Jumat, 28 Februari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Maret 2011 (Bgn 2)


Buddha Amitabha memiliki 12 jenis cahaya, cahaya ini menerangi seluruh alam di sepuluh penjuru, termasuk Planet Bumi kita ini. Beragam manfaat yang bisa diperoleh dari siraman cahaya ini, antara lain,”Praktisi yang memperoleh pancaran cahaya Buddha, kekotoran batinnya lenyap dan kebajikan berkembang”, kekotoran batinmu akan hilang atau makin berkurang, sebaliknya akar kebajikan akan terus berkembang.

“Tubuh dan pikiran jadi lembut”, takkan seperti dulu lagi, suasana hati labil dan mudah tersinggung, kini berubah jadi ramah. Ini sangat jelas, dibawah siraman cahaya Buddha kebajikan pun berkembang.

Para makhluk yang berada di tiga alam penderitaan akan memperoleh pembebasan, apabila para makhluk yang menjalani siksaan di tiga alam rendah, memperoleh pancaran cahaya Buddha, segala siksaan yang dialaminya segera terhenti, ketika cahaya Buddha menyinarinya, penderitaannya akan berhenti buat sementara waktu.

Jadi harus ada orang yang mengantar cahaya Buddha ke tiga alam rendah, kita dapat menjadi jodoh pembantu. Saat kita melafal Amituofo dan melimpahkan jasa pada mereka, berarti kita mengantar cahaya Buddha ke sana, tetapi harus melafal dengan cara yang benar, kalau tidak, maka takkan ada hasilnya.

Bagaimana cara melafal Amituofo secara benar? Bodhisattva Mahasthamaprapta memberitahukan pada kita, “Mengendalikan enam akar indria, dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan”.

Inilah persyaratan melafal Amituofo secara benar, tiap lafalannya akan memancarkan cahaya Buddha, melimpahkan cahaya ini kepada para makhluk di tiga alam sengsara, mereka akan melihat cahaya ini, penderitaan mereka segera terhenti buat sementara.

“Saat menjelang ajal memperoleh pembebasan”, para makhluk di tiga alam rendah juga memiliki batas usia, sama halnya pula para makhluk di Neraka Avici juga memiliki batas usia, batas usia ini serupa dengan masa menjalani hukuman di penjara di Alam Manusia, masa siksaan yang dijalani tiap terhukum tidaklah sama, itulah batas usia para makhluk di tiga alam rendah.

Ketika masa hukuman berakhir, barulah dia dibebaskan, inilah maksud dari kalimat “Saat menjelang ajal memperoleh pembebasan”, dia pernah memperoleh siraman cahaya Buddha, yang umumnya kita katakan di dalam Alayavijnana-nya terdapat benih KeBuddhaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Maret 2011

「如是光明」,這個如是光明是講前面十二光,十二種光明「普照十方一切世界」,我們這個地球在其中。下面這一段是講你遇到這個光所得的利益,這就是惠予真實之利。「遇斯光者,垢滅善生」,你的染污消失了、減輕了,你的善根生起來,你的善心善意出現了。「身意柔軟」,身是身體,意是意念,不像從前那麼浮躁,浮躁變成柔軟。這都很明顯,觸光善生。在三途的眾生他得到解脫了,「若在三途極苦之處」,極苦之處是指地獄,「見此光明」,你見到佛光,這些受苦的眾生「皆得休息」,佛光照的時候,這個時候他的苦暫息、暫停。得有人把佛光送過去,我們可以跟他做增上緣。念佛的時候有佛光,可是得會念,不會念的就沒有這個效果。怎麼個念法?大勢至菩薩教給我們,不能忘掉,「都攝六根,淨念相繼」。符合這個標準念佛,念念都放光明,用這個光明迴向給三惡道的眾生,他們就見到光明,就見光了,見光他們的痛苦暫時停止。「命終皆得解脫」,三惡道都有壽命,阿鼻地獄也有壽命,這個壽命是就像人間犯了罪,進監牢獄判刑,判的時間不一樣,那就是他壽命。刑期到了、滿了,他就出來,這「命終皆得解脫」。他曾經受過佛光的沐浴,也就是我們一般人講,阿賴耶識裡頭有佛的種子。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三五一集)  2011/3/30  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0351




 

Praktisi pelafal Amituofo yang jatuh ke Neraka disebabkan saat menjelang ajalnya timbul pikiran sesat, timbul kebencian, sehingga jatuh ke Neraka. Makanya praktisi yang selalu berada dalam kondisi susah juga ada bagusnya, selalu bertemu dengan orang berperilaku buruk, semua keadaan yang tidak menyenangkan ini justru membantunya melatih diri.

Apabila anda dapat bersabar menghadapi kondisi sulit begini, anda dapat menjalani dan menerima apa adanya, saat menjelang ajal pasti memiliki kepastian terlahir ke Alam Sukhavati.

Hendaknya memelihara kebiasaan ini, hinaan apapun yang dilontarkan kepada diriku, saya tetap dapat menahan kesabaran, tersenyumlah dan biarkan segalanya berlalu, dalam hati teringat, segala sesuatu yang berwujud merupakan khayalan semu, segala sesuatu yang tidak kekal dan berubah-ubah adalah bagaikan mimpi, khayalan, gelembung air dan bayangan, janganlah berperhitungan.

Tak peduli dia menggunakan hati yang bagaimana terhadap diriku, saya tetap menghormatinya, saya memandangnya bagaikan seorang Buddha. Sesungguhnya dia juga adalah Buddha, hanya saja sekarang dia lagi tersesat, sehingga melakukan kesalahan, andaikata dia sudah sadar nanti, dia pasti takkan mengulangi melakukan kesalahan lagi.

Hendaknya memaafkan dirinya, takkan ada kebencian sama sekali, malahan harus berterimakasih padanya, dengan demikian batin kita akan mengalami kemajuan pesat.

Sebaliknya apabila dia bersikap buruk padaku, dalam hatiku sangat bersedih dan tidak senang, maka saya telah mengalami kemerosotan batin.

Jadi apakah batin kita mengalami kemajuan atau kemerosotan, ada pada sebersit niat pikiran sendiri, tidak ada kaitannya dengan lingkungan luar, kebenaran ini mesti dipahami, kebenaran ini sungguh mendalam.

Bagaimana cara orang lain melatih diri sehingga mencapai keberhasilan? Yakni terletak pada sebersit niat pikirannya adalah niat baik, dia dapat menuruti kehendak para makhluk, dia dapat melepaskan kemelekatan pada opini sendiri, bersedia mendengar pendapat orang lain, takkan berseteru dengan orang lain, sehingga mencapai kemajuan batin.

Jika terhadap segala hal juga tidak sanggup menerimanya, harus berdebat dengannya, maka batinmu telah mengalami kemerosotan, memang benar anda berhasil melampiaskan emosimu, tetapi akhirnya diri sendiri harus jatuh ke tiga alam rendah, anda telah melakukan kekeliruan!

Orang zaman dulu berkata, “Di kolong langit sesungguhnya tidak ada masalah, namun manusia cari kerisauan sendiri”, buat apa menambah kerumitan buat diri sendiri? Padahal di dunia ini memang tidak ada masalah.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Maret 2011


很多是念佛人、修行人,臨終墮地獄,為什麼?臨命終時那一剎那他迷惑了,瞋恨心生起來,這就墮落了。

所以學佛的人常常處逆境有好處,常常遇到惡人,都幫助他修行。逆境、惡人你都能夠忍受,你都能夠隨順,臨命終時往生有把握。養成這個習慣,什麼樣的羞辱我都能忍受,一笑了之,心上想到,凡所有相皆是虛妄,一切有為法,如夢幻泡影,不要計較。他無論用什麼心態對我,我對他恭敬,我看他是一尊佛。他本來是佛,他現在迷惑顛倒,做錯這個事情,他要是清醒的話,他不會做出這個事情出來。要能體諒他,沒有一絲毫懷恨,還有感恩,我們自己是大幅度向上提升。如果他對待我這個態度,我心裡難過不高興,我就下降了。是升是降、是善是惡,都在自己一念之間,與外面境界不相干,這個道理你要懂,這個道理很深。人家修行成就怎麼成就的?就在這一念之間他是善念,他能夠恆順眾生,他能夠放下自己的成見,聽從別人的,不跟人相爭,境界就升上去了。如果不服氣,一定要跟他爭個理,你下降了,這口氣是出了,但是自己到三途六道去,錯了!古人有句話說得好,「天下本無事,庸人自擾之」,何必跟自己找自己的麻煩?天下確實是無事。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三五一集)  2011/3/30  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0351