Sabtu, 30 November 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2011 (Bgn 4)


Praktisi pelafal Amituofo jumlahnya banyak, namun terhadap Alam Sukhavati, tidak mengenal dan tidak memahaminya. Maka itu Alam Sukhavati di hatinya adalah sedemikian kaburnya, sampai separah apa kekaburan-nya?

Ada yah boleh, tidak ada yah tidak apa-apa. Pergi juga boleh, tidak pergi juga tidak masalah, pikir punya pikir, kayaknya kehidupan di dunia fana ini rasanya masih lumayan!

Ini dikarenakan tidak mengenal Alam Sukhavati dengan jelas. Buddha Sakyamuni memperkenalkan Alam Sukhavati kepada kita, mewariskan pada kita tiga judul sutra yang khusus menjelaskan tentang Alam Sukhavati, “Sutra Usia Tanpa Batas” yang menjelaskan paling terperinci, “Amitayurdhyana Sutra” menjelaskan metode; “Amitabha Sutra” merupakan yang paling singkat dan sederhana, yang paling pokok adalah mengajarkan padamu supaya melafal Amituofo.

Membaca sutra tetapi tidak memahami makna yang terkandung di dalamnya, padahal setiap kata dan kalimatnya ternyata begitu menakjubkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2011


念佛的人很多,對極樂世界迷惑,不認識、不了解。所以極樂世界在他心裡是模模糊糊的,模糊是什麼態度?去也好,不去這也很好,想想我們這個世界不錯!沒認識清楚。世尊為我們介紹極樂世界,留下三部經專門講極樂世界的,《無量壽經》最詳細,淨宗概論;《觀無量壽經》是偏重方法,十六種不同的方式修淨土;《阿彌陀經》最簡單、最扼要的就是教你持名念佛,專門介紹極樂世界的。經會念,什麼意思不懂,字字句句都這樣微妙。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一三集)  2011/3/3  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0313




 

Ceramah kita yang bertopik “Sutra Usia Tanpa Batas”, hari ini telah memasuki episode 313, setiap episode berdurasi 2 jam, jadi totalnya sudah 626 jam, masih belum sampai separuh yang kita bahas.

Kalau kita teruskan ceramah ini, mungkin akan memakan waktu hingga 1200 jam, siapa yang dapat mengikuti ceramah ini secara penuh dari awal sampai akhir selama 1200 jam? Alangkah besarnya pahala orang begini!

Sutra ini membutuhkan waktu 1200 jam untuk mempelajarinya, menjelaskannya, dengan demikian sebagian besar orang juga tidak berani meremehkan Ajaran Sukhavati lagi.

Masih jelas dalam ingatanku ketika kunjungan kedua-ku ke Amerika, ada seorang praktisi wanita yang sedang menuntut ilmu di New York University, Amerika Serikat.

Dia merupakan warga negara Amerika yang menfokuskan diri mempelajari “Avatamsaka Sutra”, seorang mahasiswi yang cerdas.

Waktu itu sedang ada pertukaran pelajar antar National Taiwan University dengan New York University, makanya dia memiliki kesempatan berkunjung dan menetap di Taiwan selama setengah tahun, menimba ilmu di Taiwan, lalu bersua denganku, saat itu saya sedang memberi ceramah “Avatamsaka Sutra”.

Dia sempat menetap selama beberapa bulan di vihara kami waktu itu yakni Perpustakaan Huazang, lalu memotivasi diriku supaya berkunjung ke Amerika guna menyebarluaskan Ajaran Tanah Suci.

Di Amerika ada aliran Dhyana, aliran Tantra, yang berkembang dengan pesat, tetapi tidak ada Aliran Tanah Suci, makanya masyarakat di sana sangat asing pada metode Tanah Suci.

Dia mengundangku ke Amerika, waktu itu saya memberi ceramah berjudul “Penjelasan Amitabha Sutra karya Master Lian Chi” seingatku butuh waktu 300 jam lebih.

Andaikata dalam waktu sehari berceramah 1 jam lamanya, maka butuh waktu satu tahun untuk menyelesaikan ceramah satu judul sutra yakni “Amitabha Sutra”, umumnya orang tidak berani mempercayainya.

Sementara itu, satu judul sutra ini, “Sutra Usia Tanpa Batas” sudah menghabiskan waktu lebih dari 1200 jam, siapa yang percaya!

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2011

這部《無量壽經》今天三百一十三集,每一集是兩個小時,六百二十六個小時了,還沒講到一半。這部經我們這樣講下去,估計大概要一千二百個小時。什麼人有一千二百個小時來聽這部經?那是多大的福報!這部經用一千多個小時去研究它,來說明它,一般人就不敢輕視淨土了。我記得我是第二次到美國,美國有一位同修是美國人,她在紐約大學念書,專攻《華嚴》,是個女孩子,很聰明。紐約大學跟台灣大學交換學生,所以她有機會到台灣來住半年,在台灣學習,找到了我,我講《華嚴經》。她在我圖書館住了幾個月,告訴我,勸我到美國弘揚淨土宗。美國有禪宗、有密宗,很盛行,沒有淨土宗,對淨土非常陌生,她要我去。我那個時候講了一部《彌陀經疏鈔》,我記得是三百多個小時。如果一天講一個小時,講一年,一部《彌陀經》,一般人不敢相信。我們這一部《無量壽經》要講一千二百個小時,誰相信!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一三集)  2011/3/3  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0313

 


 

Menceramahkan Avatamsaka Sutra Bab “Sepuluh Tingkatan Kediaman”, telah menghabiskan waktu lebih dari 4000 jam lamanya. Praktisi yang memiliki kesabaran untuk mendengar ceramah ini, maka dia dapat mencicipi aroma Dharma, bahagia tiada bandingnya.

Sebaliknya bagi yang mendengar ceramah tetapi merasa tidak tertarik, tidak sanggup memahaminya, maka terasa monoton. Tetapi setelah memahaminya, maka segala bentuk hiburan duniawi sudah tidak diminati lagi, oleh karena telah mencicipi aroma Dharma, kebahagiaan yang terasa mana ada bandingnya!

Hal ini mengukuhkan perkataan yang diucapkan oleh orang zaman dulu sebagai “Aroma duniawi tidak sekental aroma Dharma”, Aroma Dharma sangat kental adanya.

Kesenangan di Alam Dewa (Surga) dan Alam Manusia mengandung aroma duniawi, tidak bisa dibandingkan dengan aroma Dharma. Ajaran sutra Mahayana mengandung aroma Dharma yang begitu kentalnya, terutama “Avatamsaka Sutra” dan “Sutra Usia Tanpa Batas”, selamanya takkan pernah bosan didengar ceramahnya, selamanya takkan pernah letih dipelajari.

Insan zaman dulu berkata, “Mengajar tak kenal lelah, belajar tak kenal jenuh”, hal ini menunjukkan bahwa baik guru maupun murid penuh dengan kebahagiaan Dharma, alangkah sukacitanya.

Kebahagiaan begini tidak dapat dipahami oleh orang duniawi, mereka tidak mengetahuinya, sedangkan orang yang mengerti akan merasakan kebahagiaan yang takkan habis-habisnya, bagaimana bisa merasa letih?

Ada orang yang mengulang mendengar sekeping VCD hingga beribu-ribu kali, dia tidak merasa bosan dan monoton, makin didengar makin terasa aroma Dharmanya, semakin mendengar semakin tercerahkan, sampai akhirnya mencapai pencerahan.

Pada Periode Akhir Dharma mesti menggunakan cara sedemikian rupa, tetapi cara ini hanya dapat digunakan oleh insan yang berjodoh, kalau tidak berjodoh dia tidak bisa bersabar.

Mempelajari satu bidang, baru mengulang belajar tiga kali, lima kali, dia sudah merasa cukup, saya sudah bisa, jadi tidak perlu mengulang lagi. Padahal tidak ada gunanya, dia cuma berhasil mempelajari secuil pengetahuan umum, cuma mengenal sebatas kulit luar saja, tidak menyelaminya sama sekali.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2011

Tingkatan Bodhisattva :


《華嚴經》我們講到「十住品」,講了四千多個小時。真正有耐心聽下去,他就嘗到法味了,快樂無比;聽到不感興趣,沒聽懂,那當然枯燥無味。真聽懂了,這世間什麼樣的娛樂他全放下了,這裡面的快樂,這還得了!肯定了古人所謂「世味哪有法味濃」,這法味真濃。天上人間那個樂都是世味,跟法味比是不能比的。大乘經教味多濃,尤其是《華嚴》跟《無量壽經》,永遠聽不厭,永遠學不倦。古人說的「教不倦,學不厭」,這講老師跟學生,為什麼?法喜充滿,不亦悅乎。這個裡面的樂趣世間人不懂,他們不知道,知道的人樂此無窮,怎麼會疲倦?一片光碟,有人能聽上幾千遍,他沒有感覺到枯燥無味,愈聽愈有味道,愈聽愈有悟處,聽到最後真的他開悟了。末法時期得用這種方法,但是這種方法也得要有緣人,沒有緣他沒有耐心。學一樣東西,學個三遍、五遍,行了,我已經學得很不錯了,學了三遍、學了五遍了。沒用處,他學了一點常識,學了一點皮毛,沒有契入。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三一三集)  2011/3/3  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0313