Yang
mewakili Aliran Sukhavati adalah “Sutra Usia Tanpa Batas”, landasan dari “Sutra
Usia Tanpa Batas” adalah 48 tekad Buddha Amitabha, landasan dari 48 tekad
adalah tekad ke-18 yakni sepuluh lafalan pasti terlahir ke Alam Sukhavati.
Maka
itu sepatah Amituofo adalah Jalan Kebenaran. Kita tidak mengetahuinya, juga
tidak menyadari kegunaan dari sepatah Amituofo, masih sibuk mencari ke sana
kemari, adakah metode yang lebih sakti lagi, padahal mana ada lagi cara untuk
mengobati tabiat jelek sendiri, selain sepatah Amituofo ini.
Lantas
bagaimana kalau sepatah Amituofo ini tidak bisa mengobati tabiat jelekku, apa
sebabnya? Alasannya cuma satu, yakni anda tidak percaya, anda meragukannya,
anda merasa ini terlampau mudah, mustahil bisa begitu gampang? Ini namanya anda
tidak tahu mengenali produk berkualitas.
Buddha
Sakyamuni dalam membabarkan Dharma, berulang kali mengingatkan kita, “Memfokuskan
pikiran pada satu objek, tidak ada hal yang tidak tertangani”, masalahnya kita
tidak mampu memusatkan perhatian pada satu tempat.
Khayalanmu
terlampau banyak, tidak mampu memusatkan perhatian, asalkan mampu memfokuskan
pikiran maka masalah pun selesai. Pikiran harus difokuskan ke mana? Difokuskan
pada lafalan Amituofo, Amituofo adalah Jalan Kebenaran.
Setelah
pikiran difokuskan pada lafalan Amituofo, Maha Maitri Karuna yang terdapat
dalam jiwa sejati akan muncul ke permukaan, akar kebajikan yang tak bercelah
juga akan muncul ke permukaan, alangkah pentingnya hal ini.
Kemudian
dengan sendirinya menuruti jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan) memunculkan Tanah
Suci. Buddha Amitabha juga menuruti jiwa sejati memunculkan Tanah
Suci yakni mewujudkan Alam Sukhavati di penjuru barat.
Kita
harus memahami kebenaran ini, barulah pada satu masa kehidupan ini dapat meraih
keberhasilan yang sesungguhnya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 Maret 2011
代表淨宗就是這部《無量壽經》,《無量壽經》的根本是四十八願,四十八願的根本是第十八願,第十八願是十念必生,一句佛號。所以,這一句佛號是正道。我們不知道、不曉得這句名號的作用,還去找這個、找那個,找什麼方法都治不了我們的毛病,只有這一句佛號。這一句佛號還是治不了,原因是什麼?原因是你不相信它,你懷疑它,你認為它太簡單,哪有這麼容易?這是你不識貨。
世尊講經說法無數次的告訴我們,「制心一處,無事不辦」,我們就沒有辦法把心放在一處。你心裡的妄念太多,你不是住在一處,住在一處問題就解決了。現在教你住在哪一處?住在阿彌陀佛,阿彌陀佛就是正道。真的制心一處了,自性裡面的大慈悲生出來,無漏的善根出現,這是多麼重要。然後自自然然能隨順法性而生起淨土,西方極樂世界是阿彌陀佛隨順法性生起的淨土。我們要明白這個道理,了解事實真相,這一生當中才真正成就。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二七集) 2011/3/16 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0327
Pintu Dharma Tanah Suci
sungguh merupakan metode yang sulit dipahami namun mudah mengamalkannya, kita
melatih diri namun tidak terjalin, dikarenakan kurangnya pemahaman.
Dengan perkataan lain, di
dalam hati kita, dunia fana ini adalah nyata, sementara Alam Sukhavati, kita
belum pernah melihatnya. Terhadap dunia fana ini, kita begitu mendambakannya,
tidak sanggup melepaskan kemelekatan padanya, sedangkan Alam Sukhavati begitu
samar-samar, entah nyata atau semu belaka?
“Saya disuruh melepaskan segalanya
di sini dan bertekad ke sana, bagaimana kalau ternyata yang di sana itu cuma semu
belaka?”
Anda selalu diliputi
keraguan dan kekhawatiran yang tak teruraikan. Makanya walaupun anda
bersukacita pada Alam Sukhavati, namun anda masih tidak berminat ke sana.
Terus terang saja,
sesungguhnya anda masih merindukan dunia fana ini, ingin bisa hidup sehari
lagi, ingin menjalani siksaan sehari lagi.
Jika benar-benar telah
memahami Ajaran Sukhavati, maka takkan ada keraguan dan kekhawatiran lagi, begitu
Buddha Amitabha datang, langsung pergi mengikutiNya, sedemikian praktis dan
mudahnya, sedemikian cepatnya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 Maret 2011
淨土這個法門確確實實知難行易,我們修行不相應,是因為對它認識、了解得不夠;換句話說,在我們心目當中,我們這個世界是現實的、是真實的,極樂世界我還沒看見。對這個世界太留戀,捨不得放下,西方極樂世界太渺茫,到底是真還是假?讓我放棄之後到那裡,放棄此地,萬一那邊落空那怎麼辦?你這個憂慮不能化解。所以西方極樂世界雖然是很歡喜,我也知道你真的歡喜,但是不是真的想去。說真心話,你還是留戀這個世界,還是想多活一天,想多受一天罪。真搞清楚、真搞明白了,一絲毫猶豫都沒有,說去就去,真的是這麼簡單,這樣的快速。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二七集) 2011/3/16 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0327
Cahaya
kebijaksanaan Buddha adalah jernih bagaikan sinar mentari, cahaya Buddha menyinari.
Tentu saja yang pertama adalah menyinari Alam Sukhavati, lalu alam semesta
beserta seluruh isinya.
Cahaya
Buddha Amitabha adalah tak terhingga, tanpa batas, takkan ada habis-habisnya, lantas
apakah kita juga disinari oleh cahayaNya? Tentu saja kita senantiasa berada di
dalam siraman cahayaNya.
Tetapi
kenapa kita tidak merasakan apa-apa? Kenapa kita tidak melihat keberadaan
cahaya Buddha? Bukankah katanya cahaya Buddha menyinari alam semesta beserta
seluruh isinya?
Kita
tidak dapat merasakan siraman cahaya Buddha, oleh karena terhalang oleh
rintangan karma sendiri, kita menggunakan “payung” rintangan karma ini guna
menutupi diri sendiri dari siraman cahaya Buddha, kita tidak bersedia
menerimanya.
Asalkan
anda dapat menghapus rintangan karma, maka takkan ada penghalang lagi, kita
langsung bisa menikmati siraman cahaya Buddha.
Maka
itu semua makhluk sesungguhnya berada di bawah siraman cahaya Buddha Amitabha,
tetapi berapa bagian pemberkatan yang bisa diterima setiap individu adalah
tidak sama, mengapa demikian?
Akar
kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh tiap orang adalah berbeda. Dari
sini kita bisa mengetahui bahwa praktisi yang memiliki keyakinan benar dan
membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, akan menerima cahaya Buddha
yang paling banyak, rintangan karma yang dihapusnya juga merupakan yang paling
banyak, timbunan berkah dan kebijaksanaan-nya juga yang paling banyak,
beginilah alasannya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 16 Maret 2011
佛的智慧光明清淨像太陽一樣,佛光普照。當然第一個普照極樂世界,然後再說遍照虛空法界。阿彌陀佛的佛光無量無邊無有窮盡,照不照我們這邊?當然照。佛光在哪裡?佛光在遍法界虛空界。我們似乎沒有感覺到,那是自己有業障,它不是不照你,照你,而你自己有業障,不讓它照,不願意接觸它,它就照不到你。你能把業障去掉,它就照你了。所以,一切眾生在佛光之下,能夠接受阿彌陀佛加持多少各人不一樣,為什麼?各個人的善根福德因緣不相同。我們就曉得,真信切願求生淨土那個眾生,他接受得最多,接受得最多,他消業障就消得最多,他福慧增長的就最多,就是這麼個道理。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三二七集) 2011/3/16 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0327