Rabu, 30 Oktober 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Februari 2011 (Bgn 2)


Konfusius lahir pada periode “Chun Qiu” (Periode Semi dan Gugur berlangsung dari tahun 770-476 SM), Mencius lahir pada periode “Zhan Guo” (era negara-negara berperang berlangsung dari tahun 475-221 SM). Kedua periode ini merupakan periode yang kacau, selama kurang lebih 400 tahun lamanya masyarakat hidup dalam peperangan.

Kondisi dunia hari ini mirip dengan kondisi kedua periode tersebut, tetapi zaman dulu, pimpinan negara masih punya jiwa ksatria, sedangkan welas asih sudah tidak ada lagi, menggunakan asas kebenaran untuk menata pemerintahan.

Kaisar Qin Shi-huang merupakan kaisar pertama yang berhasil menyatukan seluruh wilayah Tiongkok, dia menggunakan asas pemerintahan yang diusulkan Shang Yang (filosofi dan negarawan Dinasti Qin), alhasil tidak sampai 15 tahun, Dinasti Qin sudah runtuh.

Dilanjutkan dengan berdirinya Dinasti Han, yang mempertahankan kesatuan wilayah Tiongkok, Kaisar Han Wudi mengeluarkan banyak peraturan yang bijak, menggunakan asas kesusilaan untuk menata pemerintahan. Dengan kesusilaan sebagai pilar utama, peraturan hanyalah sebagai unsur tambahan saja.

Dari Dinasti Han sampai Dinasti Qing, juga menggunakan asas kesusilaan untuk menata pemerintahan, selama kurun waktu dua ribu tahun, negara berada dalam kondisi aman sentosa, hal ini sungguh beralasan.

Sampai pada periode pemerintahan Tiongkok Nasionalis, asas kesusilaan sudah tidak tampak lagi, masyarakat kembali ke era kekacauan. Ucapan insan kuno semuanya jadi kenyataan, sejarah telah memperlihatkan buktinya.

Lantas bagaimana dengan kondisi kita hari ini? Ingin menggunakan asas moralitas, terlampau tinggi, tidak sanggup diamalkan; ingin menggunakan asas welas asih, juga terlampau mewah, mungkin kita cuma bisa berteori namun tidak sanggup mewujudkannya; maka itu sebaiknya mencari kembali asas kesusilaan, guna menata pemerintahan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Februari 2011


孔子生在春秋時代,孟子生在戰國時代,亂世,先後的動亂大概有四百多年,亂世。現在這個世界很像那個時候,很像戰國那個時候,亂世。但是那個時候,那些國君講義氣,仁沒有了,用義治天下。秦始皇統一了戰國,這是中國第一次全國大統一,他是用法,用商鞅的法,不到十五年亡國了。漢興起,繼承這個大一統,漢武帝定了很多很好的制度,用禮治天下,道德仁義禮,禮是主要的,法是輔助的。從漢一直到滿清,都是以禮治天下,兩千年,國家長治久安,它有道理的。禮沒有了,到民國之間,禮沒有了,禮沒有了天下就大亂。古人這些話全部都兌現了,歷史給它做了印證。

今天我們怎麼辦?找道德太高了,做不到;講仁義,也太奢侈,可能只能講,也不能兌現;還是老老實實把禮找回來,恢復以前的禮治,以禮治天下。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二九八集)  2011/2/23  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0298


 

 

Lantas bagaimana dengan kondisi kita hari ini? Ingin menggunakan asas moralitas, terlampau tinggi, tidak sanggup diamalkan; ingin menggunakan asas welas asih, juga terlampau mewah, mungkin kita cuma bisa berteori namun tidak sanggup diwujudkan; maka itu sebaiknya mencari kembali asas kesusilaan, guna menata pemerintahan.

Menggunakan cara lama, memulihkan kondisi masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur. Tidak ada cara lainnya lagi, mesti memulihkan ajaran insan suci dan bijak, budaya warisan leluhur yang berusia beribu-ribu tahun yang menetapkan empat materi pokok kepada kita semuanya.

Empat materi pokok tersebut adalah Lima bentuk hubungan manusia yang beradab, Lima kebajikan, Empat ikatan sosial, Delapan moralitas, sungguh merupakan pusaka Negeri Tirai Bambu, andaikata diabaikan, betapa sayangnya!

Sebuah negara boleh saja kehilangan hak miliknya, namun tidak boleh kehilangan kebudayaan leluhurnya. Dalam perjalanan sejarah kekaisaran  Tiongkok, pernah dua kali dijajah oleh kekuasaan asing, yakni Dinasti Yuan dimana pemerintahan dipegang Bangsa Mongol dan Dinasti Qing dimana pemerintahan dipegang Bangsa Manchuria. Tetapi Bangsa Tiongkok masih mampu mempertahankan kebudayaan leluhurnya.

Kalau sempat kehilangan kebudayaan bangsa sendiri, maka suku bangsa pun akan ikut musnah dan hilang dari permukaan Bumi. Dari empat peradaban kuno yang pernah eksis di dunia ini, satu-satunya yang masih bertahan hingga saat kini adalah kebudayaan Tionghoa.

Apakah kebudayaan Tionghoa masih bisa berlanjut ke generasi selanjutnya adalah tergantung pada generasi kita sekarang ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Februari 2011

Istilah Ajaran Konfusius :


今天我們怎麼辦?找道德太高了,做不到;講仁義,也太奢侈,可能只能講,也不能兌現;還是老老實實把禮找回來,恢復以前的禮治,以禮治天下。用老辦法,法來補助,社會可以恢復安定和平,人民可以再過到幸福美滿的一生。找不到其他的方法了,一定要恢復聖賢的教誨,老祖宗千萬年前給我們制定這四科,這四科能改變嗎?五倫、五常、四維、八德,真的這是中國的國寶,這個東西要是丟失,那不得了!一個國家政權丟掉了沒有關係,文化要是被消滅那就完了。中國歷史上有兩次失掉政權,元朝時候,政權被蒙古人奪去,清朝時候被滿族人奪去,兩次,但是文化沒有丟失。如果把文化丟失,這個族就會滅掉。世界上四個文明古國只剩一個中國,中國文化能不能生存那就在這一代了。這一代人不知道善治堤塘,不知道來保護,那就完了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二九八集)  2011/2/23  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0298