupakan hal yang bagus, mengapa demikian? Dapat mengeliminasi rintangan karma, setelah bersih bukankah merupakan hal yang bagus?

Sudut pandang yang berbeda, di tiga alam bajik mengeliminasi karma baik, di tiga alam penderitaan mengeliminasi karma buruk, di dalam hati yang suci tidak ada yang baik dan buruk.

Maka itu, anda berbuat karma baik, karma baik ini harus dieliminasi, demikian pula anda berbuat karma buruk, karma buruk juga harus dieliminasi, setelah semuanya dieliminasi, maka hati pun jadi suci, begini barulah dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Maret 2011


我們如何能真正落實人人是好人、事事是好事,這到底是個什麼境界?你的心好,你的心清淨了。我們的言行舉止是我們心的反應,我們心裡有計較,心裡有分別、有執著,反應出來就是樣樣計較;心地清淨、平等,反應出來,人人都是好人,事事都是好事。壞事也是好事,怎麼說壞事也是好事?壞事是他心裡面那個煩惱、惡習氣反應出來的,阿賴耶裡頭有,總得讓它暴發出來。造作惡業的時候有了惡報,惡報也是好事,為什麼?到那去消業,消乾淨他不就沒有了嗎?看法不一樣,三善道消善業的,三惡道消惡業的,清淨心裡頭善惡都沒有。所以,你造的善,善要消掉,你造的惡,惡要消掉,統統消掉,心就乾淨了,那才能到極樂世界。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一五集)  2011/3/4  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0315




 

Melatih diri di dunia ini, Buddha Sakyamuni membabarkannya pada kita, melatih diri sehari di alam saha adalah setara dengan melatih diri di Alam Sukhavati selama 100 tahun. Apa maknanya?

Di dunia ini terlampau banyak rintangan, majunya cepat mundurnya juga cepat, praktisi yang tahu cara melatih diri akan mengalami kemajuan pesat, sebaliknya praktisi yang tidak tahu cara melatih diri, akan terpuruk hingga begitu menyedihkan, majunya cepat mundurnya juga cepat.

Melatih diri di Alam Sukhavati hanya ada kemajuan, takkan ada kemunduran, kemajuannya berjalan lamban; sedangkan di dunia fana ini asalkan anda dapat melewati cobaan, maka kemajuan batinmu akan meningkat drastis.  

Maka itu berbagai cobaan, beragam masalah yang menimpa diri sendiri, ini merupakan hal yang bagus, bila kita memandangnya dari sudut pandang positif.

Baik kondisi suka maupun duka akan menggoda dirimu sehingga mudah mengalami kemajuan batin atau kemerosotan batin. Lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan dan tidur) dan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran) juga sedang menggoda dirimu.

Lain halnya di Alam Sukhavati tidak ada cobaan maupun godaan, maka itu kemajuan batin di sana berjalan secara lamban. Sementara itu di dunia fana ini, baik orang maupun masalah juga sedang menggoda atau memancing tabiatmu, ketika cobaan datang, anda tidak sanggup bersabar, maka dengan cepat tabiat pun segera kambuh keluar.

Maka itu dalam kondisi yang menyenangkan dan serba lancar, kita melatih untuk mengikis keserakahan dan kedunguan; dalam kondisi yang menyusahkan dan banyak hambatan, kita belajar mengikis kebencian dan kedunguan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Maret 2011


在這個世界修行,這是佛說的,娑婆世界修行一天等於極樂世界修行一百年。這什麼意思?這個世界障礙多,大起大落,會修的人提升得好快,不會修的人墮落得很慘,大起大落。西方極樂世界只有起沒有落,它起得很緩慢;這個世界只要你禁得起折磨,你起得就快。所以種種折磨、種種災難,好,不是壞處,善的境界、惡的境界都是叫你大起大落的。五欲六塵在那裡誘惑你,西方極樂世界沒有人誘惑,所以你提升就很慢,這邊有人誘惑,誘惑的時候你不接受誘惑,一下就起來了。所以順境裡頭成就什麼?成就斷貪痴,逆境裡頭斷瞋恚、愚痴。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一五集)  2011/3/4  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0315